5 Tips Liburan Ala Film Brave (Walt Disney)

Tau dengan film Brave dari Walt Disney?

Film Brave ini diproduksi pada tahun 2012. Film ini bercerita tentang seorang putri dari kerajaan diperintah oleh Raja Fergus dan Ratu Elinor yang bernama Mérida. Putri nakal dan seorang pemanah ulung. Suatu hari Mérida menentang kebiasaan suci kerajaan dan secara tidak sengaja membawa gejolak ke kerajaan. Dalam upaya untuk mengatur hal-hal yang benar, Mérida mencari seorang eksentrik berusia (wanita tua) dan ternyata malah terjadi kejadian naas. Ibunya, Ratu Elinor berubah menjadi seekor beruang. Tapi, kejadian tersebut membawa hikmah bagi keluarga kerajaan.


Nah, jika kamu menelaah film tersebut, secara tidak langsung perjalanan hidup yang tersirat dari film tersebut sungguh menggugah hati. Banyak pesan yang disampaikan secara gamblang pada film tersebut. Jika kita kaitkan dengan liburan yang mungkin bisa kamu lakukan ketika weekend ataupun libur panjang, pesan-pesan dari Film Brave ini akan sangat membantu. Berikut lima tips liburan ala film Brave:
  1. Berani dan tampil percaya diri
Sumber: www.freeepik.com
Berani adalah salah satu modal yang perlu dimiliki seseorang ketika ingin berlibur. Mengapa demikian? Karena hal ini menyangkut keselamatan dan kenyamanan dirimu saat berlibur.
Contohnya, ketika kamu bingung dengan suatu jalan, alangkah baiknya kamu bertanya, jika kamu takberani bertanya atau malu-malu, maka bisa jadi akan menyusahkan dirimu, bahkan kamu bisa tersesat. Ada pepatah mengatakan: malu bertanya sesat di jalan.
Contoh lainnya, ketika kamu baru saja turun di terminal, biasanya akan banyak ojek, angkot, bus, taksi, atau transportasi umum sejenisnya yang menawarkan antar mereka. Jika kamu terlihat takut-takut (takberani) biasanya kamu akan jadi bulan-bulanan mereka, kamu akan ditarik sana-tarik sini, bahkan parahnya lagi kamu bisa ditipu dengan tarif yang mereka berikan. Perlu diketahui beberapa terminal di Indonesia masih ada yang terkenal dengan hal-hal yang negatif. Oleh karena itu, beranilah dan tampil percaya diri.
  1. Jangan sombong
Sumber: www.freeepik.com
Ketika kamu sedang mengunjungi suatu tempat yang baru saja kamu singgahi untuk berlibur, alangkah baiknya singkirkan egomu (jangan sombong). Manusia mana yang senang jika melihat orang yang sombong (sombong dalam artian negatif)? Pasti semua orang takakan senang melihat hal demikian. Apalagi jika kamu baru saja menginjaki daerah tersebut yang pada dasarnya belum mengenal tradisi, kebiasaan, perilaku masyarakat sekitar, perbuatan jelek tersebut harus kamu buang jauh-jauh. Cukup rendah diri dan murah senyum pasti akan mempermudahkanmu selama liburan. Percayalah!
  1. Sambung tali silaturahmi
Sumber: www.freeepik.com
Sebenarnya menyambung silaturahmi pada dasarnya tidak hanya pada saat liburan atau jalan-jalan saja. Pada kehidupan sehari-hari pun diperlukan hal yang demikian. Menurut Abu Laits Samarqandi ada 10 manfaat Silaturahmi, yaitu:
1.    mendapatkan ridha dari Allah SWT;
2.    membuat orang yang kita dikunjungi berbahagia. Hal ini amat sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, yaitu "Amal yang paling utama adalah membuat seseorang berbahagia";
3.    menyenangkan malaikat, karena malaikat juga sangat senang bersilaturahmi;
4.    disenangi oleh manusia;
5.    membuat iblis dan setan marah;
6.    memanjangkan usia;
7.    menambah banyak dan berkah rejekinya;
8.    membuat senang orang yang telah wafat. Sebenarnya mereka itu tahu keadaan kita yang masih hidup, namun mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka merasa bahagia jika keluarga yang ditinggalkannya tetap menjalin hubungan baik;
9.    memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan, mempererat dan memperkuat tali persaudaraan dan persahabatan;
10. menambah pahala setelah kematiannya, karena kebaikannya (dalam hal ini, suka bersilaturahmi) akan selalu dikenang sehingga membuat orang lain selalu mendoakannya.
Nah, apalagi saat kita berada dalam perjalanan, selain mendapatkan 10 manfaat di atas, yang pastinya perjalananmu akan semakin enak dan akan dipermudah. Siapa tahu orang yang kamu jalin silaturahmi memberikan pertolongan.
  1. Takdir ada bersama kita. Kamu hanya membutuhkan keberanian untuk melihatnya
Sumber: www.freeepik.com
Bagaimanapun keadaanmu saat dalam perjalanan maka nikmatilah. Sesusah apapun keadaanmu saat dalam perjalanan, tetap nikmatilah! Bagaimanapun kondisinya, semua sudah diatur. Takdirlah yang `kan berkata. Oleh karena itu kamu hanya butuh keberanian untuk melihat dan menghadapinya.
  1. Keep survive and feel free
Sumber: www.freeepik.com
Masih sedikit menyinggung pada poin keempat di atas, salah satu cara untuk menghadapi takdir adalah tetap bertahan (keep survive). Jika kamu melakukan hal tersebut, maka aku sangat yakin liburanmu akan jauh lebih bermakna. Selain daripada itu, untuk menambahkan bumbu selama dalam masa perjalanan, rasakanlah kebebasan (feel free) dan nikmati. Dengan demikian, maka kamu akan semakin mudah menikmati liburanmu dengan cara yang sederhana.

Nah itulah dia 5 tips liburan ala Brave yang bisa kamu terapkan. Jika ada beberapa tips yang belum tertuliskan pada artikel ini, kamu bisa tambahkan sendiri ya wanKawan.

Sumber: www.freeepik.com

Keep smile and being smart!



Baca juga:

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan