Tak Disangka! Monumen Nasional Skotlandia Ini Malah Membuat Aib

Sebuah monumen nasional harusnya bisa menjadi suatu kebanggaan terhadap daerah tersebut. Tapi, monumen yang satu ini malah membuat aib negara ini. Ada cerita apa di balik monumen nasional ini?

Referensi pihak ketiga
Monumen nasional yang berada di Puncak Carlton Hill di Edinburgh, Skotlandia, merupakan sebuah bangunan monumen yang gagal diselesaikan. Monumen nasional ini pertama kali diusulkan pada tahun 1816 oleh Highland Society of Scotland. Setelah itu, pada tahun 1822 batu pondasi pertama diletakan pada Puncak Carlton Hill dengan perayaan yang begitu megah dan upacara yang waw.

Referensi pihak ketiga
Monumen ini didesain oleh dua orang arsitek, yaitu Charles Cockerall dan William Henry Playfair. Awalnya, pembuatan monumen ini bertujauan sebagai peringatan nasional bagi tentara Skotlandia dan pelaut yang tewas dalam perang Napoleon. Namun, tujuan baik ini kandas karena keterbatasan dana.

Referensi pihak ketiga
Sebenarnya, perkiraan dana proyek tersebut sebesar 42.000 poundsterling, namun hanya terkumpul 16.000 poundsterling, dan dengan kemungkinan pemberian 10.000 poundsterling dari parlemen. Walaupun dana awal yang belum mencapai setengahnya, proyek ini tetap berjalan. Pekerejaan struktur pun dimulai pada tahun 1826. Setelah pembangunan selama 3 tahun yang menghasilkan 12 pilar besar, proyek ini benar-benar terhenti. Dana pembangunan untuk monumen ini benar-benar kering.

Referensi pihak ketiga
Sebenarnya, bisa dikatakan pembangunan monumen ini direncanakan dengan gegabah sehingga benar-benar gagal diselesaikan. Banyak pertimbangan dari Skotlandia, salah satunya faktor prioritas pereknomian saat itu, memutuskan bahwa pembangunan monumen ini tidak begitu penting. Bukannya menjadi kebanggaan negara, malah monumen ini seakan sebagai proyek keteledoran dari negara tersebut.


Referensi pihak ketiga
Jika proyek selesai, monumen ini akan menyerupai Parthenon ikonik di Athena. Namun, garis tangan negara ini berkata lain, pembangunan tidak dapat selesaikan dan dibiarkan saja selama dua ratus tahun.

Referensi pihak ketiga
Walaupun demikian, sebenarnya bangunan monumen yang tak terselesaikan in masih enak dan keren jika dipandang. Coba deh perhatikan, masih banyak juga orang yang berkunjung ke monumen tersebut. Bahkan, sekarang terdapat dua cerita sejarah dari monumen tersebut. Pertama, sejarah peringatan nasional bagi tentara Skotlandia dan pelaut yang tewas dalam perang Napoleon. Kedua, sejarah gagalnya pembuatan monumen itu sendiri.

Referensi dari Ikons.id/monumen-nasional-skotlandia-yang-belum-rampung/

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan