Tahukah Kamu Seni Bela Diri Muay Thai Awal Hanyalah Sebuah Hiburan?

Sudah kenalkah kamu dengan seni bela diri muay thai? Mungkin tidak asing lagi jika mendengar istilah ini. Jelasnya, salah satu hal yang terbesit jika mendengar kata muay thai adalah salah satu cabang seni bela diri. Tapi, bagaimana dengan sejarahnya? Yok, kenalan dulu dengan seni bela diri satu ini.

Referensi pihak ketiga
Muay thai muncul dan berkembang pertama kali di Kerajaan Thai, yang diadopsi dari beladiri “muay boran” yang berarti tinju kuno. Muay Boran merupakan metode pertempuran menggunakan tangan kosong yang digunakan oleh tentara bangsa Siam (kini Thailand) akibat kehilangan senjata pada saat pertempuran.

Referensi pihak ketiga
Seiring berjalan waktu, muay thai menjadi bagian dari perayaan festival lokal yang diselenggarakan oleh negeri Thailand. Khususnya festival yang lokasi penyelenggaraan di kuil persembahyangan. Selain itu muay thai juga dijadikan sebagai suatu hiburan bagi raja-raja di negeri Thailand. Pada acara pertunjukan hiburan yang diperuntukkan bagi para raja ini, para petarung muay thai menggunakan tali rami yang panjangnya sekitar tangan dan lengan. Pertunjukan hiburan bagi keluarga kerajaan ini dikenal dengan sebutan “muay kaad cheuk”.

Referensi pihak ketiga
Semakin lama, anggota kerajaan tertarik dengan seni bela diri muay thai. Kemudian para staff kerajaan memanggil para praktisi muay thai datang ke kerajaan dan mengajar seni bela diri muay thai kepada keluarga dan staff kerajaan, seperti: staf rumah tangga kerajaan, prajurit, pengawal pribadi raja bahkan pangeran kerajaan.

Referensi pihak ketiga
Kemudian, Kerajaan Ayutthaya yang merupakan kerajaan Thai pada masa pemerintahannya membentuk satu peleton pengawal kerajaan yang menggunakan muay thai sebagai teknik dasar dalam melindungi raja dan negara. Satuan pengawal kerajaan ini kemudian diberi nama “Grom Nak Muay” yang berarti resimen petarung muay. Tradisi penggunaan bela diri muay thai ini terus berlanjut hingga masa pemerintahan Raja Rama V (1868 – 1910) dan Raja Rama VII (1925 – 1935)
Seiring berkembangnya zaman, untuk lebih mengembangkan dan mengenalkan jenis olahraga baru ini ke masyarakat lebih luas, pemerintah negara Thailand pada masa itu membangun sebuah stadion utama untuk muay thai di ibukota negara Thailand yakni kota Bangkok.
Stadion inilah yang menjadi saksi berkembang dan dikenalnya ilmu bela diri sekaligus olahraga muay thai oleh masyarakat luas. Karena sejak stadion ini didirikan dan dijadikan sebagai tempat untuk dilangsungkannya pertandingan muay thai, banyak masyarakat yang datang berbondong-bondong untuk menyaksikan secara langsung.

Referensi pihak ketiga

Masyarakat umum yang menyaksikan pertandingan muay thai secara langsung di stadion tersebut tidak hanya warga lokal tetapi juga para wisatawan asing yang saat itu sedang berlibur di Thailand. Hingga akhirnya, kini muay thai telah menjadi kekayaan budaya negeri gajah putih Thailand yang sangat berharga.

Sumber dari Gurupenjaskes.com/sejarah-muay-thai
Sumber gambar dari Wmcmuaythai.org

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting