16 Benda yang Kamu Butuh Bawa Saat Melakukan Trevellling (Perjalanan)

Hallo wanKawan penggila travelling...

Khususnya penganut ala-ala backpacker, aku benar-benar mengapresiasi untuk orang-orang yang selalu mengambil keputusan menjadi backpacker-an selama melakukan perjalanan. Tapi bukan berarti koper-an pun tak baik, karena setiap orang mempunyai stail masing-masing dalam melakukan perjalanan. Hanya saja bagi orang yang backpacker-an, pasti membutuhkan effort/usaha yang lebih. Yang terpenting adalah nikmati perjalananmu.

Nah, sebelum melancong jauh-jauh kamu perlu melakukan perencanaan yang matang. Apalagi kamu akan melakukan perjalan yang cukup jauh. Owh ya sebelum kita membahas terlalu jauh, perjalanan dalam artikel ini bisa dimaksudkan dalam rangka perjalanan liburan atau ada suatu kepentingan/urusan.

Jadi, apa saja sih benda-benda yang perlu kamu bawa untuk melakukan perjalanan, terutama perjalanan jauh?


Berdasarkan website backpackeradvice.com, sebenarnya kebutuhan terhadap benda-benda yang perlu kamu bawa merupakan suatu hal yang agak sulit untuk dijelaskan. Sekalipun dijelaskan, memerlukan detail pribadi yang lebih bagi yang ingin melakukan perjalanan. Hal ini dikarenakan, pribadi setiap orang berbeda-beda, baik kebiasaan ataupun kebutuhannya, dan itu juga membutuhkan benda-benda yang berbeda pula untuk dibawa.

Jadi, untuk menyederhanakan hal tersebut, berikut 16 benda yang kamu butuh bawa saat melakukan perjalanan:

1. Travel Universal Power Adaptor


Pada zaman yang canggih ini, travel universal power adaptor merupakan salah satu hal yang penting. Perangkat gadget dan kameramu perlu membutuhkan daya untuk mengoperasikannya, minimal untuk mengisi daya/charging. Nah, jika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri, setiap Negara mempunya standart dalam hal elektrikal-nya. Dengan membawa benda ini, yang dipastikan bisa berfungsi untuk setiap standart elektrikal disuatu Negara, minimal kamu telah aman dalam hal kebutuhan listrik.

2. Handuk
Dizaman yang canggih ini, cobalah mencari handuk yang bisa cepat kamu keringkan dan juga tak terlalu besar serta tak begitu berat. Handuk dengan spesifikasi tersebut akan sangat membantumu.

Sumber: http://backpackeradvice.com/
3. Gembok
Banyak fungsi dari gembok. Salah satunya adalah untuk keamanan tas yang kamu bawa. Selain itu, gembok ini juga bisa berfungsi untuk loker/lemari yang kamu gunakan saat berada di hostel/hotel. Bawalah lebih dari satu gembok saat berjaga-jaga. Lebih bagus lagi jika kamu membawa gembok dengan pengunci kombinasi nomor, bukan gembok dengan kunci. Karena ada kemungkinan hilangnya kunci gembok jika kamu menggunakan gembok jenis tersebut. Jadi ketika kamu kehilangan kunci gembok tersebut, akan menjadi ribetlah semuanya.


4. P3K
Setiap orang mempunyai riwayat penyakit yang berbeda-beda. Oleh karena itu bawalah obat-obatan yang kamu butuhkan sesuai riwayat penyakitmu. Pada dasarnya, P3K yang perlu kamu bawa adalah plaster, perban, antiseptic, krim obat luka bakar. Intinya kamu bisa melakukan pertolongan pertama saat terjadi sesuatu terhadap kamu; terluka, kecelakaan ataupun sejenisnya.

5. Memory Cards
WanKawan zaman sekarang ini, dalam melakukan perjalanan, sesi foto-foto menjadi hal yang wajib kamu lakukan. Minimal, kamu bisa mengabadikan momen-momen penting saat melakukan perjalanan. Menyediakan memory cards cadangan, adalah salah satu solusi ampuh untuk mengatasi penuhnya kapasitas memory yang kamu gunakan atau memory cards yang kamu gunakan bermasalah/rusak.

Sumber: http://backpackeradvice.com/
6. Tas Perlengkapan Mandi
Mengapa ini bisa menjadi hal yang penting? Mandi adalah salah satu kebutuhanmu agar tetap fresh dan wangi selama melakukan perjalanan. Tak perlu sering-sering mandi dalam perjalanan, tapi paling tidak ketika kamu mandi, totalitaslah dalam hal tersebut. Apalagi kamu mandi sehari sekali saat melakukan perjalanan. Oleh karena itu kamu juga membutuhkan tas perlengkapan mandi agar perlengkapan mandimu tidak tercecer dan mudah kamu bawa kemana-mana; sekalipun kamar mandinya jauh.



7. Senter
Ketika listrik padam atau ketika kamu sedang mencari sesuatu di dalam lokermu, dipastikan kamu membutuhkan senter. Apalagi jika kamu menginap di hostel yang berisi banyak orang. Ketika waktu tidur kamu tidak bisa menghidupkan lampu kamar, karena pasti akan mengganggu penghuni kamar yang sedang tidur. Jadi saat waktu tidur, kamu pun tetap bisa mencari sesuatu di dalam lokermu atau tasmu tanpa harus menghidupkan lampu kamar.

Sumber: http://backpackeradvice.com/
8. Penutup Kuping
Ini akan menjadi satu hal yang sangat penting bagi kamu yang susah tidur dalam keadaan yang bising. Atau kamu sedang membaca tetapi tak bisa membaca jika dalam keadaan bising. Bagi kamu seorang backpacker yang tidur dihostel, aku pastikan terkadang ada-ada saja suara yang dihasilkan oleh penghuni kamar atau jika tidak penghuni di luar kamar. Dengan menggunakan penutup kuping, kamu akan aman dari ancaman tersebut. J


9. Rainjacket
Sumber: http://backpackeradvice.com/
Jika bisa bawalah salah satu jaket antihujan saat kamu melakukan perjalanan keluar. Kita tidak bisa menebak cuaca diluar sana, jika sewaktu-waktu turun hujan maka jaket ini akan sangat membantumu. Terutama dalam mengamankan barang yang tak bisa terkena air dan menjaga penampilanmu tetap kering.

10. Travel Grooming Set
Sumber: http://backpackeradvice.com/
Hal ini juga perlu kamu bawa saat kamu melakukan perjalanan yang cukup lama. Karena alat pencukur atau sejenisnya akan sangat membantumu dalam hal menjaga penampilanmu agar tetap baik dan enak dilihat. Bawalah set alat cukur yang handy dan tak terlalu memakan tempat, menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

11. Buku catatan dan Bulpen
Penting? Bisa jadi ini sangat penting. Buku catatan ini bisa kamu gunakan untuk banyak hal. Terutama dalam mencatat hal-hal penting, atau ini juga bisa kamu gunakan sebagai media komunikasi dengan orang lain. Bawalah buku catatan yang tak terlalu besar beserta bulpennya. Minimal kamu membawa beberapa lembar kertas.

12. Krim/obat anti serangga
Jika kamu pergi ke daerah tropikal, bawalah krim atau obat anti serangga. Terutama pada tempat yang mempunyai endemi malaria. Lebih baik mencegah dari pada mengobati Kawan.

Nah ini, beberapa hal yang tidak terlalu wajib kamu bawa tapi akan sangat berguna jika kamu membawanya:

13. Jam Tangan
Sebenarnya kamu bisa mengetahui waktu dengan beberpa alternative; bisa dengan melihat di HP-mu; atau bisa bertanya dengan orang; bisa menggunakan jam matahari. Tapi jika kamu menggunakan jam tangan, kamu bisa mengetahui waktu/jam dengan cepat dan simpel.

Sumber: http://backpackeradvice.com/
14. Kabel Ekstensi USB
Kabel ektensi USB ini dimaksudkan, kabel sambung USB agar bisa tambah panjang. Ini akan sangat berfungsi jika stop kontakmu berada agak sedikit jauh dari jangkauan dengan memperpanjang kabel USB ini, kamu bisa dengan leluasa menggunakan gadgetmu saat mengisi daya/charging.



15. Sleeping Bag/Kain Selimut
Ini akan sangat membantumu jika kamu tak bisa tahan dengan keadaan dingin. Ini jaga-jaga jika kamu tidak mendapatkan hostel sehingga kamu perlu tidur ditempat umum atau Kasur di hostelmu tidak dalam keadaan layak. Maka gunakanlah sleeping bag-mu sebagai alas atau bisa juga sebagai selimut. Begitupun perlakuannya untuk kain selimut.
Nah, kamu orang Indonesia asli, kamu bisa membawa kain tenun blanket. Kelebihannya: pertama bidangnya lumayan lebar, kedua bahannya lumayan tebal, ketiga motifnya unik dan mencerminkan Indonesia banget, keempat kamu bisa sekalian mempromosikan kain khas Indonesia.

Sumber: http://backpackeradvice.com/
16. Packing Cubes
Sebenarnya ini antara penting dan ga penting juga sih. Ini akan sangat membantumu jika kamu orangnya rapi dan teratur. Karena dengan menggunakan packing cubes ini kamu bisa dengan mudah mensortir dan memilih barang-barang yang kamu bawa sesuai sengan cubesnya. Jika kamu mempunyai packing cubes dengan warna yang sama semua, maka berilah label untup mempermudah kamu.

Nah, bagaimana wanKawan, sudah siap melakukan perjalanan belum?

Bagi kamu yang sedang berencana melakukan perjalanan, segera ceklist ulang benda-benda yang kamu butuhkan ya…

Selamat melakukan perjalanan Kawan!!!
Enjoy it!!!


Masalah merupakan milik orang yang belum mengerti. Bagi orang yang sudah mengerti, tak ada namanya masalah. Contohnya, 1+1=2; bukan masalah bagi orang yang sudah mengerti kan?; tapi masalah bagi orang yang belum mengerti.



 Sumber: http://backpackeradvice.com/


Baca juga:

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan