10 Tips Backpacking Terbaik yang Wajib Kamu Ketahui

Traveling adalah suatu hal yang sangat menyenangkan dan banyak digemari oleh semua orang. Traveling identik dengan liburan, telah menjadi suatu kebutuhan di dalam masyarakat era sekarang ini. Oleh karena itu, agar traveling-mu semakin berkesan dan menjadi memori yang terindah serta tak terlupakan, maka kamu wajib menyimak sepuluh tips ini. Berikut sepuluh tips backpacking terbaik yang wajib kamu ketahui:

1. Katakan Ya dan Tak ‘kan Pernah Ada Penyesalan
Sekali lagi Kawan, traveling adalah suatu hal yang menyenangkan. Benar kan? Nah, aku sarankan jika kamu melakukan traveling ke suatu tempat, anggap saja traveling yang dilakukan adalah hanya untuk sekali itu saja. Benar-benar nikmati traveling yang sedang dilakukan tersebut, biar tak ada penyesalan. Jika kamu punya kesempatan untuk melakukan suatu hal, maka lakukanlah. Say YES! Katakan ya untuk mencoba suatu hal yang baru, selagi itu baik. Jika kamu katakan tidak, maka terkadang timbul penyesalan setelah itu. Ingat penyesalan selalu datang terlambat. If you don’t you may never know what you were missing out on!

2. Melakukan Sesuatu Lebih Baik daripada Hanya Melihat
Hal yang sangat disayangkan ketika traveling adalah ketika kita hanya melihat dari kejauhan. Tak melihat dari dekat dan tak mencoba/melakukan sesuatu di area tersebut. Yakinlah pengalaman traveling-mu akan semakin berkesan jika kamu melakukan sesuatu di sana, dibandingkan jika kamu hanya melihatnya saja. Contohnya, daripada kamu hanya melihat MONAS, pergilah ke atas dan rasakan sensasinya; daripada hanya melihat air terjun, cobalah berenang didekatnya (selagi air terjunnya aman untuk berenang, minimal main air). Daripada hanya duduk di taman, cobalah berkeliling menyusuri semuanya. Bungee Jumping, Skydiving, Jet Boating, Surfing, White Water Rafting, Zip Lining, Mountain Biking – selalu ada sesuatu yang baru untuk dicoba, dimanapun tempat yang kamu kunjungi.

3. Tetaplah Mengapresiasi
Dalam melakukan traveling atau liburan, jika kamu menginginkan sesuatu yang benar-benar berkesan. Cobalah tinggal lebih lama untuk mengapresiasi tempat tersebut. Hal ini akan benar-benar terasa jika kamu benar-benar menikmatinya dan melakukan banyak hal. Jika kamu mempunyai banyak waktu, cobalah untuk tinggal di sana paling sebentar dua malam. Dan rasakan perbedaannya.

4. Travel Light/Traveling dengan minim bawaan
Bagi yang sering mendengar istilah travel light, mungkin sedikit banyaknya telah kamu aplikasikan. Atau bagi kamu yang belum pernah mendengarnya; travel light adalah traveling dengan minim bawaan atau bisa dikatakan membawa barang-barang yang sangat penting saja dan diminimalisir. Hal ini akan sangat mempermudahkan kamu dalam traveling, dan tak pake ribet. Tapi ingat, jangan sampai barang-barang yang penting malah kamu tinggalkan ya!

5. Fotolah Detail-detail yang Kamu lihat
Ingatlah, ketika kamu mengunjungi suatu tempat jangan hanya foto pemandangan yang terlihat bagus saja. Cobalah foto nama jalan yang dilewati, petunjuk jalan, aneka makanan yang kamu makan, transportasi, hotel, dan yang paling penting adalah orang yang kamu temui. Foto-fotomu akan menjadi suatu rentetan cerita yang menarik dari perjalanan yang kamu lakukan.

6. Berfikirlah Sebelum Menghabiskan Banyak Uang
Hemat budget adalah suatu hal yang erat kaitannya dengan seorang backpacker. Menghemat uang akan sangat membantumu dalam menjalani traveling. Jika bisa menghemat, maka liburanmu bisa lebih lama dan juga bisa pergi kebanyak tempat. Oleh karena itu, berfikirlah dahulu sebelum kamu melakukan sesuatu dan menghambur-hamburkan banyak uang: “apakah aku benar-benar butuh membeli barang ini?”; “lebih baik aku membelanjakan uang ini atau untuk keperluan yang lainnya?”; dan masih banyak lagi.

7. Lakukanlah Percakapan
Cobalah melakukan suatu percakapan dan jalin pertemanan, ini tidak hanya berlaku bagi orang yang traveling sendirian. Berkomunikasi dengan orang yang kamu temui atau teman traveling-mu adalah salah satu jalan terbaik untuk meningkatkan mood-mu, ketika mood-mu sedang tidak baik. Cobalah memulai percakapan dengan say ‘Hello!’ dan lempar dengan pertanyaan ringan. Ingatlah setiap orang yang melakukan traveling pasti merasakan keadaan yang sama; setiap orang ingin bertemu dengan orang-orang baru, bersenang-senang dan selalu ingin berada dalam mood yang bagus. Percayadirilah, tampil dengan penuh semangat, dan lempar senyuman, yakinlah semua akan terasa menyenangkan.

8. Recanakanlah, tapi Jangan Terlalu Jauh
Perencanaan yang matang adalah salah satu kunci sukses dalam traveling yang akan kamu lakukan. Rencanakanlah satu hari, dua hari atau bahkan lebih dari sebelum keberangkatan, terutama dalam hal akomodasi. Selain bisa mendapatkan penawaran yang lebih murah, kamu juga masih bisa membandingkan dengan yang lainnya; misalnya transportasi dan penginapan. Tapi ingat, jangan merencanakan terlalu jauh, kamu tidak perlu mem-booking semua hal. Hal baiknya jika kamu tidak merencanakan terlalu jauh adalah kamu bisa bebas pergi kemanapun yang kamu inginkan; jika seseorang merekomendasikan suatu tempat yang belum pernah kamu dengar, kamu bisa pergi ke sana; jika kamu ingin tinggal lebih lama, kamu bisa. Jika kamu telah memesan semua hal, maka kamu tak bisa melakukannya, karena terbatas dengan waktu.

9. Jangan Lakukan yang Dilarang/Ambil Pencegahan
Jika kamu ingin perjalananmu lancar, maka pelajarilah sedikit tempat yang ingin dikunjungi. Pelajari keadaan cuacanya, peraturan yang berlaku, penyakit yang sedang mewabah atau hal-hal penting yang perlu diketahui. Apalagi jika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri. Dengan mengetahui sedikit hal tersebut, bisa meminimalisir kesalahan dan keadaan buruk yang tak di-inginkan. Ingatlah melakukan pencegahan lebih baik daripada memperbaiki keadaan yang salah.

10. Nikmati Perjalananmu
Hal yang paling penting dari rentetan tips di atas adalah ‘nikmatilah perjalananmu!’. Tetaplah merasa senang disetiap perjalananmu. Jika kamu tak menikmati perjalananmu, cobalah cari tahu apa yang melatarbelakangi hal tersebut; kemudian ubah rencana yang mengarahkan kamu agar tetap senang. Contohnya, jika kamu sedikit sulit/tak nyaman tidur di hostel; cobalah ambil kamar yang lebih private agar istirahatmu lebih nyaman. Tapi ingat menyeimbangkan antara menghemat uang dengan menjaga perasaan senangmu adalah kunci terpenting.  If you are not happy and enjoying traveling, you may as well go home.

Lakukanlah suatu hal yang baru disetiap perjalananmu agar menjadi memori yang tak terlupakan.


 Sumber: http://backpackeradvice.com/


Baca juga:

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting