Lima Alasan Menggunakan Bloger sebagai Media untuk Nge-blog

Hallo wanKawan…

Tahu Google? Jelas tahu dong…
Kalo ga tau, tjoepoeh ah…


Bloger adalah salah satu produk Google yang sangat terkenal di dalam dunia bloging. Produk Google dengan domain .blogspot ini sangatlah familiar dan banyak digunakan.

Lantas, mengapa Bloger ini sangat banyak digunakan? Simak alasannya di sini…



Sumber: https://www.google.com/intl/en/about/products/
Tapi, sebelum kita bercerita lebih jauh mengenai produk Google ini, aku akan sedikit menegaskan tentang perbedaan Bloger yang berarti produk Google, dengan bloger (menggunakan huruf miring) yang berarti orang yang melakukan akitivitas nge-blog (berasal dari Bahasa Inggris).

Jadi, jangan sampai salah maksud ya Kawan…

OK, lanjut…

1. Bloger merupakan produk Google

Lantas, memang kenapa jika Bloger merupakan produk Google? Apa istimewanya?

Ayolah Kawan, kita harus menyadari dan mengakui bahwa Google itu adalah salah satu perusahaan terbesar dan terhebat di dunia ini. Tak bisa kita pungkiri! Produk Google dewasa ini pun sudah semakin banyak dan beragam. Jelasnya, Google juga telah menyinkronkan (synchronize) antar produknya agar mudah digunakan bagi usernya.

Perlu diketahui juga bahwa, statistik jumlah pengguna mesin pencarian Google pada tahun 2016 mencapai 2,9milyar setiap harinya. Luar biasa bukan! Inilah mesin pencarian raksasa dan terbesar diera sekarang.

Sumber: https://hostingfacts.com/internet-facts-stats-2016/
Selain itu, kita juga hanya cukup mempunyai satu akun saja untuk bisa menggunakan berbagai produk Google yang telah saling tersinkronkan tersebut. Contohnya, berawal dari akun gmail, kita telah bisa menggunakan Google Chrome sebagai browser yang user-nya bisa kita atur sedemikain rupa; Kita juga bisa menggunakan email; mempunyai chanel youtube; menyimpan file ke dalam cloud melalui Google Drive; bisa membuat banyak blog dengan domain .blogspot; bisa dengan mudah mendaftar di Google Adsense dan tentunya masih banyak lagi produk Google yang bisa kita gunakan.

Jadi kesimpulannya, dengan menggunakan Bloger yang domainnya .blospot sebagai media nge-blog, maka secara tidak langsung, kita dapat melakukan banyak hal tanpa harus ribet login ketika harus menggunakan fitur pendukung untuk nge-blog. Misalnya, ketika kita ingin attach file yang akan kita publish/share di dalam posting-an blog yang kita buat, maka kita bisa gunakan Google Drive tanpa harus ribet login dan menggunakan aplikasi lain. Begitu juga saat menggunakan Youtube dan Adsense. Menarik dan mudah bukan…

2. Simpel dan mudah digunakan


Produk Google ini memang sangat simpel dan mudah digunakan. Selain itu tampilan editing sebagai admin juga sangat user friendly dan mudah dimengerti oleh seorang pemula sekali pun. Makanya, tak jarang para bloger pemula lebih banyak memilih menggunakan domain .blogspot sebagai medianya.

Asiknya lagi, Bloger juga memiliki fitur yang bisa membuat banyak blog hanya dengan satu akun saja. Menarik bukan…

Sekarang, Aku pun memiliki tiga buah blog.
Terus apa fungsinya mempunyai tiga buah blog sekaligus?
Eits, tunggu dulu Kawan, tidak semua blog yang kupunya merupakan blog aktif. Penggunaan blog disesuaikan dengan kebutuhan ya. Aku mempunyai, Satu blog aktif yaitu blog ini sebagai mediaku untuk nge-blog; kemudian blog yang kedua merupakan blog statis sebagai media protofolioku; blog ketiga atau blog terakhir aku gunakan untuk media bisnis. Dan ketiga blog tersebut dapat dengan mudah aku kelola hanya dengan satu akun saja. Sangat simpel dan mudah kan …

3. Penggunanya banyak dan sudah sangat terkenal

Salah satu domain gratis untuk nge-blog adalah Bloger. Pada ranah per-blog-an, pengguna Bloger tak sedikit dan lumayan banyak dibandingkan domain gratis lainnya. Berdasarkan perhitungan statistik dari Liga Bloger Indonesia, jumlah Pengguna Bloger pada tahun 2016: Bloger berada pada urutan kedua setelah domain berbayar dotcom(.com). Let`s see…

Sumber: https://ligabloggerindonesia.blogspot.co.id/2016/01/statistik-pengguna-platform-di-liga.html

Selain itu bedasarkan statistik di US pada artikel yang bersumber dari http://www.socialmediatoday.com/content/blogconomy-blogging-stats-infographic mengatakan bahwa situs bloging terkemukan di US adalah Bloger, dengan statistik jumlah pengunjung Bloger lebih dari 46juta/bulan. Waw lumayan banyak juga ya!

Sumber: http://www.socialmediatoday.com/content/blogconomy-blogging-stats-infographic

4. Sudah ada aplikasi untuk smartphone


Zaman sekarang, rata-rata setiap orang memiliki smartphone. Mengapa tidak! Produk yang berjudulkan smartphone ini sudah banyak dijual dengan harga murah, mulai dari merek biasa-biasa saja hingga merek yang luar biasa (terkenal). Makanya tak heran jika sekarang smartphone sudah merambah ke semua kalangan.

Nah, jika kamu menggunakan/memiliki smartphone, sebagai seorang bloger yang menggunakan Bloger untuk nge-blog, maka wajib hukumnya kamu juga mempunyai Aplikasi ‘Bloger’. Ya, Google telah membuat aplikasi bloging yang bernama ‘Bloger’, satu nama dengan website-nya. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui Playstore secara gratis. Penggunaannya pun sangat mudah dan simpel.

Aplikasi bloger ini memiliki tampilan yang sangat sederhana dan simpel, dan sangat cocok buat para bloger yang mempunyai mobilitas tinggi. Kamu bisa nge-blog hanya dengan menggunakan smartphone-mu.

5.  Bloger telah melahirkan orang-orang yang keren
Sumber: www.radityadika.com
Seorang bloger di zaman sekarang ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Telah banyak bloger yang berhasil dan meraup penghasilan hanya dari profesi sebagai seorang bloger. Salah satunya adalah Bang Raditya Dika. Siapa sangka blog yang dia kelola sebelumnya, berawal dari menggunakan Bloger atau domain gratisan .blogspot. Sekarang dia telah menjadi seorang public figure yang ternama di Indonesia. Dan bahkan, abang satu ini telah menjadi seorang produser kece setelah berhasil menerbitkan banyak buku yang berawal dari blog yang dia kelola.

Melirik ke blog tetangga, ada blog Bang Bena dengan alamat www.benablog.com. Blog Bang Bena ini juga berawal dari blog gratisan dan sekarang sudah tumbuh besar, gede, gede banget dan jadi salah satu blog keren yang pernah aku kunjungi. Nah, bagi kamu yang telah kenal lama atau mengikuti debutnya blog abang ini mungkin sedikit banyaknya kamu telah tahu mengenai kisahnya. Bagi yang belum tahu bisa baca di
Blog Bang Bena ini pun sedikit banyaknya terinspirasi dari Bang Radit.

Sebenarnya masih banyak lagi orang-orang keren atau bloger keren lainnya yang belum aku sebutkan. Mungkin bisa kamu cari tahu sendiri di Google ya wanKawan atau mungkin kamu adalah salah satunya.

Nah kesimpulannya, Jika kamu menggunakan Bloger sebagai media nge-blog berarti bisa dikatakan kamu adalah bloger keren. #hehehe #maksabanget

That’s all wanKawan… Semoga bermanfaat ya!

Have a nice day!


Baca juga:

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan