Pernah Dengarkah Kamu Seorang Raja Memimpin Hanya 20 Menit? Simak Fakta Perancis Di Sini

Perancis memang terkadang membuat sejarah yang kadang membuat orang berdecak kagum bahkan aneh dibuatnya. Salah satunya adalah raja Perancis yang sempat memimpin negara ini. Pemimpin yang memegang rekor masa kepemimpinan tercepat di dunia adalah negara Perancis. Percaya? Simak fakta sejarah ini pada nomor tiga!
1. Semboyan nasional Perancis

Referensi pihak ketiga
Liberté, égalitié, fraternité yang berarti 'kebebasan, kesetaraan dan persaudaraan' adalah semboyan nasional Perancis. Semboyan ini pertama kali muncul sekitar masa Revolusi (1789–1799), dan ditulis ke dalam konstitusi 1946 dan 1958. Sekarang kamu dapat melihatnya di koin, prangko, dan logo pemerintah.
2. Sistem hukum Napoleon Bonaparte

Referensi pihak ketiga
Sistem hukum di Prancis sebagian besar masih didasarkan pada prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam Kode Sipil Napoleon Bonaparte setelah revolusi, pada tahun 1800-an.
3. Raja Louis XIX

Referensi pihak ketiga
Louis XIX adalah Raja Perancis yang hanya memimpin selama 20 menit, pemerintahan terpendek yang pernah ada. Ia naik ke tahta Prancis pada bulan Juli 1830 setelah ayahnya Charles X turun tahta, dan menyerahkan dirinya 20 menit kemudian untuk mendukung keponakannya, Adipati Bordeaux. Dia berbagi catatan ini dengan Putra Mahkota Luís Filipe, yang secara teknis menjadi Raja Portugal setelah ayahnya dibunuh.
4. Negara terbesar

Referensi pihak ketiga
Perancis adalah negara terbesar di Uni Eropa, dengan luas 551.000 km persegi hampir seperlima dari total luas Uni Eropa, dan karena bentuknya yang enam sisi Perancis kadang-kadang disebut sebagai l'hexagone. Sekitar seperempatnya ditutupi oleh hutan.
5. Kamuflase Angkatan Darat Perancis

Referensi pihak ketiga
Angkatan Darat Perancis adalah yang pertama kali menggunakan kamuflase pada tahun 1915 (Perang Dunia I). Kata kamuflase berasal dari kata kerja Perancis 'untuk menebus panggung'. Senjata dan kendaraan dilukis oleh seniman yang disebut camofleurs.
6. Pernikahan teraneh

Referensi pihak ketiga
Di Prancis Anda dapat menikahi orang yang sudah meninggal - di bawah hukum Perancis, dalam kasus luar biasa Anda dapat menikah secara anumerta, selama Anda juga dapat membuktikan bahwa almarhum memiliki niat untuk menikah ketika masih hidup dan Anda menerima izin dari presiden Prancis. Kasus terbaru yang disetujui adalah pada 2017, ketika mitra seorang polisi gay ditembak mati di Paris Champs-Elysees oleh seorang jihadis diberikan izin untuk menikahi pasangannya secara anumerta.
7. Larangan dalam makanan

Referensi pihak ketiga
Perancis adalah negara pertama di dunia yang melarang supermarket membuang atau menghancurkan makanan yang tidak terjual - sejak Februari 2016, toko-toko harus menyumbangkan limbah ke bank makanan atau badan amal.

Referensi dari Expatica.com/fr/about/30-interesting-facts-about-France_109142.html

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan