10 Hal Konyol yang Patut Kamu Hentikan Selama Liburan

Kawan, suka liburan?
Jelas suka dong…


Liburan pada era sekarang ini sudah menjadi kebutuhan rohani setiap orang. Karena salah satu cara untuk menyegarkan kembali pikiran dalam rutinitas sehari-hari adalah berlibur; memanjakan diri; bersantai menikmati alam; yang jelas keluar dari rutinitas.

Setiap orang mempunyai gaya masing-masing dalam menikmati liburan mereka. Tapi alangkah baiknya gaya liburanmu bisa terlihat lebih elegan dan tak terlihat konyol. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut 10 hal konyol yang patut kamu hentikan selama liburan:


1.    Memaksakan Kehendak atau Tak Mau Membaur
Hal ini berkaitan dengan pakaian yang kamu gunakan. Sebenarnya tampil beda itu perlu, tapi jika memang di dalam suatu tempat wisata tersebut diharuskan kamu menggunakan pakaian khusus yang wajib digunakan, maka gunakanlah! Tak ada salahnya kamu menggunakan hal tersebut toh semua orang yang berkunjung di sana menggunakan pakaian sejenis. Jika kamu tak menggunakan pakaian tersebut, malah kamu akan terlihat aneh di hadapan orang-orang. Cobalah membaur Kawan!

2.    Mengambil Foto Semua Hal yang Dilihat Setiap Waktu
Mengambil foto adalah hal yang wajib kamu lakukan untuk setiap momen yang baru kamu kunjungi. Menikmati hasil foto liburan nantinya pun akan mendapatkan sensasi yang luar biasa. Tapi ingat, tak setiap waktu kamu habiskan hanya untuk mem-foto semua hal tersebut. Ambil-lah foto sewajarnya dan secukupnya, kemudian nikmatilah tempat tersebut. Yakinlah, menikmati tempat wisata secara langsung akan lebih nikmat dibandingkan nanti ketika kamu hanya menikmati hasil fotomu.

3.    Melewatkan Suasana Restoran Lokal dengan Membawa Makanan untuk Disantap di Tempatmu.
Cobalah makan di tempat makan lokal. Walaupun terkadang makan ditempat makan bisa lebih mahal, daripada kamu membungkusnya dan membawanya ke tempatmu tinggal. Sesekali kamu boleh mencoba untuk menikmati langsung makanan di tempat makan tersebut. Kamu bisa merasakan suasana yang berbeda dan pastinya kamu juga bisa menikmati hidangan yang masih hangat ketika langsung disajikan. Siapa tahu, dengan cara ini kamu bisa berkenalan dengan si pemilik resto atau pelayannya yang baik. Namanya juga sedang liburan, berusahalah mencari kenalan orang baik sebanyak mungkin.

4.    Melanggar Peraturan Lokal
Jelas ini merupakan hal konyol dan bodoh, jika kamu melakukannya. Ingat! Tujuanmu liburan adalah untuk bersenang-senang, bukan mencari masalah. Melanggar peraturan Lokal yang jelas telah kamu ketahui adalah perbuatan konyol. Hal tersebut pasti akan mengacaukan liburanmu. Jangan beralibi mencari sensasi. Banyak cara untuk mencari sensasi, tapi tidak dengan melanggar aturan.

5.    Menganggap Semua Tempat Belanja Dapat Melayani Kartu Kredit
Sekali pun kamu memiliki banyak kartu kredit dan mampu membayarnya secara ontime, hentikanlah perbuatan konyol ini! Tak semua tempat belanja atau supermarket melayani pembayaran melalui kartu kredit. Selalu siapkanlah uang cash untuk berbelanja. Tapi ingat, bawalah uang cash secukupnya saja tak perlu berlebihan.

6.    Komplain Tentang Harga yang Terlalu Mahal/Betapa Anehnya Hal Tersebut
Melontarkan komplain jenis ini juga agak sedikit konyol. Mengapa demikian? Seharusnya kamu sadar diri bahwa kamu sedang dalam suasana liburan. Mendapatkan suatu barang yang mahal bukanlah hal aneh dan hal yang harus kamu komplain, karena kondisinya kamu tak mengetahui harga barang tersebut. Nikmatilah kondisi tersebut! Tak perlu komplain. Jika kamu tak ingin hal ini terjadi, maka lakukanlah research terlebih dahulu.

7.    Menganggap Semua Orang Dapat Berbicara Bahasamu
Sebenarnya ini berlaku bagi turis-turis yang bahasa ibunya menggunakan Bahasa Inggris. Walaupun Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, tapi jangan menganggap semua orang bisa Bahasa Inggris. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa menggunakan bahasa tubuh atau kata-kata umum yang kemungkinan orang mengerti.

8.    Sharing yang Berlebihan di Sosial Media
Pertanyaan penting! Apa fungsi kamu sharing status atau foto selfie ke sosial media saat liburan? Terutama foto-foto selfie yang berlebihan. Mencari perhatian? Mau sombong? Berhentilah bertingkah konyol seperti ini. Hanya orang-orang yang jarang melakukan liburanlah yang melakukannya. Sharing-lah sewajarnya saja. Sharing info atau pemandangan yang bagus akan lebih berguna bagi teman-teman sosial mediamu daripada foto selfie dengan fose yang sama atau foto rame-rame dengan fose yang sama. Sebenarnya ini adalah hak kamu sebagai pengguna sosial media. Tapi cobalah menjadi pengguna sosial media yang elegan kawan, tak perlu berlebihan. Sesekali boleh, tapi tak perlu setiap waktu.

9.    Pergi ke Tempat-tempat yang menakjubkan dan Tak Pernah Tinggal/Menikmati di Tempat Kamu Menginap
Mengunjungi tempat-tempat yang menakjubkan adalah suatu yang penting dan bisa dikatakan wajib. Tapi sesekali cobalah kamu menikmati fasilitas di tempat kamu menginap resort/hotel/motel berbaur dengan orang disekitarnya. Selain bisa menghemat biaya, kamu juga bisa memanjakan tubuhmu dengan tak pergi terlalu jauh. Hal ini pasti akan membuat suatu kesan tersendiri untuk liburanmu. Terutama ketika kamu mencoba membaur dengan pengurus resort/hotelnya, siapa tahu next trip kamu mendapatkan potongan atau kamu bisa mendapatkan info ketika resort tersebut sedang ada promo.

10.  Menjadi Seorang Pejalan Kaki yang Tak Tahu Diri
Ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang pejalan kaki saat liburan, pastikanlah kamu menjadi seorang pejalan kaki yang tahu diri. Contohnya ketika kamu berada di tempat yang mayoritas orangnya berjalan kaki. Lantas, jangan tiba-tiba kamu berhenti di tengah jalan untuk melakukan hal yang tak begitu penting, pasti itu akan mengganggu pejalan kaki yang lain. Jika kamu ingin berhenti untuk melakukan sesuatu, berhentilah dipinggir jalan. Sehingga tak mengganggu pejalan kaki yang lain. Ingat, itu jalan milik bersama Bro!

Sudah siap untuk liburan Kawan? Yok, kita liburan cerdas tanpa harus melakukan hal-hal konyol. Sekarang, tergantung bagaimana cara pandang kamu dalam menikmati liburanmu masing-masing. Semua orang punya hak untuk menikmati liburannya dengan cara mereka sendiri.
Tapi, ingat… jangan terlalu konyol… selamat liburan Kawan!
  

104. Kita boleh bersyukur atas kebodohan tapi kita tak patut bangga dengan kebodohan itu. #goblok

#NulisRandom
#NulisRandom2017


Baca juga:

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan