Mau Bayimu Tidur Lebih Nyenyak? Lakukan 6 Hal Sederhana Ini

Menidurkan bayi biasanya susah-susah gampang. Apalagi bagi orang tua yang baru mempunyai bayi pertamanya. Terkadang malah mereka uring-uringan ketika bayinya susah tidur. Pada dasarnya bayi adalah kertas polos yang masih sangat mudah kita bentuk dan latih. Perilaku sederhana kita bisa melatih bayi kita agar bisa lebih mandiri dan disiplin, terutama mengenai masalah tidur.
Berusahalah menciptakan kebiasaan yang bisa membuat bayimu mudah tidur dengan teratur. Berikut enam kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membiasakan bayimu agar bisa tidur lebih nyenyak:
1.      Gunakan strategi cahaya

Referensi pihak ketiga
Seorang bayi biasanya mempunyai insting yang masih sangat mendasar. Cobalah melatihnya, ketika siang hari biarkan dia bermain pada tempat yang terang atau terdapat sinar matahari langsung; ketika malam hari biasakan mati lampu untuk menandakan waktu tidur. Dengan begitu, bayi akan terbiasa dengan hal tersebut. Selain itu, menurut penelitian saat cahaya gelap akan memicu otak untuk melepaskan melatonin, hormone tidur utama.
2.      Baringkan bayimu ketika dia mulai mengantuk

Referensi pihak ketiga
Bayi yang terbaring sendirian biasanya akan lebih cenderung belajar menenangkan diri untuk tidur dengan sendirinya. Cobalah untuk meletakkan bayimu ke tempat tidur ketika dia mulai diam dan menandakan mulai mengantuk. Biasakanlah hal ini agar bayimu pun bisa lebih mandiri.
3.      Tunggu sejenak sebelum menghampiri bayimu

Referensi pihak ketiga
Jika anda terlalu sering menghampiri ketika dia hanya mulai bergerak atau sedikir bersuara, itu sama halnya mengajarkan bayi anda lebih ketergantungan padamu. Tunggu  beberapa menit untuk memberinya waktu kembali tidur sendiri. Mungkin saat itu bayimu hanya mengigau atau sejenisnya. Tapi jika dia benar-benar terbangun, cobalah hampiri bayimu sebelum dia benar-benar meraung.
4.      Jangan terlalu sering mengawasi bayi

Referensi pihak ketiga
Kebanyakan bayi masih sangat mudah distimulasi dan mempunyai sensitiviatas yang tinggi terhadap orangtuanya. Biasanya ketika kamu terbiasa menatapnya saat bermain, maka dia akan terbiasa dengan hal tersebut. Jadi, saat malam hari atau saat dia tidur, cobalah jangan terlalu sering mengawasi atau memperhatikan tidurnya. Ketika kamu melakukan hal tersebut biasanya bayi akan terbangun karena merasa diawasi dan dia berpikir waktunya bangun dan bermain.
5.      Tenang saat mengganti popok

Referensi pihak ketiga
Ketika dia sedang mengompol saat tidur, cobalah latih dirimu agar bisa tenang saat mengganti popoknya. Jangan sampai dia terbangun saat kamu menggantinya.
6.      Buat suasana tempat tidur senyaman mungkin

Referensi pihak ketiga
Setiap orang pastinya memiliki tingkat kenyaman yang berbeda ketika dia ingin tertidur. Tapi teruntuk bayi kamu masih bisa melatihnya dengan sangat mudah. Buatlah suasana tidur senyaman mungkin, misalnya dengan membersihkan tempat tidurnya terlebih dahulu, atur suhu kamar, atur cahaya kamar, control suara di kamar (jika kamu membiasakan dia tertidur dengan musik, maka dia akan terbiasa juga). Dengan menciptakan suasana nyaman setiap tidur, maka bayimu akan terbiasa dengan hal tersebut.

Referensi dari situs Babycenter.com/0_expert-sleep-strategies-for-babies_1445907.bc
Sumber gambar dari Freepik.com

Popular

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Bujang Gadis Bule Pakle - Perfect Strangers

Baper Tingkat Dewa! Percakapan Kocak Bikin Ngakak Orang Lagi Baperan