6 Misteri Misterius Yang Tak Dapat Dijelaskan Dari Luar Angkasa

Jika kamu mundur beberapa ribu tahun cahaya dari perspektif humanoid sederhana, kamu akan menemukan bahwa alam semesta mengandung beberapa misteri yang jauh lebih aneh, jauh lebih besar, dan jauh lebih menakutkan daripada yang pernah kamu takuti.
  1. Sinyal 'Wow'

Referensi pihak ketiga
Pada tahun 1977, teleskop radio Big Ear di Ohio State University sibuk mendengarkan suatu sinyal yang aneh. Big Ear dibangun pada tahun 1963 untuk tujuan mendengarkan emisi radio pita lebar dari bintang-bintang, tetapi pada tahun 1973 diubah untuk penggunaan SETI (Pencarian untuk Kecerdasan EkstraTerestrial), dan mulai mencari sinyal narrowband yang lebih spesifik yang mungkin menunjukkan kehidupan yang lebih cerdas lagi. Namun, pada tahun 1970-an, analisis sinyal radio yang masuk tidak terlalu kompleks, kebanyakan merekam frekuensi, kekuatan sinyal, dan bandwidth. Tetapi pada tahun 1977 cukup baik bagi operator untuk mengetahui bahwa ia telah mengambil sesuatu yang menarik.
Pada bulan Agustus 1977, astronom Jerry Ehman sedang melihat hasil cetak komputer dari sinyal yang diterima oleh Big Ear selama beberapa hari sebelumnya, ketika dia menemukan urutan angka dan huruf yang sejak itu menjadi terkenal. 6EQUJ5 mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi bersama dengan data lain, itu merupakan sinyal band sempit terus menerus sekitar 1420 megahertz, dari titik tetap dalam ruang di konstelasi Sagitarius, yang secara bertahap tumbuh dalam kekuatan dan kemudian memudar sebagai orientasi teleskop radio melewati sumber. Ketika Ehman melihat urutan ini di atas kertas, dia begitu terkejut sehingga dia memutarnya dan langsung menulis Wow! di margin.
Selama bertahun-tahun, Ehman dan yang lainnya telah berulang kali mencari sinyal itu lagi, dan mencoba mencari penjelasan yang lebih duniawi tentang keberadaannya. Tapi setelah mengesampingkan pesawat terbang, asteroid, memantulkan sinyal terestrial, dan Bat Phone sebagai sumber alternatif, satu-satunya penjelasan yang belum dapat disingkirkan adalah kecerdasan luar angkasa.
2. 1991 VG

Referensi pihak ketiga
Pada tahun 1991, astronom Amerika James Scotti menemukan sesuatu yang aneh di langit. Dari pengamatan pertamanya, dia membuat prediksi tentang objek yang akan muncul lagi, tetapi ketika dia mengarahkan teleskopnya ke arah itu, dia gagal menemukan objeknya. Karena itu sangat aneh, asumsi standar yang dia buat tentang kemungkinan kecepatan dan arahnya salah, dan itu hanya kebetulan bahwa dia melihat sekilas.
Dia menyadari bahwa benda aneh ini mengelilingi Matahari dalam orbit yang sangat mirip dengan Bumi. Ini cukup langka untuk objek alami, karena kedekatan Bumi dan medan gravitasinya biasanya akan mengganggu orbitnya, mengirimnya ke jalur baru. Satu-satunya penjelasan yang realistis adalah bahwa benda itu adalah sisa dari berbagai peluncuran saat perang dingin, atau perangkat keras Rusia.
3. Lubang hitam

Referensi pihak ketiga
Lubang hitam adalah berita buruk, tetapi inilah salah satu cara untuk memperburuknya yaitu dengan cara mengirim mereka terbang melintasi angkasa. Pada tahun 2012, NASA menemukan, kemungkinan besar, sebuah lubang hitam raksasa yang ditendang keluar dari galaksi. Teramati melesat pergi dengan kecepatan beberapa juta mil per jam. Astronom Francesca Civano, yang menjelaskan bahwa lubang hitam ini jutaan kali lebih besar daripada Matahari.
Civano dan timnya berteori bahwa dua galaksi dan lubang hitam di masing-masing bergabung. Gelombang gravitasi tersebut membuat lubang keluar dari galaxi. Sementara itu, teori lain melibatkan tiga lubang hitam supermasif berbenturan, dengan yang paling ringan ditendang keluar dari kelompok tersebut. Data saat ini mendukung teori gelombang gravitasi, tetapi tidak ada yang terbukti.
4. ASASSN-15lh

Referensi pihak ketiga
Supernova adalah beberapa ledakan terbesar yang mungkin pernah manusia saksikan. Kasus ASASSN-15lh, supernova superluminus pertama kali diamati pada Juni 2015, yang berasal 2,8 miliar tahun cahaya dan 2,8 miliar tahun lalu!
Apa yang membuat ASASSN-15lh istimewa adalah para ilmuwan tidak dapat menjelaskannya. Tidak seperti supernova biasa, ASASSN-15lh sepuluh kali lebih terang, dan jauh lebih kuat. Juga, ketika para astronom menganalisis cahaya yang dipancarkannya, mereka tidak dapat menemukan bukti hidrogen yang seharusnya ada. Penjelasan terbaik melibatkan sesuatu yang disebut magnetar atau semacam bintang neutron magnetik yang dengan cepat berputar dengan medan magnet yang kuat, dapat memberikan energi ekstra pada bola meluas dari gas super panas. Namun, tidak butuh waktu lama untuk ASASSN-15lh memancarkan lebih banyak energi daripada magnetar seharusnya. Beberapa bulan kemudian, supernova ini masih mengeluarkan lebih banyak energi daripada seluruh galaksi Bima Sakti yang kita tempati.
Tetapi yang aneh tidak berhenti di situ. Perilaku biasa untuk supernova terdiri dari flash terang, diikuti dengan memudar lambat. Ini bukan perilaku yang tidak diketahui untuk supernova tersebut, tetapi cahaya yang dipancarkan tidak sesuai dengan pola biasa. Para ilmuwan masih bingung untuk menjelaskan bang terbesar yang diketahui umat manusia sejak pertama, dan itu cukup menakutkan.
5. KIC 8462852

Referensi pihak ketiga
Cara populer untuk mencari planet dewasa ini adalah mengukur jumlah cahaya yang diberikan bintang. Ketika sebuah planet lewat di depan bintang induknya. Dengan mengukur frekuensi kemerosotan ini, ditambah ukurannya, mungkin dapat menentukan banyak tentang sifat planet ini, seperti jika itu berpotensi dihuni dan dengan demikian menjadi rumah bagi kehidupan asing. Kadang-kadang, teleskop yang melakukan pengamatan melihat hal-hal yang lebih sulit dijelaskan.
KIC 8462852 adalah bintang di konstelasi Cygnus sekitar 1400 tahun cahaya dari Bumi. Tidak seperti bintang dengan planet di orbit, bintang ini menunjukkan kecerahan dips hingga 20 persen, dan mereka tidak teratur. Salah satu penjelasan adalah awan fragmen komet yang menemukan jalan ke orbit di sekitar bintang.
Pada tahun 1960, fisikawan Freeman Dyson mengajukan sebuah teori bahwa peradaban alien yang cerdas mungkin tumbuh ke titik di mana diperlukan lebih banyak energi daripada yang bisa dihasilkan di satu planet. Dia berteori bahwa peradaban maju seperti itu mungkin dapat membangun struktur pengorbitan besar yang disebut Sphere Dyson, yang akan mampu menangkap proporsi signifikan energi matahari dari bintang sistem dan membuatnya tersedia untuk penduduk. Megastructure seperti itu akan menangkap sebagian besar cahaya bintang yang terlihat, tetapi masih akan memancarkan radiasi inframerah dan karenanya akan dapat diidentifikasi.
Sebuah variasi dari teori ini, yang dikenal sebagai Dyson Swarm, telah diusulkan sebagai penjelasan untuk yang terjadi di sekitar KIC 8462852. Dalam skenario ini, peradaban sedang membangun segerombolan satelit yang mengorbit untuk mencapai tujuan yang sama.
Peradaban apa pun yang mampu membangun bahkan Dyson Swarm akan begitu jauh di depan kita secara teknologi, kita bahkan tidak dapat membayangkan apa yang mampu mereka lakukan. Dan sementara NASA tidak menemukan bukti emisi radio yang berasal dari bagian langit itu, jika mereka mampu membangun Dyson Swarms, mereka mungkin menemukan cara yang lebih cepat untuk berkomunikasi jarak jauh daripada radiasi elektromagnetik belum lagi cara cepat untuk membasmi tetangga galaksi inferior.
6. The Great Attractor

Referensi pihak ketiga
Pada kecepatan 2,2 juta kilometer per jam, Bima Sakti, galaksi pendampingnya, dan berbagai galactic, semua bergerak menuju area ruang yang kita tidak tahu. Kecepatan di mana kita bergerak menyiratkan area ruang yang menciptakan gaya gravitasi besar, kira-kira setara dengan 10.000 galaksi. Dan karena mengisap segala sesuatu dalam jarak yang cukup jauh, wilayah misterius ini telah dijuluki The Great Attractor.
The Great Attractor berada di wilayah yang disebut oleh para astronom sebagai Zone of Avoidance. Disebut demikian karena ia berada tepat di sisi lain dari bagian terpadat Bima Sakti, sehingga mengamatinya melalui semua bintang dan awan debu angkasa besar hampir tidak mungkin. Namun demikian, para astronom telah mengubah beberapa instrumen mereka ke arah penarik, dan memutuskan bahwa sementara ada sekelompok galaksi yang sebelumnya belum ditemukan di wilayah itu, masih belum cukup untuk menjelaskan kekuatan yang diberikan.

Referensi dari Grunge.com/24626/terrifying-unexplained-mysteries-deep-space/?utm_campaign=clip

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan