Waspadai! 6 Perilaku Tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri

Nyawa itu sangat berharga Kawan. Nyawa itu juga tak semurah kacang goreng! Salah satu rejeki dan nikmat Tuhan yang sangat besar adalah diberikannya nyawa setiap hari. Kita masih bisa merasakan hidup di dunia ini.
Tapi, apa jadinya jika seseorang menganggap nyawa tersebut sangat tidak berharga dan tak ada artinya. Kalangan orang seperti ini biasanya dikarenakan depresi yang teramat, dan hal-hal yang membuat mereka sangat tertekan. Sehingga taka da jalan lain selain mengakhiri hidup mereka.
Perilaku bunuh diri sebenarnya perilaku yang dilarang. Orang-orang yang berperilaku mengarah ke sana biasanya akan sedikit terlihat. Nah, bagi kita yang menyadari atau merasa seseorang yang mengarah ke perilaku tersebut, harusnya jangan sampai menjauhi orang tersebut. Rangkul, ingatkan, dan berilah penjelelasan yang bisa mengubah pikiran mereka.
Apa saja sih perilaku yang mengarah untuk bunuh diri? Berikut sedikit penjelasannya:
1. Selalu membicarakan kematian

Referensi pihak ketiga
Salah satu ciri orang yang berkeinginan untuk hal ini adalah seringnya dia membicarakan soal kematian. Hal ini bisa disebabkan karena depresi tingkat akut. Biasanya dia akan mengeluh betapa tidak bergunanya di dunia ini atau dunia akan lebih baik jika tanpa dia.
2. Menjauhkan diri dari orang-orang di sekitarnya

Referensi pihak ketiga
Tanda yang cukup umum dilakukan adalah menghindari orang-orang sekitarnya. Sikap ini juga diiringi berkurangnya keinginan untuk beraktivitas sekalipun hal-hal yang dia sukai. Terkadang dia mulai menjauhi orang-orang disekitarnya bahkan keluarganya.
3. Bertindak ceroboh

Referensi pihak ketiga
Hilangnya keinginan hidup cenderung membuat seseorang tak peduli dengan dirinya sendiri dan orang lain. Biasanya mereka kerap kali melakukan tindakan nekat yang membahayakan.
4. Penyalahgunaan obat atau alkohol

Referensi pihak ketiga
Penggunaan obat-obatan dan alkohol biasanya kerap kali dijadikan sebagai pelampiasan. Hal ini dilakukan karena menurut mereka derita atau kepedihan yang mereka rasakan akan terlupakan sejenak saat menggunakannya.
5. Menyusun rencana

Referensi pihak ketiga
Tindakan lanjutan yang biasa dilakukan adalah menyusun rencana, seperti membuat surat wasiat, mengucapkan selamat tinggal, serta memberikan barang kesayangan kepada orang lain.
6. Perubahan mood yang mendadak

Referensi pihak ketiga
Ketika seseorang yang mengalami depresi berat, sedih, marah, uring-uringan, maupun agresif, tiba-tiba dapat berubah menjadi tenang dan bahagia, kamu perlu waspada pada orang ini. Perubahan tersebut sekilas tampak positif, namun orang yang ingin bunuh diri biasanya akan menunjukkan sikap ini ketika dia sudah membulatkan tekad untuk bunuh diri.
Referensi dari situs Dokterbabe.com/artikel/keinginan-bunuh-diri/
Sumber gambar dari Freepik.com

Popular

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Bujang Gadis Bule Pakle - Perfect Strangers

Baper Tingkat Dewa! Percakapan Kocak Bikin Ngakak Orang Lagi Baperan