Wajib Tahu! 7 Pertolongan Pertama Ketika Handphone Masuk Cairan

Handphone atau HP pada zaman sekarang ini bisa menjadi suatu kebutuhan wajib yang dipunyai semua orang. Fungsinya yang berawal sebagai alat komunikasi sekarang sudah bertransformasi menjadi lebih dari itu. Dengan berbekal HP kita bisa melakukan banyak hal. Sekarang kita juga sering menyebut benda tersebut smartphone.
HP yang kamu punyai biasanya memiliki data-data yang penting untuk menunjang keseharianmu ataupun kerjamu. Salah satu kendala yang kadang terjadi adalah HP masuk cairan. Waduh! Bagaimana jika hal ini terjadi? Ini merupakan pengetahuan dasar yang wajib kamu ketahui jika kamu mempunyai HP. Berikut tujuh pertolongan pertama ketika HP masuk cairan:
1. Segera angkat atau keluarkan dari cairan tersebut

Referensi pihak ketiga
Baik sengaja ataupun tidak, ketika HP terkena/masuk cairan segera angkat/keluarkan dari cairan tersebut. Apalagi saat kondisi HP menyala dan masih terhubung dengan baterai.
2. Matikan ponsel

Pemilik hak cipta: JYandika
Segera matikan ponsel agar mesin berhenti bekerja. Karena jika tidak, akan menyebabkan hal yang parah seperti korosi atau jamuran. Jika sudah terjadi demikian maka kemungkinan kecil HP masih bisa diselamatkan.
3. Lepas batterai

Pemilik hak cipta: JYandika
Hal ini untuk jenis HP yang baterainya bisa dilepaskan/removable. Agar arus pada baterai benar-benar terhenti, cara paling mudah adalah melepaskan batterai.
4. Keluarkan SIM Card dan Memory Card

Pemilik hak cipta: JYandika
Ketika masih ada SIM card ataupun memory card bisanya mesin akan tetap bekerja. Apalagi untuk jenis HP yang beterai tanam atau nonremovable.
5. Keringkan bagian yang terkena cairan menggunakan lap/kain/tisu

Pemilik hak cipta: JYandika
Segera keringkan bagian-bagian yang bisa dijangkau. Keringkan lubang-lubang pada HP yang masih bisa dijangkau. Gunakanlah bahan yang bisa menyerap air dengan baik agar cairan bisa terserap dengan baik.
6. Keringkan menggunakan kipas angin

Pemilik hak cipta: JYandika
Salah satu cara untuk mengeringkan cairan yang masuk ke dalam HP adalah dengan menggunakan kipas angin. Kamu juga bisa menggunakan hair dryer dengan suhu dingin, jangan yang panas.
7. Bawa ke service center / counter

Referensi pihak ketiga
Agar lebih meyakinkan, jika kamu tak terbiasa bongkar pasang elektronik, alangkah lebih baiknya segera bawa ke service center terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. Jangan coba dulu menghidupkan atau charge HP jika kamu belum terlalu yakin HP-mu benar-benar kering.

Sumber foto dari Freepik.com

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan