Cara Mengobati Penyakit Malas dan Bosan

Beberapa hari ini penyakit bosanku kembali kumat kawan. Maklumlah bekerja dengan diri sendiri terkadang tak begitu mudah. Apalagi menyandang status sebagai penulis freelance. Kerja semaunya, seenak jidatnya aja! Sudah bikin jadwal, time schedule dan sejenisnya, eh… cobaan terbesar terkadang datang dengan tetiba. Ya, melawan diri sendiri itu terkadang tak mudah wanKawan. Ketika penyakit malas dan bosan melanda. Aduh… mama sayange… apalah daya, busyet dah… #speechless. Terkadang kerjaan cuma ngeluh mulu, dan imbasnya produktifitas menurun. So what? What the hell is going on!!!


Tapi, dibalik itu semua, seorang penulis kreatif akan menjadikan ini sebagai suatu hal yang positif dan bermanfaat. Itulah enaknya jadi seorang penulis. Ketika penyakit malas dan bosan melanda, hal semacam inipun bisa dijadikan ide tulisan. Apapun yang kamu rasa dan kamu alami, bisa kamu tuangkan ke dalam tulisan. Setelah itu, tinggal bagaimana caranya memoles tulisan tersebut menjadi suatu yang kreatif dan bermanfaat #hehehe. Nah, kali ini sembari sedang malas dan bosan, aku mau sharing ke kamu, perihal bagaimana cara mengatasi penayakit malas dan bosan tersebut:

1. Dengerin musik
Siapa sih yang tak tahu soal musik? Zaman sekarang ini, musik telah mendarah daging hampir disetiap orang. Setiap orang pasti mempunyai genre musik yang mereka sukai dan pastinya sering mereka dengarkan. Genre music di-era sekarang pun sudah sangat beragam. Ya, kamu tinggal pilih Kawan! Musik bisa menjadi salah satu obat penawar rasa bosan dan malas tersebut, apalagi mendengarkan musik yang disukai sesuai dengan mood yang sedang dirasakan. Pasti setuju dong! Nah, salah satu hal inilah yang paling sering aku lakukan jiakalau penyakit ini melanda.

2. Nonton film
Sumber: Pinterest (Awebic)
Yuhu… bagi penggila film, menonton film yang disukai adalah suatu hal yang terbaik sebagai penawar rasa malas dan bosan. Apalagi, jika film yang ditonton sangat inspiratif dan juga bisa membangun semangat atau memulihkan semangat yang sedang kendor. Sama halnya dengan musik, film pun juga memiliki banyak genre yang bisa kamu pilih sesuai dengan mood.

3. Jalan-jalan/liburan/hangout
Salah satu cara mengatasi penyakit malas dan bosan bagi tipikal orang yang tidak bisa diam adalah jalan-jalan. Bagi orang yang aktif/tidak bisa diam, duduk diam adalah suatu penjara atau neraka bagi mereka. Tapi tak begitu juga, karena sekarang jalan-jalan/liburan/hangout merupakan suatu kebutuhan untuk memulihkan penyakit tersebut. Dengan jalan-jalan, pikiran kita akan kembali segar dan bisa kembali bersemangat. Tapi ingat, ketika jalan-jalan, jangan terlalu menguras tenaga, sisakan lah sedikit untuk kegiatan/pekerjaan setelah jalan-jalan tersebut, agar produktifitasmu tetap terjaga.

4. Chat gila sama teman
Bagi penggiat sosial media, hari-harinya pasti takkan jauh dari yang namanya chating. Sudah banyak sosial media yang bisa dengan mudah kamu jangkau. Kamu bisa mencoba chating ngawur atau chating gila yang tak jelas dengan temanmu. Bahasannya pun bebas kamu pilih, selagi itu tidak membahas hal yang bisa membuat mood-mu rusak atau turun lagi.

5. Ngerjain temen
Sumber: www.id.finspi.com
Buat kamu yang jahil, pasti ini merukapan kerjaan rutin yang sering kamu lakukan terhadap korban/temanmu sendiri. Berdalihkan bosan atau lagi malas dengan situasi tersebut: ngerjain temen adalah suatu hal yang mengasikkan. Terkadang, bagi mereka hal tersebut memiliki sensasi tersendiri. Sensasi yang bisa membuat mereka tertawa dan tentunya bisa menepis penyakit tersebut.

6. Nyosmed
Mirip-mirip dengan poin ke-4, nyosmed (menggunakan sosial media) bisa menjadi sasaran empuk bagi orang yang sedang bosan dan malas. Zaman sekarang ini, siapa sih yang tak kenal dengan sosial media. Dan saya yakin, sebagian besar manusia di bumi ini pasti mengenal dan mempunyai akun Facebook, dan itu merupakan salah satu jenis sosial media yang bisa digunakan. Melalui sosial media ini kamu bisa melakukan banyak hal, mulai dari ngeluh, marah, ngedumel, stalking-in orang, pamer-pamer, sombong, dengki, iri-irian #hahaha. Kayaknya jelek semua ya yang disebutin. Walaupun begitu, tapi itulah realita hidup sekarang yang tak bisa kita pungkiri. Memang ada banyak juga orang yang memanfaatkan sosial media untuk hal yang positif, dan aku harapkan kita menjadi salah satunya. Saranku sih, bijaklah menggunakan sosial media tersebut.

7. Menggambar/mewarnai
Made by tetheamo
Belakangan ini lagi marak yang namanya mewarnai dengan alasan mengusir rasa bosan. Ya, hal ini patut kamu coba lakukan untuk menghilangkan penyakit tersebut. Kamu bisa menggambar sesuka hatimu; meluapkan apa isi hatimu dengan gambar yang kamu buat, terlepas dari bagus atau tidaknya gambar yang kamu hasilkan. Menggambarlah apa yang kamu rasa. Atau bagi kamu yang sama sekali tidak bisa menggambar, kamu bisa mewarnai gambar. Gambar untuk bahan mewarnai bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber, bahkan sekarang pun ada banyak buku berisi gambar yang siap kamu warnai. Nah, misal kamu kepengen gambar yang Indonesia banget, kamu bisa coba gambar motif batik yang kamu sukai. Kamu bisa contoh motifnya dari berbagai sumber. J


8. Guling-guling tidur

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan dikala penyakit ini melanda adalah guling-guling tidur. Yah, menurutku, this is the real name of lazy #hahahaha. Senjata terkahir ini patut kamu lakukan, dari pada kamu melakukan hal yang negatif. Guling-guling tidur tak selamanya bermakna suatu hal yang mencerminkan kemalasan. Ingat… tubuh kita juga butuh istirahat, otak pun begitu, jadi mungkin salah satu penyebab kamu bosan atau malas adalah kondisi tubuhmu yang sedang letih. Kamu perlu istirahat, guling-guling tidur. Siapa tahu, setelah kamu melakukan hal tersebut, mood-mu bisa kembali normal dan badanmu kembali segar.

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika peyakit itu datang. Ya, terkadang setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengatasinya. Tapi. delapan hal di atas, bisa kamu coba lakukan ketika penyakit malas dan bosan sedang melanda. Ya delapan hal di atas adalah hal umum yang paling sering orang-orang lakukan di-era sekarang ini.

Next era aku tak tahu bagaimana cara manusia di bumi ini mengatasi penyakit tersebut. Siapa tahu, di-era berikutnya lagi marak orang psikopat, jadi ketika dia sedang bosan, maka… yang terjadi maka terjadilah. Atau mungkin sedang hitsnya transmigrasi ke Planet Mars: ketika bosan atau malas melanda, yang dilakuakan adalah nge-Mars (pergi ke Planet Mars) aja wanKawan! #hahaha

Last…
Just do it what you want to do, Kawan!

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan