Melepas Lelah Dan Menikmati Megahnya Masjid Agung Darussalam Muara Beliti, Musi Rawas, Sumatera Selatan


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh…

Hallo wanKawan yang selalu semangat!

Sebelumnya, aku mau ngucapin selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1439 H ya… Semoga puasa tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya dan bisa lebih berkah. Amiiin.

Bagi Kamu yang bingung mau jalan-jalan kemana saat akhir pekan Bulan Ramadhan ini, salah satu tempat yang bisa aku sarankan adalah wisata religi: masjid. Ga usah bingung mau ke masjid yang mana! Suka-suka kamu deh, mulai dari masjid yang paling dekat dari tempat kamu tinggal hingga masjid besar yang ada di daerahmu.



Setiap daerah biasanya mempunyai satu masjid besar atau masjid agung yang bisa menjadi icon dari daerah tersebut. Salah satu contoh adalah Masjid Agung Darussalam, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, yang tepatnya berada pada area perkantoran Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, Agropolitan Centre Muara Beliti. Masjid Agung yang berdiri pada tahun 2000 ini sangat luas dan megah. Masjid yang dibangun di atas luas tanah 5.000m2 ini mempunyai luas bangunan 1.000m2.


Sejatinya fasilitas masjid agung ini lumayan lengkap dan mumpuni. Tapi sayangnya tidak terlalu dikelola dan dirawat dengan baik. Jika kamu berkunjung ke Masjid Agung Darussalam Musi Rawas pada Bulan Ramadhan tahun ini, kamu akan menjumpai kondisi masjid yang sedang dalam perbaikan bangunan pada beberapa sisi. Terutama pada kubah masjid ini. Ya, semoga perbaikan atau rehab masjid ini bisa terselesaikan tepat waktu sesuai dengan yang direncanakan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas. Jika masjid ini sudah selesai di rehab, pastinya akan terlihat lebih bagus lagi kan!




Masjid Agung Darussalam ini terdiri dari bangunan utama masjid untuk shalat dan kegiatan lainnya, serta dua menara yang berada di sisi kiri dan kanan masjid. Masjid 2 lantai ini, mempunyai dua tempat wudhu yang terletak di dekat menara, pada sisi kiri dan kanan juga. Tempat wudhu tersebut juga tergabung dengan toilet seperti masjid pada umumnya. Selain daripada itu, bagian belakang masjid juga terdapat ruangan-ruangan dan juga sekat-sekat yang diperuntukkan untuk pengelola masjid, gudang, dan juga sepertinya ruangan untuk tempat belajar Al-quraan.


Selain daripada itu, area parkir masjid ini sangatlah luas. Hampir setengah dari luas masjid ini diperuntukkan untuk area parkir. Selain itu, di sekitaran masjid atau sekeliling masjid juga ditanami beberapa tumbuhan dan pohon yang membentuk taman kecil untuk semakin memperindah pemandangan masjid ini.


Nah, sedikit membahas beberapa fasilitas masjid, pada zaman Rasulullah dulu fungsi dan peranan masjid sangatlah banyak. Salah satu contoh fungsi dan peranan Masjid Nabawi di Madinah, yaitu sebagai:

1.      Tempat ibadah (sahalat, zikir).
2.      Tempat konsultasi dan komunikasi (masalah ekonomi-sosial budaya).
3.      Tempat pendidikan.
4.      Tempat santunan sosial.
5.      Tempat latihan militer dan persiapan alat-alatnya.
6.      Tempat pengobatan para korban perang.
7.      Tempat perdamaian dan pengadilan sengketa.
8.      Aula dan tempat menerima tamu.
9.      Tempat menawan tahanan.
10.  Pusat penerangan atau pembelaan agama.

Fungsi dan peranan Masjid Nabawi di Madinah tersebut memang sesuai dengan kondisi dan zaman pada waktu tersebut. Lalu bagaimana dengan fungsi dan peranan masjid sekarang? Dalam Muktamar Rilatul Masjid di Makkah pada tahun 1975, telah didiskusikan dan disepakati bahwa suatu masjid baru dapat dikatakan berperan secara baik apabila memiliki ruangan, dan peralatan yang memadai untuk:

1.      Ruang shalat yang memenuhi syarat-syarat kesehatan.
2.      Ruang-ruang khusus wanita yang memungkinkan mereka keluar masuk tanpa bercampur dengan pria baik digunakan untuk shalat, maupun untuk Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK).
3.      Ruang pertemuan dan perpustakaan.
4.      Ruang poliknik, ruang untuk memandikan, dan ruang untuk mengkafankan mayat.
5.      Ruang bermain, berolahraga, dan berlatih bagi remaja.

Lima poin di atas bisa menjadi tolak ukur apakah masjid tersebut sudah berperan secara baik atau belum. Mungkin untuk menjawab pertanyaan sebelumnya, fungsi dan peranan masjid pada zaman sekarang harusnya bisa lebih kita galakan lagi, misalnya:

1.      Sebagai tempat ibadah: shalat, zikir (fungsi paling utama dan penting).
2.      Tempat belajar dan mendalami ilmu agama.
3.      Tempat berlangsungnya acara keagamaan.
4.      Tempat bermain, berlatih, dan berolahraga masyarakat sekitar.
5.      Tempat istirahat sementara.
6.      Tempat berkumpul, bermusyawarah atau berdiskusi.
7.      Tempat wisata religi.

Mungkin masih ada lagi beberapa fungsi dan peranan masjid yang belum tertuliskan, jika ada fungsi dan peranan masjid yang belum tertuliskan dan sudah diterapkan di tempatmu, boleh ditambahkan kok.


Salam damai! Salama sahabat!




Referensi:



Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting