Obat Sehat! Ternyata Musik Bisa Mempengaruhi 6 Perilaku Keseharianmu

Sehat adalah pilihan! Jika kamu ingin sehat maka berusahalah berperilaku yang bisa tetap menjaga kesehatanmu. Contoh perilaku sehat adalah mengonsumsi makanan sehat, olahraga rutin, istirahat cukup dan teratur, pikiran jernih dan selalu berpikir positif, lingkungan yang bersih, dan menjaga kebersihan tubuh. Salah satu poin di atas yang bisa kamu lakukan untuk menunjang kesehatanmu adalah dengan mengendalikan pikiranmu. Banyak cara yang bisa kamu lakukan, salh satu contohnya adalah dengan mendengarkan musik.

Referensi pihak ketiga
Banyak jenis musik yang ada di dunia ini, mulai dari musik alami dari alam hingga musik buatan. Terapi mendengarkan musik juga bisa mempengaruhi kesehatanmu dalam sehari-hari. Pastinya, cobalah dengarkan musik sesuai dengan proporsinya dan tidak berlebihan. Gunakanlah sarana musik sebagai salah satu obat alternatif dalam menunjang kesehatanmu. Nah, berikut enam manfaat musik bagi kesehatan:
1. Pikiran lebih fresh

Referensi pihak ketiga
Musik bisa mengendalikan moodmu. Percayalah! Jika kamu mendengarkan musik dengan ritme musik yang cepat dan bersemangat saat pagi hari dan pada malam hari, maka akan bisa membuat pikiranmu bisa lebih fresh. Kamu juga bisa mencoba mendengarkan musik sambil berolahraga. Dengarkanlah jenis musik yang bisa membuatmu lebih bersemangat, pastinya olahragamu akan semakin berasa.
2. Kontrol emosi

Referensi pihak ketiga
Ini tergantung dengan jenis musik / genre dan ritme musik yang kamu dengarkan. Ketika kamu sedang bersedih, maka cobalah mendengarkan lagu yang lebih bersemangat agar sedihmu berkurang. Tapi, jika kamu ingin mendalami kesedihan tersebut maka caranya sangat mudah: kamu tinggal mendengarkan lagu sedih saja, pastinya kamu akan semakin larut dengan kesedihanmu. Hal tersebut berlaku sebaliknya. Oleh karena itu, cobalah dengarkan musik sesuai kapasitasnya dan secara positif ya!
3. Mengendalikan tekanan darah

Referensi pihak ketiga
Bagi kamu yang mempunyai tekanan darah tinggi, dengan mendengarkan musik yang pelan dan santai akan mengurangi tekanan darahmu. Cobalah terapi ini setiap pagi atau ketika kamu sedang merasakan tekanan darahmu naik. Ini merupakan salah satu alternatif terapi yang bisa kamu coba. Pada dasarnya ritme musik ini bisa mempengaruhi tekanan darahmu melalui respon yang diberikan oleh otak dari musik yang kamu dengarkan.
4. Meningkatkan kecerdasan

Referensi pihak ketiga
Mendengarkan musik juga bisa menstimulus otakmu. Terutama otak kanan. Apalagi jika kamu juga pandai bermaik musik. Hal tersebut sangat baik untuk pertumbuhan sel pada otak kanan.
5. Meningkatkan kreativitas

Referensi pihak ketiga
Selain bisa mengendalikan mood, musik juga bisa meningkatkan kreativitasmu. Hal ini berhubungan dengan poin 4 di atas. Semakin beragam musik yang kamu dengarkan, maka secara tidak langsung, otak kananmu akan semakin terasah dan bisa membuat kreativitasmu meningkat.
6. Alat bantu tidur

Referensi pihak ketiga
Susah tidur? Pada dasarnya terlalu sering tidur larut malam memang akan berdampak pada kesehatanmu (kekebalan tubuhmu akan menurun). Hal ini juga berlaku bagi kamu yang sulit tidur pada malam hari. Kamu bisa mencoba mendengarkan alunan musik yang pelan/santai sebelum tidur. Ritme musik santai tersebut akan memberikan efek rileks pada otakmu, sehingga kamu akan mudah mengantuk. Dengan syarat, cobalah tenangkan pikiran dan emosimu, dan tidak sedang bermain gadget.
Selain enam manfaat di atas, mungkin masih ada beberapa manfaat lain yang pernah kamu rasakan berdasarkan pengalaman yang kamu alami saat mendengarkan musik. Jika ada yang belum disebutkan, silahkan ditambahkan ya!
Last but not least, tetap berpikir positif ya Kawan!
Sumber gambar dari freepik.com

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan