Surat Cinta dari Google Adsense: Cara Ampuh Mendaftar Blog ke Google Adsense

Semangat 2017 wanKawan…

Aku dapat surat cinta dari Google Adsense ni, tepatnya akhir tahun 2016, dan lebih tepatnya lagi lima hari setelah pengajuan Google Adsense untuk blog yang kukelola sekarang ini.

Baiklah sesuai dengan kalimat pembuka di atas, aku akan sedikit bercerita mengenai apa isi dari surat cinta tersebut. Penasaran?

Damn! Aku ditolak Kawan…

Luar biasa… tapi aku bangga mendapatkan email tersebut karena artinya Google sayang denganku: Google memberikan aku kesempatan untuk terus menekuni dan belajar dunia blog lebih dalam lagi. Nah, pada artikel ini aku akan berbagi pengalaman/sharing dari yang aku dapat ini. Ini dia screenshot email dari Google Adsense yang tepatnya dikirim pada tangga 23 Desember 2016, pukul 9.19 PM.

Screenshot 1



Screenshot 2

Nah, berdasarkan isi email di atas, sebenarnya intinya tak terlalu banyak sih. Dan itu memang aku sadari setelah membaca email tersebut; aku juga tak mengetahui perihal adanya aturan dan persyaratan mengenai jenis isi (content) blog yang harus dimuat sebelum pengajuan ke Google Adsense. Jadi intinya begini:
  • Sebelum pengajuan ke Google Adsense, pastikan bahwa setiap postinganmu berada pada karya tulisan yang seimbang antara gambar dan tulisan yang kamu buat.

Jangan sampai kamu hanya memposting gambar saja tanpa ada kalimat di dalamnya; buatlah penjelasan, paling sedikit 2-3 paragraf agar terlihat bahwa itu adalah sebuah tulisan. Karena memang blog merupakan media untuk menulis bukan untuk berbagi gambar atau yang lainnya.

Baiklah, aku akan coba mengevaluasi dari pernyataan awal yang telah dikirimkan oleh Google Adsense ini:
  1. Harus mencari banyak referensi dan membaca mengenai pesyaratan untuk mendaftar Google Adsense. Dan memang aku akui, sebelumnya hanya sedikit referensi yang aku baca mengenai syarat untuk mendaftar Google Adsense sebelum pengajuannya.
  2. Topik mengenai Picture of Film (PoF) dalam menu Review yang aku buat seharusnya juga berisi kalimat/paragraph di dalamnya. Baiklah selanjutnya, aku akan membuat sedikit tulisan mengenai Topik Review Film ini.
  3. Satu bulan sebelum pengajuan, buatlah postingan yang berbobot, jangan hanya gambar saja. Karena menurutku, sebenarnya ada banyak postingan yang aku buat hanya berisi tulisan saja, jauh sebelum pengajuan. Tapi mungkin, Google Adsense hanya mereview postingan terakhir yang aku buat. Sialnya, itu bertepatan ketika aku launching topik PoF tersebut: postingan yang hanya berisi gambar (picture) saja.

 Sebenarnya, ini juga bermasalah pada waktu pengajuan yang tepat saat ingin mendafatarkan blog ke Google Adsense. Sesuai yang pada poin ketiga yang disarankan Google Adsense untuk resolve the issue (pada screenshot kedua):
  • Keadaan tampilan blog harus berada pada keadaan yang benar-benar matang. Maksudnya, 1-2 bulan sebelum pengajuan pastikan kamu tidak ada merevisi tampilan/template blogmu. Pastikan tampilan blogmu berada pada kondisi settle/consist.


Evaluasi:
  • Salah satu kesalahan fatal yang aku lakukan adalah melakukan penambahan menu/topik baru sebelum pengajuan ke Google Adsense. Dan memang aku sadari beberapa minggu sebelum pengajuan, aku melakukan perombakan menu besar-besaran dari tampilan jadulku sebelumnya. Dan itu adalah sebuah kesalahan…

 Sebenarnya ada enam saran yang dikirimkan Google Adsense untuk memperbaiki kesalahan yang aku lakukan sebelum pengajuan. Tapi, maaf ya wanKawan, tak aku bahas semuanya. Supaya lebih jelasnya kamu bisa baca sendiri ya pada screenshot email di atas.

Berdasarkan sedikit penjelasan dan evaluasi yang aku tuliskan di atas, semoga wanKawan ikut belajar dan tidak melakukan hal yang sama seperti yang aku lakukan ya.

Oh ya, sebagai penutup, ada sedikit tambahan ilmu, atau mungkin juga alarm untuk kita mengenai: cara jitu diterima Google Adsense (full approve) terbaru 2017 (Update), berdasarkan sumber dari, http://www.forumblogindo.com/2015/05/Cara-Mudah-Diterima-Google-Adsence-Full-Approve-Terbaru-2015.html:
  1. Umur blog minimal 6 bulan (ada yang berpendapat berbeda tentang ini)
  2. Banyak posting/artikel minimal 60 artikel
  3. Kualitas konten isi artikel harus original/asli tanpa copy paste
  4.  Blog berkualitas dari segi apapun (kecepatan loading, SEO dll)
  5. Bersifat edukatif dan informative
  6. Tidak menggunakan iklan yang benuasna pornografi
  7. Template/tampilan blog yang sederhana, minimalis dan menarik untuk iklan Google
  8. Blog harus user friendly dan mudah digunakan pembaca
  9. Jangan menanutkan blog/web pada produk palsu, Google tidak mau menyisipkan iklan di blog yang berbau promosi indikasi barang palsu
  10. Google Adsence membatasi iklan di web/blog yang berbau perjudian online maupun offline, kecuali situs blog game, perlombaan yang bertujuan untuk hoby dan kesenangan.

Oh ya, sebelum mengakihiri, ada satu poin tambahan lagi: katanya Google akan senang jika di dalam suatu blog membahas atau mengupas mengenai produk-produk Google atau review mengenai Google. Dan katanya itu akan menjadi pertimbangan dan nilai plus bagi Google saat melakukan review ketika kita melakukan pengajuan Google Adsense untuk blog.

Nah oleh karena itu, berdasarkan pernyataan di atas, beberapa artikel ke depan, aku akan sedikit mengupas mengenai produk Google.

Dan alasannya… kalian tahu itu… #hehehe


Tapi, tetap balik ke tujuan utama dari blog ini: berbagi informasi atau bahasa kampungnya ‘sharing’.
Penasaran? Tunggu saja ya.

That’s all wanKawan, semoga bermanfaat ya!

Good Luck!
Keep Bloging!
Being Smart!


Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting