Luar Biasa! Bangunan Tua Ini Berubah Fungsi Dari Gereja, Masjid, Hingga Museum

Ketika kamu melihat kubah masjid yang begitu megah, pernahkah kamu terbesit pertanyaan tentang inspirasi pertama terciptanya bentuk kubah masjid? Jawabannya akan kamu temukan di sini.
Salah satu masjid yang gaya arsitekturnya banyak ditiru oleh para arsitek muslim dalam membangun masjid di berbagai wilayah kekuasaan Islam adalah Masjid Aya Sofia di Istanbul, Turki. Bangunan Tua Ini Menjadi Inspirasi dalam Perkembangan Arsitektur Islam.

Referensi pihak ketiga
Awalnya Masjid Aya Sofia ini merupakan sebuah gereja yang bernama Hagia Sofia. Bangunan ini dibangun pada masa Kaisar Justinianus (penguasa Bizantium), tahun 558 M. Arsitek gereja Hagia Sofia ini adalah Anthemios dari Tralles dan Isidorus dari Miletus.
Kedua Arsitek tersebut membangun Gereja Hagia Sofia dengan konsep baru. Hal ini dilakukan setelah orang-orang Bizantium mengenal bentuk kubah dalam arsitektur Islam, terutama dari kawasan Suriah dan Persia. Keuntungan praktis bentuk kubah yang dikembangkan dalam arsitektur Islam ini, terbuat dari batu bata yang lebih ringan daripada langit-langit kubah orang Nasrani di Roma yang terbuat dari beton tebal dan berat, serta mahal biayanya.

Referensi pihak ketiga
Setelah berubah fungsi dari gereja menjadi masjid, kini bangunan ini menjadi Museum, dengan nama Museum Aya Sofia. Bangunan yang sudah sangat tua ini, berumur sekitar lima abad. Tampak dari luar, pengunjung akan disuguhi ukuran kubah yang begitu besar dan tinggi. Ketika memasuki area bangunan, pengunjung akan dibuai oleh keindahan interior yang dihiasi mozaik dan fresko.

Referensi pihak ketiga
Tiang-tiangnya terbuat dari pualam warna-warni. Sementara dindingnya dihiasi beraneka ragam ukiran. Selain keindahan interior, daya tarik bangunan ini juga didapat dari nilai sejarahnya. Di sinilah simbol pertarungan antara Islam dan non-Islam, termasuk di dalamnya nilai-nilai sekuler pasca runtuhnya kekhalifahan Turki Usmani.

Referensi pihak ketiga
Mendengar keindahan bangunan yang menakjubkan ini, ingin rasanya langsung melihat dan menikmatinya. Jadi, jika kamu sedang berada di Turki, maka wajib hukumnya untuk berkunjung ke Museum Aya Sofia di Istanbul ini.

Sumber dari Buku The Amazing I slamic Legacy, Menapaki Jejak Kejayaan Islam.
Sumber foto dari Ayasofyamuzesi.gov.tr/en.

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan