Inovasi Itu Wajib Hukumnya! Review Buku Inno-Fiction (Alfred Boediman dan Gloria Morgan)



“Kamu dapat memiliki budaya inovatif, sekalipun kamu bukan seorang ilmuwan atau insinyur – Politisi, ekonom, aktor, jurnalis – yang memahami hal-hal ilmiah. Mereka menganut konsep budaya inovatif. Mereka tidak melawan sains, maupun teknologi, dan mereka adalah bagian dari perjalanan hidup. Jadi, nikmati hidupmu dengan kreativitas! Ino-Fiksi.”


Kutipan kalimat terakhir dari buku yang berjudul ‘Inno-Fiction: Berani Gagal dalam Berkreasi’ ini lumayan membakar semangat ketika aku baru saja menghatamkan buku ini dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Buku karangan Alfred Boediman dan Gloria Morgan, yang diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo pada tahun 2018 ini mempunyai 296 halaman + cover. Buku ber-genre ­bisnis dan ekonomi ini, bisa dikatakan lumayan tebal untuk dihabiskan. Cover buku ini luamyan simpel dengan warna jingga dan tulisan judul ditengah serta ditambah gambar lampu berwarna putih. Isi buku pun dominan berlatarbelakang warna jingga pada halaman-halaman kutipan ulang yang perlu penegasan. Walaupun dari fisiknya yang lumayan simpel dan sederhana tapi isi dari buku ini sangat berisi.

Awalnya ketika melihat buku ini aku tak begitu tertarik tetapi ketika membaca tulisan bagian bawah pada sampul buku ‘SAMBUTAN DARI PRESIDEN REPUBLIK INDONESI’ alias Bapak Joko Widodo, aku semakin penasaran dengan isi bukunya. Pada dasarnya aku sangat jarang membaca buku bisnis dan ekonomi tapi karena hal di atas dan topik yang diangkat lumayan menggugah, hati ini jadi kepincut ingin memilikinya. Alhasil, aku milikilah buku dengan harga Rp. 99.800,- ini seutuhnya.

Seperti yang sempat aku utarakan sebelumnya bahwa aku menghatamkan buku ini lumayan lama sekitar dua bulan lebih. Ya ini merupakan hal yang tidak biasa. Banyak faktor yang mempengaruhi lamanya proses aku menghabiskan buku ini. Mulai dari faktor internal hingga isi dari buku ini sendiri.

Pada bab awal, isinya lumayan membuat kita penasaran, semakin ke tengah hingga ¾ -nya isi buku ini lumayan membosankan dan ada beberapa bagian yang menurutku lumayan berat. Sehingga terkadang harus mengulang beberapa kali untuk mengetahui maksud dari pernyataan tersebut. Bahkan tak jarang, ada beberapa paragaraf yang aku lewatkan begitu saja. ¼ terakhir dari buku ini kembali memberikan nyawa kepada pembaca, penutup yang lumayan epik.

Buku ini berisi tentang inovasi teknologi; menjelaskan apa itu inovasi teknologi, cara-cara melakukannya, latar belakangnya, dan beberapa hal yang berhubungan dengan hal itu. Aku merasa tergugah setelah membaca habis buku ini. Terbesitkan beberapa ide untuk membuat suatu bisnis yang entah itu termasuk kategori inovasi atau bukan. Tapi, yang jelas dengan membaca buku ini akan memberikan kita semangat untuk melakukan inovasi teknologi secara kreativ. Buku ini sangat cocok bagi kamu yang menggeluti dunia bisnis/ekonomi, bagi para mahasiswa, ataupun bagi kamu yang hanya ingin mencari sebatas inspirasi atau pencerahan.

Berikut beberapa kalimat dalam buku ini yang menurutku lumayan menarik:











Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting