6 Backpacking Checklist: Kapan dan Apa Saja Hal yang Butuh Dipersiapkan untuk Traveling?

Hallo wanKawan…
Bagaimana long weekend-mu minggu ini? Berkesan? Atau masih ada hal yang terlupakan?

Nah, bagi kamu yang masih sering banget lupa barang-barang apa aja yang harus dibawa!
Atau bagi kamu yang masih merencanakan liburan, dan juga masih bingung ni harus mulai dari mana dulu hal-hal yang perlu disiapkan?

Simak dulu yok 6 tips di bawah ini, serta perkiraan waktu yang tepat untuk kamu menyiapkan semua hal tersebut.



  1. 4 bulan atau lebih sebelum keberangkatan: merencanakan.
    Inilah langkah awal yang hampir dibutuhkan dalam segala aspek: perencanaan. Tanpa perencanaan yang benar, maka bisa dikatakan akan membuat travelingmu tak karuan arah. Lantas apa saja perlu direncanakan? Pertama, tentukanlah kemana tujuan traveling-mu; berapa lama kamu akan traveling?; apakah kamu traveling sendirian atau bersama teman yang lain?; perkirakan berapa budget yang kamu butuhkan untuk traveling, kemudian mulailah menabung (jika perlu). 
    Selama tahap ini mulailah survei dan mencari informasi mengenai perjalananmu; ikuti sebuah forum, group atau blog yang membahas tentang hal yang sejenis; ikutilah tips-tips-nya dan jika perlu lakukanlah tanya jawab.
  2. 2-3 bulan sebelum keberangkatan: mengatur jadwal.
    Mengatur jadwal dalam hal ini bukan hanya sebatas jadwal saat hari H. Tapi, kamu juga perlu mengatur jadwal untuk hal-hal yang perlu kamu persiapkan sebelum hari H dan saat hari H. Contohnya, mengatur jadwal cuti; tentukan kapan saat mem-booking tiket dan akomodasi yang lainnya; jika pergi keluar negeri, periksalah validasi passport-mu – pastikan passport-mu minimal masih valid untuk 6 bulan kedepan dari tanggal kamu kembali ke rumah; tentukan jadwal untuk checkup ke dokter (jika perlu).
  3. 1 bulan sebelum keberangkatan: mengakusisi hal-hal yang kamu butuhkan.
    Lakukanlah apa yang perlu kamu persiapkan. Contohnya, membeli barang-barang yang kamu butuhkan; lakukanlah checkup sesuai jadwal yang telah kamu atur; mulailah menyicil menukar ke mata uang negara yang ingin kamu kunjungi (jika kamu pergi ke luar negeri); mengajukan jadwal cuti (jika perlu), dan masih banyak hal lainnya sesuai hal-hal yang telah kamu atur.
  4. 2-3 minggu sebelum keberangkatan: menyiapkan semua hal yang kamu butuhkan.
    Kembali check and recheck barang-barang yang kamu butuhkan dan mulailah menyiapkannya. Sediakan satu tempat untuk menyisihkan barang-barang yang perlu kamu bawa dan kamu siapkan. Kemudian, tulislah barang-barang tersebut; buat list barang agar tak ada yang terlewatkan.Booking-lah akomodasi (penginapan/kendaraan) pada hari/malam pertama ditempat kamu berlibur.Photocopy-lah dokumenmu. Bawa serta photocopy tersebut bersamamu dan tinggalkan beberapa photocopy-nya kepada keluarga atau teman terdekatmu (contohnya, KTP, passport, dll).Beli atau download-lah beberapa music, buku atau film yang ingin kamu bawa selama perjalanan. Hal ini untuk jaga-jaga saat mengisi waktu luangmu ketika menunggu dalam perjalanan.
    Buatlah catatan nomor telpon, kontak, dan beberapa informasi penting yang menyangkut dengan tujuan perjalananmu. Contohnya, nomor polisi terdekat; nomor, dan kontak kedutaan dari negara asalmu; kontak rumah sakit, dll.
  5. 2-3 hari sebelum keberangkatan: menyelesaikan semua hal yang kamu butuhkan.
    Cobalah mulai untuk packing. Selesaikanlah semua hal yang kira-kira terlupakan, jangan sampai saat hari-H kamu masih menyiapkan hal-hal sepele.
    Mulailah menukar sebagian besar uangmu ke mata uang negara tujuan (jika kamu pergi ke luar negeri). Ini akan menjadi suatu hal yang sangat baik ketika kamu berada di Negara tujuan dan kamu telah memiliki mata uang Negara tersebut. Tidak semua negera mempunyai mesin ATM yang sama seperti yang kamu miliki. Lebih baik kamu menyiapkannya daripada nanti kamu harus mencari-cari tempat untuk menukarkan mata uang Negara tersebut.
    Pastikanlah jadwal keberangkatan dan akomodasimu jika perlu. Kemudian cek ulang list yang telah kamu buat.
  6. Hari keberangkatan: check and recheck.Charge penuh semua barang-barang elektronikmu (malam sebelum keberangkatan).Rencanakanlah berangkat ke bandara/stasiun/terminal lebih awal dari jadwal keberangkatan. Cek juga traffic rute menuju bandara/stasiun/terminal,  lihat laporan terbarunya. Jangan sampai kamu tidak memperkirakan waktu untuk jaga-jaga saat macet diperjalanan; bisa-bisa kamu ketinggalan kendraan yang akan kamu naiki.
    Kembali cek ulang lagi list yang telah kamu buat.
    Terakhir, nikmatilah perjalananmu, buatlah sesuatu kenangan yang berkesan bekal cerita nanti.

Nah, itu dia 6 cek list beserta perkiraan waktu yang perlu kamu siapkan saat pergi berlibur atau jalan-jalan biasa. Semoga bermanfaat wanKawan!!!

Jika ada hal yang perlu ditambahkan monggo dikomen atau japri ya…
Atau bagi kamu yang punya ide untuk berlibur bersama boleh kontak langsung ya…

Terakhir, selamat berlibur semua!!!


 Sumber: http://backpackeradvice.com/


Baca juga:

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting