10 Tips Packing Light yang Wajib Kamu Coba

Packing light sangat erat kaintannya dengan Travel light. (Yaiyalah bro, kalau mau travel light ya… kudu packing light).

Waduh bahasanya agak njelimet ya?

Baiklah aku akan sedikit menjabarkan definisi dari travel light dan packing light. Ini adalah sebuah ungkapan, dan bukan berarti travel light adalah perjalanan lampu, perjalanan cahaya, lampu buat traveling, atau lampu jalan-jalan (hahahaha).


Bagi wanKawan yang suka traveling, terutama yang suka backpacker-an, pasti istilah tersebut sudah sangat familiar. Travel light adalah jalan-jalan dengan minim bawaan (jenis traveling); dan packing light adalah cara yang digunakan untuk mengusung konsep travel light (cara). Nah penasaran dengan cara tersebut?




Sebelum kita membahas lebih detail, kamu juga perlu membaca artikel sebelumnya yang berjudul 10 TipsBackpacking Terbaik yang Wajib Kamu Ketahui. Lantas, supaya lebih meyakin-kan kamu untuk memilih packing light, berikut keuntung yang bisa kamu dapat:
  1. Akan membebaskan-mu; kamu akan terbebaskan dari over bagasi, atau kamu tak perlu menunggu barang diturunkan dari bagasi.
  2. Mempermudahmu selama perjalanan.
  3. Efisiensi tempat. Ketika kamu menerapkan konsep travel light, pastinya tas yang digunakan pun akan lebih kecil.

Baiklah, kita langsung saja menyelam ke 10 tips untuk packing light ya….

1. Hindari packing saat mendekati jadwal keberangakatan
Travel light acap kali memang membutuhkan suatu usaha yang berlebih, terutama dalam memikirkan barang bawaan yang harus dibawa, dan jika bisa seefisein mungkin. Dan itulah mengapa, terkadang kebanyakan orang sedikit malas menggunakan konsep travel light; intinya mereka malas berfikir lebih. Karena alasan diataslah maka, jangan sampai kamu packing barang bawaanmu pada saat-saat mendekati jadwal keberangkatan; kamu perlu memikirkan barang-barang yang efisien untuk dibawa. Jadi, packing-lah beberapa hari sebelum jadwal keberangkatanmu.

2. Gunakanlah tas yang tak beroda
Memang pada dasarnya, menggunakan tas yang beroda akan memudahkan kamu dalam membawanya; cukup didorong dan tak perlu tenaga ekstra. Tapi, kamu juga perlu mempertimbangkan ke-fleksibel-anmu saat dalam perjalanan. Sebagai contoh, ketika kamu turun dari bus/kereta atau ketika kamu berada di terminal/stasiun, terkadang ditempat tersebut lebih banyak menggunakan akses tangga (tanpa escalator). Maka disaat kondisi seperti inilah roda tasmu tak berfungsi, malah akan membuatmu jadi lebih ribet. Gunakanlah backpack atau tas jinjing, jangan gunakan koper yang beroda.

3. Jangan menggulung pakaianmu
Beberap tips dalam packing memang ada yang menyarankan untuk menggunakan cara menggulung pakaianmu agar bisa lebih banyak barang yang dibawa. Nah, inilah permasalahanya. Membawa lebih banyak barang bawaan berarti akan membuat beban barang bawaanmu jadi lebih berat. Ingat! Disini kamu sedang menerapkan konsep travel light, berpergian dengan minim bawaan. Jika kamu belum terlalu ahli dalam menggunakan tehnik menggulung pakaian, maka akan banyak space yang sia-sia tak digunakan diantara gulungan pakaian yang kamu packing.

4. Berbelanjalah barang-barang yang ringan
Sesuai dengan konsep travel light, jika bisa bawalah barang-barang bawaan yang ringan. Apalagi jika kamu menerapkan konsep nomor dua (gunakanlah tas yang tak beroda). Hal tersebut akan memperingan beban tas yang kamu bawa.

5. Bijaklah dalam menggunakan teknologi
Mempelajari teknologi terkadang sangat perlu kamu lakoni. Hal tersebut akan mempermudahkanmu dalam melakukan sesuatu. Sebagai contoh smartphone yang kamu gunakan, sungguh sangat multifungsional; smartphone tersebut bisa kamu gunakan untuk membaca peta, novel, mendengarkan music dan masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan dengan smartphonemu. Ingat setiap barang yang kamu bawa mempunyai beban berat dan volume; apa jadinya jika kamu membawa novel, peta, mp3, kamera dan barang lainnya, sedangkan kamu sedang menggunakan konsep travel light.

6. Bawalah barang yang bisa multifungsional
Prioritaskanlah barang-barang yang bisa multifungsional. Hal tersebut akan sangat mendukungmu dalam menerapkan konsep travel light. Sebagai contoh, handuk yang juga bisa kamu gunakan sebagai selimut.

7. Bijaklah dalam membawa peralatan mandi
Walaupun kamu menerapkan konsep travel light, mandi tetap menjadi kebutuhan wajib. Karena, dalam hal ini kamu sedang berada dalam perjalanan, paling tidak kamu akan berkeringat. Dan mandi akan sangat perlu untuk menjaga penampilanmu. Kamu bisa membawa peralatan mandi yang multifungsional juga atau membawa peralatan mandi yang serba mini. Sekarang sudah banyak produk mandi yang bisa kamu gunakan untuk apapun. Sebagai contoh, sabun 3 in 1, kamu bisa menggunakan sabun tersebut untuk membersihkan badan, bisa sebagai facial foam, sampo bahkan kamu bisa gunakan untuk mencuci (jika perlu dan terdesak).

8. Jadikanlah dompetmu lebih tipis
Kamu tak membutuhkan kartu member perpustakaan, kartu gym ketika kamu sedang jalan-jalan/liburan, jadi keluarkanlah kartu-kartu tersebut dari dompetmu. Cukup membawa, atm/kartu kredit, kartu identitas, SIM, travel card (MRT card/ bus card), dan beberapa uang cash.

9. Bijaklah menggunakan kertas
Ketika kamu membawa dokumen kertas yang terlalu banyak maka itu juga akan memerlukan ruang yang lebih untuk kertas tersebut. Ketika kamu membawa printout tiket pesawatmu, maka kamu juga bisa menggunakan halaman dibelakangnya untuk photocopy kartu identitasmu/passport, dan masih banyak hal lainnya.

10. Bawalah sedikit barang

Rahasia nyata untuk menerapkan konsep travel light adalah melakukan suatu hal dengan sedikit tingkat kenyamanan untuk beberapa hari atau beberapa minggu. Mungkin kamu akan menggunakan pakaian yang sama dari-hari-ke-hari atau dari acara ke acara. Ingatlah, packing light adalah alasan karena proses perjalanan yang akan ditempuh bukan karena tujuan perjalanan yang dituju. Jika kamu sudah pernah menerapkan konsep travel light, pada saat perjalanan berikutnya, lihatlah seberapa banyak barang yang akan kamu tinggalkan untuk tidak dibawa. Pasti kamu akan terkejut, alangkah sedikitnya barang yang perlu dibawa.



Cerita perjalananmu tergantung dengan barang-barang apa saja yang kamu bawa.





Baca juga:

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting