Berani Lakukan Ini? Haram Hukumnya Jika Berani Melakukannya Saat Dalam Perjalanan!

Traveling, jalan-jalan, ataupun liburan merupakan hal yang sangat menyenangkan. Tujuan dari hal tersebut biasanya untuk bersenang-senag dan refreshing. Tapi apa jadinya jika liburanmu malah jadi zonk karena kamu melakukan hal-hal yang harusnya kamu hindari. Salah contohnya berkaitan dengan keuanganmu. Sekali kamu melakukan kesalahan malah akan menyusahkanmu dan membuat berantakan hal lainnya. Oleh karena itu, rencanakanlah liburanmu; surveilah sebelum berangkat. Nah, berikut 10 hal yang jangan kamu lakukan saat liburan:
1. Jangan makan di daerah tempat wisata

Referensi pihak ketiga
Rata-rata makan di daerah tempat wisata pasti mahal. Jika kamu ingin berhemat, maka hindarilah makan di tempat tersebut kecuali memang mendesak dan tak ada pilihan lainnya.
2. Jangan tukar mata uang asing di bandara

Referensi pihak ketiga
Nilai tukar mata uang asing di bandara biasanya lebih tinggi. Jika tak terdesak, maka jangan sekali-kali menukarnya. Selagi kamu bisa menggunakan ATM atau kartu kredit, maka gunakanlah itu dahulu daripada harus menukarnya di bandara.
3. Jangan menggunakan kartu bank yang memungut biaya

Referensi pihak ketiga
Kartu bank yang dimaksudkan misalnya ATM ataupun kartu kredit. Jika kamu mempunyai beberapa kartu bank, maka pilihlah kartu yang tak memungut biaya saat kamu transaksi di luar negeri; atau pilih bank dengan tarif biaya yang rendah saat transaksi antar bank atau saat diluar negeri. Jika tak mendesak, maka hindarilah hal tersebut.
4. Jangan lewatkan asuransi perjalanan

Referensi pihak ketiga
Kita tak bakal tahu dan tak bisa menebak apa yang akan terjadi saat dalam perjalanan. Jaga-jaga terjadinya resiko tersebut, maka ambillah asuransi perjalanan yang ditawarkan.
5. Jangan remehkan hostel

Referensi pihak ketiga
Mindset kebanyakan orang mengenai hostel adalah, kumuh, bau, tak bersih, fasilatas yang jelek. Tapi jangan samakan semua hostel seperti itu, masih ada beberapa hostel yang memang menawarkan banyak kelebihan, bersih, terawat, fasilitas lumayan, dan pastinya harga terjangkau. Aku pernah beberapa kali menginap di hostel saat traveling, dan semuanya memuaskan. Saranku, sebelum kamu pesan atau ambil hostel tersebut, cobalah survei dan cek komentar mengenai hostel tersebut.
6. Jangan tolak tawaran kebaikan

Referensi pihak ketiga
Sebagai seorang traveler, jangan terlalu sombong dan terlalu sering menolak tawaran kebaikan orang. Jangan selalu berpikiran negatif. Jika orang ingin berbuat jahat, pasti gerak gerik mereka akan mencurigakan. Sekali-kali, cobalah terima tawaran baik mereka, siapa tahu kamu mendapatkan saudara baru dari sana.
7. Jangan gunakan taxi

Referensi pihak ketiga
Bagi kamu seorang backpacker, taxi adalah salah satu transportasi yang cukup menguras kantong. Tapi sekarang sudah ada beberapa taxi online yang bisa menjadi alternatifmu. Selain mudah didapat, kamu juga bisa memperkirakan harganya sebelum mengambil keputusan.
8. Jangan terlalu kikir atau perhitungan

Referensi pihak ketiga
Terlalu kikir atau perhitungan kadang akan menyulitkanmu. Misalnya ketika kamu tiba di stasiun/terminal/bandara dan ingin melanjutkan ke tempat tujuan, lantas kamu memilih untuk berjalan kaki atau transportasi yang menyusahkanmu. Pada zaman canggih sekarang ini, ada baiknya kamu survei dahulu sebelum berpergian. Jika menggunakan transportasi hanya akan merogoh sedikit uang, kenapa tidak diambil saja! Dari pada waktumu terbuang dan kamu lebih letih.
9. Jangan pesan tiket mendekati hari keberangkatan

Referensi pihak ketiga
Tiket yang mendekati hari keberangkatan biasanya akan lebih mahal. Hindarilah hal tersebut. Rencanakanlah perjalananmu dengan matang.
10. Jangan lewatkan kantor turis lokal

Referensi pihak ketiga
Kantor turis lokal biasanya akan benar-benar membantumu untuk mendapatkan informasi yang kamu perlukan. Biasanya mereka akan memberikan saran terbaik untukmu. Selain itu, biasanya mereka juga akan memberikan informasi mengenai event-event terdekat yang bisa kamu tonton.
Referensi dari situs Nomadicmatt.com
Sumber gambar dari Freepik.com

Popular

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Bujang Gadis Bule Pakle - Perfect Strangers

Baper Tingkat Dewa! Percakapan Kocak Bikin Ngakak Orang Lagi Baperan