Waspadai Penyebab Kanker Hati! Nomor 9 Hingga 14 Sering Ditemui Pada Kehidupan Sehari-hari

Ada banyak penyebab yang bisa membuat kita lebih mudah terjangkit kanker hati, mulai dari gaya hidup, infeksi/virus dari luar, hingga penyakit turunan. Untuk mengatasi tersebut kita perlu tahu apa saja yang menjadi penyebab terjangkitnya kanker hati agar bisa ditangani lebih cepat dan lebih awal. Nah, berikut 14 penyebab terjangkitnya penyakit kanker hati. Kamu haru lebih waspadai pada nomor 9-14 karena sering ditemui pada kehidupan sehari-hari.
1. Hepatitis kronis
Hal paling umum yang menyebabkan kanker hati adalah memiliki infeksi virus jangka panjang dari virus hepatitis B (HBV) dan virus hepatitis C (HCV). Virus hepatitis ini merupakan virus paling umum di dunia yang menjadi penyebab terjangkitnya resiko kanker hati.
2. Steroid anabolik

Referensi pihak ketiga
Steroid anabolic adalah zat illegal yang biasa digunakan oleh atlet untuk meningkatkan massa otot dan kekuatan. Jangkak panjang penggunaan obat ini dapat meningkatkan risiko kanker hepatoselular.
3. Paparan vinil klorida dan thorium dioksida (thorotrast)
Vinil klorida adalah bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastic, sementara thorotrast adalah bahan kimia yang disuntikkan ke orang untuk tes sinar-x. Bahan kimia ini dapat meningkatkan risiko angiosarcoma dari hati bila terkena untuk waktu yang lama. Hal ini juga meningkatkan risiko mengembangkan cholangiocarcinoma dan kanker hepatoselular, tetapi untuk tingkat yang jauh lebih rendah.
4. Paparan zat aflatoksin
Aflatoksin adalah zat yag dibuat oleh jamur dalam makanan kacang, gandum, kedelai, kacang tanah, jagung, dan beras. Ketika pada lingkungan lembab, hangat, jamur ini akan berusaha menginfeksi makanan yang dimakan.
5. Infeksi parasit
Infeksi parasit ini dapat menyebabkan kerusakan hati yang terkait dengan kanker hati. Infeksi parasit ini sering terjadi di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.
6. Arsenikum
Air yang terkontaminasi dengan arsenic dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker hati bila terkena untuk waktu yang lama. Kontaminasi ini banyak terjadi di bagian Asia Timur.
7. Sirosis atau tumor
Sirosis merupakan penyakit yang berhubungan dengan kanker hati. Sebagian besar kasus kanker hati sudah memiliki beberapa tingkat sirosis.
8. Penyakit metabolik turunan
Salah satu penyakit metabolik turunan adalah hemokromatosis. Penyakit tersebut dapat menyebabkan tubuh anda menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan. Zat besi yang menumpuk terlalu banyak dalam tubuh tersebut dapat menyebabkan sirosis atau kanker hati.
9. Penggunaan alkohol berat

Referensi pihak ketiga
Penyalahgunaan alkohol adalah penyebab utama timbulnya penyakit sirosis, yang dihubungkan dengan peningkatan risiko kanker hati. Risiko ini bahkan lebih tinggi jika mereka peminum berat.
10. Obesitas

Referensi pihak ketiga
Kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat berakibat meningkatnya lemak pada jaringan hati yang menyebabkan sirosis
11. Diabetes tipe 2
Penderita diabetes tipe 2 cenderung kelebihan berat badan atau obesitas, yang seperti disebutkan sebelumnya. Risiko ini bahkan lebih tinggi daripada pengguna alkohol berat ataupun virus hepatitis kronis.
12. Penggunaan tembakau

Referensi pihak ketiga
Penggunaan tembakau atau bagi para perokok dapat meningkatkan risiko terkena kanker hati.
13. Jenis kelamin dan usia

Referensi pihak ketiga
Bagi kamu seorang pria, maka kamu harus lebih berhati-hati karena peluang seorang pria terjangkit kanker hati sekitar 1 dari 81, sedangkan pada wanita adalah 1 dari 196. Selain itu, risiko kanker hati juga akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia.
14. Pil KB
Kasus yang jarang terjadi adalah penggunaan pil KB. Pil KB dikenal sebagai alat kontrasepsi oral. Pil ini dapat menyebabkan tumor jinak yang disebut adenoma hati. Tetapi belum diketahui apakah mereka meningkatkan risiko kanker hati. Perlunya penelitian lebih lanjut untuk menunjukkan penyebab langsung antara penggunaan pil KB dan kanker hati.

Sumber dari situs Hellosehat.com/pusat-kesehatan/kanker-hati/faktor-risiko-kanker-hati/
Sumber gambar dari Freepik.com

Popular

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Bujang Gadis Bule Pakle - Perfect Strangers

Baper Tingkat Dewa! Percakapan Kocak Bikin Ngakak Orang Lagi Baperan