Hal-hal yang Wajib Kamu Ketahui Mengenai Broadcast SMS

Hallo wanKawan,

Merasa terganggu dengan Broadcast SMS?


Pada tulisan kali ini, kita akan berbicara sedikit serius J . Jarang-jarang banget rasanya buat tulisan yang bertemakan pengetahuan atau teknologi (padahal jurusan kuliahku teknik elektro #tepokjidat). Tulisan ini terinsipirasi dari sebuah artikel yang mengupas tentang keluhan konsumen mengenai SMS broadcast yang sering ia dapati. Lebih tergelitiknya lagi mengenai artikel tersebut adalah kurang jelas pembahasan mengenai informasi atau detail broadcast SMS yang seharusnya diketahui pembaca. Oleh karena itu, rasanya lumayan gatal juga tangan ini untuk sedikit mengupas mengenai SMS broadcast tersebut. Pada dasarnya aku pernah sedikit membaca dasar mengenai sistem kerja SMS broadcast tersebut, dan kali ini aku hanya ingin berbagi.

Baiklah aku akan coba sedikit mengupas mengenai SMS broadcast yang telah banyak kita temui, dengan membaginya berdasarkan beberapa permasalahan.


Permasalahan pertama, Konsumen mengeluh/protes mngenai SMS broadcast yang sering dia terima!
Saranku, bagi kamu pengguna smartphone atau HP cobalah berpikiran dan bertindak smart seperti barang elektronik yang kamu punyai. Jika kamu merasa terganggu dengan SMS broadcast tersebut, abaikan sajalah; tak perlu dibaca; jika memang alasannya banyak-banyakin inbox saja, cobalah pelajari fitur delate (hapus pesan), kamu pasti tahu dong cara menghapus pesan; banyak banget pesan yang harus dihapus! Ingat, biasanya hampir disetiap HP punya fitur tandai pesan dan kamu bisa hapus banyak pesan dengan cepat dan praktis; jika menghapus pesan pun masih menjadi masalah, saranku: stop menggunakan HP; berpikirlah yang simple dan jangan memperibet keadaan. Take it easy Kawan!


Permasalahan kedua, Konsumen menganggap bahwa perusahaan yang broadcast SMS (promosi) memperoleh nomornya dengan membeli database atau sejenisnya!
Perlu wanKawan ketahui juga bahwa, mengirim pesan promosi (broadcast) melalui SMS/MMS pada dasarnya tidak atau belum dilarang. Tapi, memperoleh nomor HP orang lain untuk dijadikan objek promosi dapat dipermasalahkan, apabila nomor HP tersebut diperoleh dengan cara melanggar privacy pemilik nomor tersebut. Hal ini dijelaskan pada Pasal 26 UU No. 11 Tahun 2008 tentang informasi dan Transaksi Elektronik, yang berisikan:

(1) Kecuali ditentukan lain oleh Peraturan Perundang-undangan, penggunaan setiap informasi melalui media elektronik yang menyangkut data pribadi seseorang harus dilakukan atas persetujuan Orang yang bersangkutan.
(2) Setiap Orang yang dilanggar haknya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat mengajukan gugatan atas kerugian yang ditimbulkan berdasarkan Undang-Undang ini.
Kemudian saranku, cobalah berpikir lebih bijak atau cobalah melihat jenis SMS seperti apa yang mereka kirim?; perusahaan apa yang mengirimkan broadcast SMS? Jika memang kamu belum mengetahui hal tersebut, yok kita berbagi informasi setelah ini. Ada beberapa jenis broadcast SMS yang perlu kamu ketahui.

Permasalahan ketiga, kurangnya pengetahuan dan informasi si Konsumen sehingga mereka mengeluh yang terkesan asal-asalan protes.
Sebenarnya permasalahan jenis ini masih bisa ditolerir karena tidak semua orang mengetahui tentang teknologi jenis ini. Sebenarnya SMS broadcast biasanya dijadikan media untuk mempromosikan barang dari sebuah perusahaan. Perlu diketahui juga bahwa, sudah ada jasa SMS broadcast yang dijadikan salah satu ladang bisnis. Hal ini dikarenakan, kebanyakan perusahaan lebih memilih mengeluarkan uang (membayar orang untuk promosi melalaui broadcast SMS) dari pada harus turun tangan dan jadinya lebih ribet (terutama perusahaan yang tidak bergerak dibidang IT).

Nah, supaya pengetahuan kita semakin mantap berikut beberapa jenis broadcast SMS yang perlu Kawan ketahui:

1. SMS Gateway.
SMS Gateway merupakan broadcast SMS dua arah. Dalam artian, si penerima SMS juga dapat membalas SMS dari si pengirim. Dalam hal ini, biasanya diperuntukkan bagi perusahaan yang menginginkan jawaban dari konsumen. Contohnya, provider telpon selular yang menawarkan promo terbaru, sehingga penerima bisa menjawab dan mengambil keputusan untuk mengambil promo tersebut atau tidak; informasi berupa pengumuman dari sebuah perusahaan yang membutuhkan jawaban dari si penerima SMS. SMS jenis ini, biasanya perusahaan telah mempunyai daftar database nomor HP target SMS, dan database tersebut biasanya didapatkan dari si target SMS sendiri (nomor HP didapatkan langsung atas seizin yang punya Nomor).

2. SMS masking dan non-masking.
SMS masking merupakan jenis SMS yang identitas pengirim bisa diketahui oleh penerima SMS. Sedangkan SMS non-masking merupakan jenis SMS yang identitas pengirim tidak diketahui oleh penerima SMS (biasanya berupa nomor HP baru yang tak dikenal). SMS jenis ini merupakan SMS satu arah yang hanya berupa informasi promo dari pengirim SMS. Perihal database nomor HP jenis SMS seperti ini, biasanya diperoleh dengan mengacak angka sehingga membentuk nomor HP (mengacak nomor dengan menggunakan aplikasi). Jadi wanKawan tak perlu merisaukan, perihal dapat dari mana perusahaan tersebut nomor HP-mu. Yang jelas, si pengirim SMS tak mengetahui identitas detail si penerima SMS.

3. SMS/MMS Location Based Advertising (LBA).
Location Based Advertising (LBA) merupakan jenis broadcast SMS untuk promosi yang menggunakan media SMS/MMS pada lokasi tertentu dan waktu yang diinginkan.
Nah, pastinya kawan-kawan pernah mendapatkan SMS jenis ini. Jadi ilustrasinya, ketika kita mendekati suatu toko atau perusahaan, pasti secara otomatis kita mendapatkan SMS promo dari toko/perusahaan tersebut.
SMS jenis inilah yang dibahas oleh artikel yang menggelitikku pada wacana di paragraf pertama. Jadi, kamu tak perlu khawatir toko/perusahaan tersebut mendapatkan nomor HP-mu dari mana. Bukan berarti mereta membeli database, tapi semuanya dikendalikan oleh sistem teknologi secara otomatis ketika kamu mendekati toko/perusahaan tersebut. Biasanya SMS/MMS LBA ini merupakan SMS/MMS satu arah, penerima tak bisa membalas SMS pengirim. Serta, detail identitas si penerima SMS pun tak diketahui oleh pengirim SMS.

Bagaimana Kawan, apakah sudah ada bayangan jenis SMS seperti apa ketika kamu mendapatkan SMS broadcast?

Jadi, aku harap kita sekarang bisa lebih bijak menanggapi broadcast SMS yang kita terima, tanpa harus protes hal sepele dan membesarkan hal kecil.

Be smart people Kawan.


*Berbagai sumber

Ketika kamu mempunyai smartphone, jadilah lebih smart dari pada phone yang kamu punya. Pelajarilah! Jangan sampai kamu dibodohi atau diperbudak smartphone, atau malah kamu terlihat lebih bodoh ketika menggunakan smartphone tersebut.


Baca juga:

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan