Kisah Pilu Dan Eldon, Seorang Jurnalis Dunia Terkenal Yang Meninggal Saat Konflik Somalia

Kenalkah kamu dengan Dan Eldon? Seorang jurnalis yang terkenal karena karyanya yang keren dan perjuangannya selama berkiprah dalam dunia jurnalis. Dan Eldon yang sering dipanggil dengan sebutan Dan, semakin dikenal semenjak kematiannya yang tragis saat meliput berita di Somalia. Ada apa cerita di balik kematiannya yang tragis tersebut? Begini ceritanya!

Referensi pihak ketiga
Dan Eldon lahir di London pada 18 September 1970. Pada musim panas, tahun 1992, disaat krisis kelaparan di Somalia, Dan terbang dari Kenya ke kota Baidoa, Somalia Selatan. Pada saat itu, Dan mengambil beberapa gambar, yang dapat menyentuh hati jutaan orang.

Referensi pihak ketiga
Bersamaan dengan hal itu, kantor berita internasional, Reuters, melihat karyanya. Hingga akhirnya, Dan bekerja untuk perusahaan tersebut dan mulai mengambil banyak gambar pada situasi Somalia yang semakin memburuk tersebut.

Referensi pihak ketiga
Sepanjang musim semi tahun 1993, Dan tinggal di daerah Mogadishu, Somalia. Saat itu, situasi Somalia semakin memburuk, dan kematian pasukan pemelihara perdamaian Pakistan mengubah konflik ini menjadi insiden internasional. Selama konflik tersebut, foto-foto Dan ditampilkan dalam surat kabar dan majalah di seluruh dunia.

Referensi pihak ketiga
Walaupun konflik yang terus membabi buta, tapi Dan selalu merasa dilindungi di Mogadishu. Dan dapat berbicara bahasa Afrika Swahili dan Somali, oleh karena itu Dan dengan mudahnya membaur pada masyarakat sekitar.

Referensi pihak ketiga

Referensi pihak ketiga
Meskipun kekerasan dan konflik Somalia semakin parah, Dan tetap meliput peristiwa yang berlangsung. Naas-nya, pada tanggal 12 Juli, saat Dan sedang meliput bencana kelaparan di Somalia tersebut, Marinir AS membuat kesalahan fatal karena membom daerah Mogadishu.

Referensi pihak ketiga
Banyak nyawa tak berdosa hilang. Dalam kerusuhan berikutnya, Dan dan tiga jurnalis lainnya terbunuh, lantaran konflik tambahan yang dibuat oleh Marinir AS tersebut. Para jurnalis yang meninggal hari itu adalah Hos Maina, Anthony Macharia, Hansi Krauss, dan Dan Eldon.

Referensi pihak ketiga
Semenjak kejadian itulah Dan Eldon dikenal dengan karyanya yang luar biasa dan keberaniannya selama meliput konflik tersebut yang berujung dengan kematian. Kisah Dan Eldon yang menginspirasi ini pun sempat difilmkan.

Referensi dari Daneldon.org

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting