11 Manfaat Buah Mangga Yang Jarang Diketahui Oleh Orang

Pada umumnya mengonsumsi buah dan sayur adalah perilaku sangat baik, karena dapat membuat tubuh kita jadi lebih sehat. Hal tersebut karena kandungan senyawa dan nutrisi yang tekandung di dalam buah dan sayur tersebut.
Salah satu buah yang kaya manfaatnya adalah mangga. Mangga adalah salah satu buah yang sangat familiar di dunia. Tak sedikit juga orang memfavoritkan buah ini untuk dikonsumsi. Dibalik semua itu, ternyata buah mangga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Tak banyak orang yang mengetahui dari manfaat buah mangga ini. Agar kita semakin mengidolakan buah ini, ayo kita simak 11 manfaat buah mangga.
1. Menjaga kesehatan kulit

Referensi pihak ketiga
Dalam semangkuk buah manga, mengandung sekitar 25% vitamin A dan 75% vitamin C. Seperti yang kita ketahui vitamin A berfungsi untuk pertumbuhan jaringan pada kulit dan vitamin C untuk pembentukan kolagen pada kulit.
2. Mengendalikan berat badan

Referensi pihak ketiga
Manga mengandung 24 gram glukos dan bisa menjadi sumber gula alami bagi tubuh. Buah ini dapat mengurangi kecanduan terhadap makanan-makanan manis. Selain daripada itu, mangga juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi. Berdasarkan penelitian, dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung kadar air yang tinggi dapat membantu agar tetap kenyang lebih lama.
3. Mencegah kanker

Referensi pihak ketiga
Mikronutrisi yang dalam buah naga mengandung antioksidan zeaxanthin, betakaroten, dan senyawa polifenol yang dapat mencegah kanker.
4. Mengobati peradangan dalam tubuh
Mangga mengandung senyawa antiradang seperti betakaroten dan vitamin C. Sebuah penelitian menerangkan bahwa penguraian mangga di dalam tubuh menghasilkan berbagai senyawa yang berfungsi sebagai antiradang.
5. Melancarkan pencernaan

Referensi pihak ketiga
Buah mangga mampu menurunkan produksi endotoksin dari bakteri, penurunan inflamasi, dan meningkatkan konsentrasi asam lemak yang dibuthkan untuk menjaga kesehatan usus.
6. Meredakan inflamasi

Referensi pihak ketiga
Penelitian menunjukkan bahwa buah mangga mengandung senyawa polifenol yang diduga kuat berperan besar dalam meredakan inflamasi pada tubuh.
7. Kaya antioksidan
Salah satu kandungan yang terdapat dalam mangga adalah senyawa antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas.
8. Menurunkan risiko diabetes

Referensi pihak ketiga
Beberapa studi menunjukkan bahwa buah mangga dapat memberikan efek antidiabetes. Senyawa mangiferin diduga terlibat dalam manfaat buah mangga.
9. Menurunkan risiko terkena penyakit virus

Referensi pihak ketiga
Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa mangiferin dapat menghambat proses perkembangan virus di dalam tubuh dan dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit virus tersebut. Salah satunya adalah virus herpes.
10. Mencegah asma

Referensi pihak ketiga
Kandungan beta karoten dalam mangga berfungsi untuk menurunkan risiko berkembangnya penyakit asma.
11. Mencegah degenerasi makula
Degenerasi makula adalah kondisi terjadinya kerusakan pada makula, yaitu bagian tengah pada retina yang sangat penting. Akibatnya, mata penderita akan kesulitan untuk melihat detail dari suatu obyek seperti tulisan atau wajah. Kandungan antioksidan zeaxathin dalam buah mangga diduga dapat melindungi mata dari degenerasi makula. Antioksidan tersebut  akan menyaring sinar biru (Blue light rays) dari sumber cahaya (misal, layar komputer) ke mata, sehingga kerusakan pun dapat dihindari.

Sumber dari dokterbabe.com/artikel/manfaat-buah-mangga/
Sumber gambar dari Freepik.com

Popular

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Bujang Gadis Bule Pakle - Perfect Strangers

Baper Tingkat Dewa! Percakapan Kocak Bikin Ngakak Orang Lagi Baperan