Mau Umroh Aman? Ikuti Tips Ini Agar Tidak Terjadi Seperti Kejadian Abu Tours

Semakin hari, semakin banyak minat masyarakat Indonesia yang ingin pergi umroh. Menanggapi hal tersebut semakin menjamur juga para agen travel yang menawarkan jasa untuk pergi umroh. Tak dapat dipungkiri memang bisnis ini lumayan menguntungkan jika mendapatkan konsumen yang banyak. Oleh karena itu, semakin banyak juga tawaran atau promo yang dibuat oleh para agen travel untuk menarik pasar. Mulai dari harga yang bersaing hingga fasilitas yang ditawarkan.
Banyaknya para pebisnis travel umroh, harusnya para konsumen harus bisa lebih selektif lagi. Mengingat sempat terjadi beberapa agen travel yang melakukan penipuan dengan melarikan uang konsumen atau ketidakjelasan keberangkatan.
Pernah sempat marak saat kejadian First Travel yang gagal memberangkatkan para calon jamaah umroh. Sekarang giliran Abu Tours yang mengekori jejak First Travel. Diberitakan Abu Tours ini sedang dalam masalah karena gagal memberangkatkan calon jamaah umroh lebih dari 80ribu Jemaah dari seluruh Indonesia.
Abu Tours ini memang sudah banyak cabangnya dari seluruh Indonesia, maka tak dapat dipungkiri konsumen atau para calon jamaah ini tergiur untuk mengambil jasa travelnya. Promo yang diberikan oleh Abu Tours juga menjadi salah satu daya pikat yang membuat orang banyak mengambil paket umrohnya.
Sekarang, Abu Tours sedang dalam masalah besar. Masalah ini sudah sampai ke-kepolisian, hingga aset-aset Abu Tours pun hingga sekarang sudah banyak yang disita. Walaupun demikian, sebanyak apapun aset yang disita oleh polisi, sepertinya tak akan cukup untuk mengganti seluruh uang yang telah disetorkan oleh jamaah.
Bekaca dari hal tersebut, harusnya kita bisa lebih waspada dan selektif lagi dalam memilih agen travel untuk umroh. Jangan sampai niat baik untuk ibadah malah menjadi naas dan musibah. Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar bisa umroh dengan aman. Tips ini berdasarkan dari situs resmi Kementrian Agama Indonesia.
1.      Pastikan Travel Mempunyai Izin

Referensi pihak ketiga
Travel yang mempunyai izin harusnya sudah terdaftar di Kementrian Agama Indonesia. Untuk mengetahui daftar travel yang mempunyai izin, kamu bisa cek langsung di situs resmi Kementrian Agama Indonesia.
2.      Pastikan Penerbangan dan Jadwal Keberangkatan

Referensi pihak ketiga
Ini adalah hal yang wajib kamu tekankan karena jika jadwalnya pun masih belum pasti, bagaimana bisa kamu akan mempercayai hal selanjutnya.
3.      Pastikan Program Layanannya

Referensi pihak ketiga
Agar kamu tidak terlantar saat pergi umroh dan merasa dirugikan, pastikan dulu layanan yang ditawarkan. Tanyakan sejelas-jelasnya.
4.      Pastikan Hotelnya

Referensi pihak ketiga
Jika hotel pun tak pasti, bagaimana bisa nanti kamu bisa hidup sementara di sana? Jangan sampai kamu terlantar ya!
5.      Pastikan Visanya

Referensi pihak ketiga
Ini adalah syarat mutlak untuk berangkat umroh. Tanyakanlah dengan detail mengenai visa dan kepengurusannya.
Selain dari pada itu, kamu juga harus melihat komentar atau testimony terhadap travel agen tersebut. Jangan sampai kamu hanya tergiur dengan harga murah saja tapi malah akan berakhir petaka.

Sumber gambar: Freepik.com

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting