Apa Hubungan Lukisan Vitruvian Man Leonardo da Vinci dengan Penyakit Kelamin?

Siapa yang tak kenal dengan Leonardo da Vinci? Karya-karyanya yang keren dan mendunia ini, membuat takjub banyak orang. Apalagi karya-karya lukisan yang ia hasilkan. Tak sedikit juga karya ini mengandung makna yang mendalam.

Referensi pihak ketiga
Leonardo da Vinci merupakan seorang arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis pada masa Renaissance Italia. Salah satu karyanya yang luar biasa adalah lukisan Vitruvian Man. Lukisan ini ternyata mengandung makna pada ilmu kesehatan. Apa itu?

Referensi pihak ketiga
Lukisan ini dibuat pada tahun 1487-1490. Lukisan ini terilhami oleh Marcus Vitruvius Pollio, arsitek Romawi Kuno yang berhasil mendeskripsikan tubuh manusia yang sempurna dari segi geometris. Da Vinci memercayai kalau manusia itu mewakili mikrokosmos alam semesta dan menurutnya Vitruvius Man menggambarkan hal itu. 
Namun, beberapa ahli membantah bahwa model Vitruvian Man bukanlah manusia yang sempurna. Karena adanya tonjolan pada atas pangkal paha kiri. Hal tersebut merupakan gejala yang mengarah pada penyakit hernia inguinalis.

Referensi pihak ketiga
Fakta menariknya adalah pengetahuan tentang penyakit ini sudah ada di masa Renaissance (periode abad ke-14 sampai abad ke-17). Waw! Sudah lumayan lama juga ya! Mungkin maksud dari Leonardo da Vinci adalah untuk memberitahukan bahwa pada zaman tersebut telah mengetahui perihal penyakit hernia inguinalis.
Hernia inguinalis merupakan suatu penyakit yang terjadi ketika sebagian dari usus keluar dari rongga perut melalui dinding bawah perut ke arah sekitar alat kelamin. Hal ini akan membuat munculnya benjolan pada kantung buah zakar (skrotum) yang dapat terasa sakit atau panas. Benjolan ini akan muncul ketika penderita sedang mengangkat sesuatu dan akan menghilang saat posisi berbaring.

Referensi dari Leonardodavinci.net dan Yukepo.com

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan