LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Hallo para Penulis Handal!

Ini saatnya kamu berkreasi sekaligus mengapresiasi para pahlawan Indonesia yang telah berjuang untuk Indonesia. Sungguh besar jasa para pahlawan, berkat mereka lah kita bisa terbebaskan dari penjajahan secara fisik oleh negara luar.

Nah, ada Lomba menulisa yang sangat cocok dan wajib kamu ikuti. Bagi kamu yang suka menulis, terutama menulis cerita pendek Beligat Update.com mengadakan lomba menulis cerita pendek dengan tema 'Pahlawan'. Lomba ini merupakan serangkaian dari acara HUT Beligat Update.com, yang sebelumnya ada beberapa lomba yang diadakan (LOMBA FILM PENDEK NUSANTARAKU PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & BELIGAT MORE THAN STUDENTS PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM (Semarak HUT ke-1 Beligat Update.com))

Penasaran? Yok, dikepoin AJA!


A.  LATAR BELAKANG KEGIATAN
Pahlawan adalah orang yang berjasa dalam suatu hal karena sikap atau tindakan yang dilakukannya terhadap individu atau golongan. Seorang pahlawan harusnya layak untuk kita hormati dan apresiasi atas sikap atau tindakan yang dilakukannya tersebut.
Pada dasarnya definisi pahlawan bisa dimaknai lebih luas lagi, tergantung dari sudut pandang orang tersebut memaknainya. Pahlawan pun tidak harus berwujud seorang manusia, bisa jadi seekor hewan, sebuah tumbuhan, sebuah benda atau apapun itu yang dianggap berjasa terhadap orang yang memaknainya. Lantas bagaimana kamu memaknai pahlawan itu sendiri? Punyakah kamu cerita atau pengalaman yang berhubungan dengan pahlawan?
Tanggal 10 November 1945 ditetapkan sebagai Hari Pahlawan Nasional Negara Indonesia. Hari tersebut dikhususkan untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan Indonesia yang telah berjuang untuk memerdekakan Negara Indonesia. Hingga sekarang, kita masih selalu memperingati hari tersebut untuk mengenang jasa-jasa mereka.
Sebagai apresiasi terhadap peringatan Hari Pahlawan tersebut, Beligat Update.com bermaksud mengadakan Lomba Menulis Cerita Pendek dengan Tema “Pahlawan”. Peserta bebas memaknai pahlawan itu seperti apa, tanpa ada batasan pemikiran. Jelasnya tetap dalam koridor syarat dan ketentuan yang dibuat oleh panitia.


            B.  TUJUAN KEGIATAN
1.    Menumbuhkan semangat menulis masyarakat
2.    Meningkatkan kreativitas masyarakat
3.    Apresiasi terhadap peringatan Hari Pahlawan

            C.  WAKTU PELAKSANAAN
1.    Waktu     : 1 Oktober – 8 November 2017
2.    Deskripsi            : Lomba Menulis Cerita Pendek dengan Tema Pahlawan

            D.  PERSYARATAN
1.    Warga Negara Indonesia (melampirkan foto/fotocopy identitas), tidak ada batasan umur dan profesi.
2.    Add / like / follow  akun media sosial Beligat Update.com dan JoLoro 72 Store:
c.  Instagram : @joloro.72
3.    Bagikan (share) informasi lomba ke media sosial-mu dan tag minimal 10 teman, serta tag akun Beligat Update.com dan JoLoro 72 Store.
4.    Lomba ini tidak dipungut biaya (GRATIS).
5.    Hasil karya sedang tidak diikutsertakan dalam lomba lainnya, belum pernah dipublikasi dan adalah asli hasil karya sendiri.
6.    Hasil karya tidak mengandung unsur SARA, pornografi, serta tidak menyinggung pihak lain atau golongan.
7.    Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah tapi dalam file yang berbeda.
8.    Karya dikumpulkan paling lambat 8 November 2017, Pukul 00.01 WIB.
9.    Pengumuman pemenang akan diumumkan tanggal 10 November 2017 pada halaman website Beligat Update.com (www.beligatupdate.com), serta akun media sosial terkait.
10. Informasi, kontak, dan pertanyaan bisa langsung kunjungi website Beligat Update.com, melalui email (cerpenbeligat@gmail.com), serta akun sosial media Beligat Update.com dan JoLoro 72.

E.  KETENTUAN PENULISAN
1.    Karya tulis dalam bentuk cerita pendek dengan tema “Pahlawan”
2.    Kertas A4 dengan margin normal.
3.    Font TNR 12, spasi 1.5.
4.    Karya minimal 3-6 halaman.
5.    File dalam format Ms. Word dengan format nama file “Lomba Cerpen, nama penulis, judul karya”. Contoh: Lomba Cerpen, Budi, Pahlawan Kesiangan.
6.    Menuliskan biodata diri dalam bentuk narasi pada halaman setelah karya CERPEN (dalam file yang sama), serta pernyataan bahwa karya yang dikirim tersebut adalah hasil karya sendiri.
7.    Melampirkan kartu identitas pada halaman akhir setelah biodata diri (dalam file yang sama).
8.    Dikirim ke email: cerpenbeligat@gmail.com dengan format judul “Lomba Cerpen, nama penulis, judul karya”. Contoh: Lomba Cerpen, Budi, Pahlawan Kesiangan.

F.  KRITERIA
1.    Orisinalitas hasil karya
2.    Kesesuaian dengan tema
3.    Kreativitas dalam mengolah sudut pandang
4.    Pemilihan diksi / pilihan kata

G.  HADIAH
JUARA 1
KEMEJA BATIK SUPERHERO (SENILAI Rp. 250.000) + E-SERTIFIKAT + PUBLKASI NASKAH DI WEBSITE BELIGAT

JUARA FAVORIT
KAOS BATIK (SENILAI Rp. 50.000) + PULSA 10.000 + E-SERTIFIKAT + PUBLIKASI NASKAH DI WEBSITE BELIGAT






Baca juga:

Popular

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Bukit Sulap dan Hikayat Putri yang Hilang