Sadis! Miras Oplosan Telah Memakan 117 Korban Jiwa

Pada dasarnya miras atau minuman keras adalah minuman yang berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Miras bisa membuat kita mabuk bahkan tak sadarkan diri.

Referensi pihak ketiga
Tapi, apa jadinya jika miras pun dicampurkan dengan zat lain, yang biasa kita sebut dengan miras oplosan. Para pengonsumsi miras oplosan biasanya berargumen bahwa dengan meminum miras oplosan efek mabuknya bisa lebih cepat dan lebih berasa.
Miras oplosan yang dicampur dengan zat berbahaya bisa berdampak terhadap kematian. Oleh karena itu sangat tidak dianjurkan untuk meminum miras oplosan tersebut. Selain tugas dan peran serta kepolisian, kita sebagai masyarakat umum harusnya juga bisa ikut mengingatkan orang-orang sekitar kita mengenai bahaya miras oplosan.

Referensi pihak ketiga
Berdasarkan berita dari situs Nasional.tempo.co miras oplosan telah menewaskan 51 orang di Jawa Barat dan 31 orang di Jakarta. Hingga Selasa pagi ini, di Kabupaten Bandung jumlah korban tewas akibat mengkonsumsi miras oplosan jenis ginseng berwarna kuning mencapai 35 orang. Kebanyakan pasien yang berasal dari daerah Cicalengka dan Kecamatan Nagreg, dirawat di RSUD Cicalengka. Direktur Utama RSUD Cicalengka, Yani Sumpena mengatakan kemungkinan korban masih akan berdatangan menuju rumah sakit. Sebab, kata dia, efek negatif yang miras oplosan baru dirasakan setelah 2-3 hari paska mengkonsumsinya.

Referensi pihak ketiga
Bersumber dari Jogja.tribunnews.com, peminum miras oplosan akan mengalami henti otak dan henti napas dan efek samping itu dicapai dalam waktu singkat, sehingga mereka akan mengalami ketidaksadaran, berhenti napas dan henti jantung. Karena mabuk berat, fungsi otaknya akan tertekan, bersamaan dengan tertekannya fungsi pernapasan sehingga meninggal. Jika korban segera dibawa ke rumah sakit dan diberi bantuan oksigen, mungkin saja nyawanya bisa tertolong. Namun, jika efek toksisitasnya hilang, masih ada kemungkinan ia mengalami infeksi paru-paru.

Sumber:
Jogja.tribunnews.com/2018/04/10/bahaya-miras-oplosan-bisa-picu-kerusakan-organ-tubuh-hingga-kematian-begini-penjelasannya?page=2
Nasional.tempo.co/read/1078124/miras-oplosan-telan-korban-polri-ingatkan-bahaya-miras
Freepik.com

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan