Apakah Benar Hasil Keputusan Denuklirisasi Antara Trump-Kim (AS-Korut)?


Pertemuan antar dua kepala negara ini lumayan hangat diperbincangkan untuk beberapa hari ini. Pertemuan antara Presiden Amerika Serika (AS) Donald Trump  dan Pimpinan Korea Utara (Korut) Kim Jong Un pada hari Selasa (12/6/2018) menghasilkan beberapa kesepakatan. Pertemuan ini berlangsung di Pulau Sentosa, Singapura.

Saya pikir pertemuan antar dua negara ini bukanlah suatu pertemuan biasa, dan mungkin ada beberapa hal yang memang patut mereka diskusikan secara langsung dan khusus untuk mendapatkan suatu kesepakatan, terlepas dari hasil yang mereka umumkan. Salah satunya yang patut digaris bawahi dari hasil pertemuan tersebut adalah denuklirisasi (penghapusan penggunaan senjata nuklir) Semenanjung Korea.


Saya pikir ini merupakan suatu keputusan besar yang masih mengandung banyak tanya. Seperti yang kita ketahui konflik antar AS-Korut memang sudah berlangsung beberapa tahun belakang. Isu-isu perang nuklir pun akan terjadi antar dua negara ini.


Pikiran postif yang dapat kita ambil, mungkin dari kedua belah negara memang menginginkan perdamaian dari konflik yang terjadi ini. Pikiran negatifnya, pasti ada udang di balik batu terhadap hasil dari keputusan kedua negara ini. Karena dilihat perkembangan konflik antar dua negara ini semakin memanas. Siapa tahu dua negara ini telah merencanakan sesuatu hal besar yang memang tidak terpublikasi. Ya, kita lihat saja nanti bagaimana realitanya.

Ngomong-ngomong soal denuklirisasi, jadi teringat dengan film G.I. Retaliation (2013). Ya, film yang berisi tentang genjatan senjata nuklir ini, pada akhir film menceritakan beberapa negara yang menggunakan senjata nuklir sedang berkumpul dan mencoba membebaskan semua senjata nuklir yang mereka punya. Akhir film yang membuat kita sedikit berdecak WOW ini, akan membuat kita berimajinasi, bagaimana jika sedetik pun misi itu terlewatkan, maka habislah sudah. Kebayang dong jika hal itu menjadi kenyataan. WOW banget!


Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan