Hati-hati! Mengunyah Terlalu Cepat Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatanmu

Makan adalah salah satu aktivitas untuk menambah energi kita dan juga untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Normalnya, makan besar dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari.
Selain jenis makanan yang dikonsumsi, kamu juga perlu memperhatikan cara makanmu. Cara yang baik saat makan adalah dengan tidak makan terlalu cepat. Makan terlalu cepat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari resiko tersedak hingga muntah.
Beberapa macam masalah metabolism, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan faktor resiko stroke, bisa berhubungan karena makan terlalu cepat. Dapat disimpulkan juga bahwa cara makanmu sangat berkaitan dengan segala macam kondisi kesehatan yang serius di kemudian hari.
Berikut enam tanda yang bisa terlihat ketika kamu makan terlalu cepat:
1. Sakit perut

Referensi pihak ketiga
Ketika kamu merasakan sakit perut setiap sehabis makan, mungkin kamu perlu cek kembali kecepatan makanmu. Cara yang benar adalah mengunyah makanan dengan baik dan makan secara perlahan. Itu merupakan hal yang tepat untuk memastikan bahwa sistem pencernaanmu berfungsi dengan baik.
2. Kembung

Referensi pihak ketiga
Jika kamu merasakan kembung setelah makan, mungkin salah satu penyebabnya adalah kamu makan dengan terlalu cepat. Ketika kamu makan terlalu cepat maka dapat berarti kamu menelan lebih banyak udara di setiap gigitan.
3. Sering bersendawa
Sering bersendawa bisa disebabkan karena menelan udara berlebih, seperti contoh makan terlalu cepat, mengunyah permen karet, atau minum-minuman berkarbonasi.
4. Merasa sangat kenyang

Referensi pihak ketiga
Makan terlalu cepat juga bisa menyebabkan kamu merasa sangat kenyang. Biasanya hal tersebut juga akan membuatmu merasa tidak nyaman. Coba periksa kembali lagi kecepatan makanmu.
5. Mengalami masalah pada asam lambung

Referensi pihak ketiga
Makan dengan cepat juga bisa meningkatkan risiko masalah pada asam lambungmu.
6. Mual

Referensi pihak ketiga
Makan terlalu cepat juga bisa menyebabkan kamu merasa mual setelah makan. Jika hal ini terjadi padamu, coba kembali periksa kecepatan makanmu.

Referensi dari situs Medcom.id/rona/kesehatan/zNAw8p2k-dampak-buruk-jika-anda-mengunyah-makanan-terlalu-cepat
Sumber foto dari Freepik.com

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan