Menakjubkan! 5 Jembatan Tertua Di Dunia Yang Masih Bisa Berfungsi Hingga Sekarang

Jembatan telah ada sejak zaman dahulu. Fungsi dari jembatan pun masih tetap sama, sebagai salah satu media penghubung dan penyebrangan antar wilayah. Karena memang jembatan telah lama diketahui, maka tak sedikit juga jembatan-jembatan tua yang masih bisa kita temui. Bahkan ada beberapa jembatan tertua yang masih bisa digunakan secara normal. Keren kan?! Buktikan sendiri ceritanya di sini!
  1. Jembatan Arkadiko

Referensi pihak ketiga
Jembatan Arkadiko di Yunani pada dasarnya adalah tumpukan puing-puing yang disusun dengan hati-hati di sebuah selokan. Jembatan ini merupakan salah satu dari empat jembatan batu keramat Mycenaean yang dibangun untuk memudahkan kereta berjalan tanpa hambatan melintasi pedesaan Yunani. Arkadiko secara teknis adalah jembatan pelengkung batu (jembatan tertua yang masih hidup).
2. Jembatan Dezful

Referensi pihak ketiga
Jembatan kuno ini dibuat pada tahun 260 A.D. Jadi ada beberapa orang menyebutnya sebagai jembatan tertua yang masih digunakan di dunia. Setidaknya satu abad lebih muda dari Jembatan Caravan. Menurut Ancient Origins, Jembatan Dezful berada di Iran modern dan dibangun oleh tawanan perang Romawi setelah Romawi dikalahkan oleh Raja Shapur dari Sassanid Pertama. Raja Shapur mendengar bahwa orang-orang Romawi pandai membangun jembatan, jadi dia menempatkan 70.000 tawanannya untuk bekerja.
Tidak seperti jembatan Romawi yang masih berdiri, Dezful dibangun dari batu bata, bukan dari batu. Sebagian besar struktur telah berulang kali diperbaiki selama berabad-abad, dan karena masalah struktural, mobil dilarang melintas di atasnya. Pejalan kaki masih diizinkan untuk menyeberangi Dezful.
3. Jembatan Tarr Steps

Referensi pihak ketiga
Menurut Atlas Obscura, Tarr Steps mungkin lebih awal satu atau dua abad daripada Jembatan Caravan. The Tarr Steps, yang melintasi Sungai Barle di Taman Nasional Exmoor, adalah jembatan yang terbuat dari 17 lempengan batu datar yang diatur dengan hati-hati dari ujung ke ujung dan didukung oleh tumpukan batu yang lebih kecil. Setiap lempengan datar beratnya mencapai 2 ton. Ada legenda lokal yang menceritakan bahwa iblis yang membangun jembatan tersebut sebagai tempat untuk berjemur.
4. Jembatan Pons Fabricius

Referensi pihak ketiga
Pons Fabricius mungkin jembatan tertua yang berfungsi di Roma, tetapi menurut Guiness Book of World Records, jembatan tertua di dunia melintasi sungai Meles di Izmir, Turki. Dibangun pada 850 SM, jembatan ini mendahului orang-orang Romawi dan hanya disebut Kafilah, atau Sarnic dalam bahasa Turki. Konstruksinya adalah slab-stone single-arch, dan panjangnya sekitar 42 kaki.
Sekarang, jembatan tua ini tidak hanya masih berdiri dan masih digunakan tetapi juga mobil masih bisa melintasi di atasnya.
5. Jembatan tertua di Roma

Referensi pihak ketiga
Bangsa Romawi membangun banyak jembatan. Ada 931 jembatan Romawi yang masih ada di 26 negara, yang berarti ada banyak jembatan Romawi beberapa ribu tahun yang lalu.
Bagaimanapun jembatan tertua yang masih digunakan di Roma adalah Pons Fabricius, yang dibangun pada 62 SM. Jembatan itu panjangnya lebih dari 200 kaki, dan menghubungkan sebuah pulau di Sungai Tiber.

Referensi dari Grunge.com/128851/ancient-bridges-still-in-use-today/

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan