5 Hal Asik yang Bisa Kamu Lakukan di Kawasan Wisata Air Terjun Blitar, Provinsi Bengkulu

Hallo wanKawan Penggila Traveling… SEMANGAT TAK KENAL LELAH YA!

Kawan, sudah kenal dengan Provinsi Bengkulu belum? Provinsi Bengkulu merupakan salah satu Provinsi di bagian selatan dan baratnya Sumatera, yang tepatnya bersebelahan dengan Provinsi Sumatera Selatan. Jadi bisa dikatakan, mereka ini tetanggaan gitu, tetangga yang selalu akur.

Nah, bagi kamu yang tinggal di daerah perbatasan Sumatera Selatan, tepatnya Sumatera Selatan bagian barat, pasti akan lebih memilih wisata ke Bengkulu daripada ke Palembang. Mengapa demikian? Ya, karena jarak ke Bengkulu lebih dekat daripada ke Palembang. Coba deh buka maps, biar lebih jelas gitu. #hihihi

Salah satu daerah Bengkulu yang mempunyai wisata asik adalah Blitar. Blitar yang berada di daerah pegunungan ini mempunyai Objek Wisata yang LUAR BIASA KEREN!!! Salah satunya adalah Air Terjun Blitar; Kawasan Air Terjun Blitar ini mempunyai Sembilan Air Terjun yang sekali lagi aku katakan LUAR BIASA CAKEP.


Kawasan Air Terjun Blitar ini sangat cocok buat kamu yang ingin berlibur bersama keluarga, ataupun bersama teman, kerabat, dan pastinya bersama pasangan. Tempat ini juga bisa dikatakan tempat romantis, karena pemandangan dari atas air terjunnya juga lumayan apik.
Tulisan di gardu masuk
Jika kamu ingin berwisata ke Kawasan Air Terjun Blitar ini, paling enak menggunakan motor, karena track menuju kawasan ini lumayan terjal. Ya, turun naik tebing gitu. Jalan menuju kawasan ini pun belum sepenuhnya tersentuh oleh aspal; jalannya masih menggunakan semen biasa. Sekali pun kamu ingin menggunakan mobil, pastikan mobilmu benar-benar dalam keadaan sehat dan aku sarankan sih, menggunakan mobil offroad sekalian, biar lebih greget gitu.
Jalan menuju kawasan
Walaupun demikian, ketika nanti kamu tiba di kawasan ini, semua akan terbayar dengan pesona keindahannya. Kamu akan lupa sesaat mengenai proses perjalanan menuju kawasan ini. Nah, biar tak begitu penasaran, apa saja sih yang bisa dilakukan di Kawasan yang Katanya super duper keren ini. Yok simak:

1. Camping
Gerbang Kawasan Wisata Air Terjun Blitar
Waw, di kawasan ini kamu juga bisa camping (kemah) loh!!! Kawasan Air Terjun Blitar ini telah menyiapkan lahan yang cukup luas buat kamu yang ingin berkemah di sini. Lokasi kemahnya tepat ketika kamu memasuki kawasan ini.

Sunrise yang kesiangan
Apa sih asiknya berkemah di sini? Jelas asik dong. Karena di sini kamu bisa melakukan apa saja tanpa harus terburu-buru, apalagi suasana malamnya. Beh… dingin sangat Kawan! Tapi jangan khawatir, karena inilah yang dicari! Ketika keadaan begitu dingin, kamu bisa mencari kehangatan, salah satunya membuat api unggun, minum atau makan yang hangat-hangat sambil semakin mengakrabkan diri dengan teman-teman.  Asik bukan…


2. Menikmati 9 Air Terjun

Track menuju salah satu air terjun
Sekali lagi aku katakan WAW!

Kata bapak pengelolanya, ada Sembilan Air Terjun dalam Kawasan ini. Hummmm, asik ga tuh!!! Tapi sayangnya, ketika ke sana kami hanya bisa dapat melihat lima air terjun yang super duper awesome, amazing, wonderfull dan apalah itu.


Lokasi air terjunnya pun berdekatan, tetapi memiliki track yang berbeda. Dan track menuju ke air terjun pun juga butuh perjuangan. Jadi, kamu harus benar-benar menyiapkan fisik untuk menuju ke beberapa lokasi air terjun ini. Satu lagi, jangan sampai salah kostum ya, apalagi salah alas kaki yang kamu gunakan. Aku sarankan, gunakanlah alas kaki khusus untuk track, ya minimal sandal jepit tak apalah! #hehehe. Biar ga penasaran, ini dia lima air terjun yang berhasil kami kunjungi. Nah yang empat lagi mungkin menyusul nanti.




Nah, sebelah ono ada satu air terjun lagi.
Tapi rada susah untuk melihat secara dekat

3. Mandi di Sumber Mata Air Panas

Tak jauh dari tempat camping, tepatnya bersebelahan dengan kebun-kebun pengelola wisata di sana, ada sebuah sumber mata air panas. Nah, seperti yang aku katakan pada poin satu, ketika malam tiba dan kamu ingin mencari kehangatan, maka ceburkanlah tubuhmu ke sumber mata air alami ini. Dan pastinya kamu akan merasakan nikmatnya kehangatan di sini. #hihihi

Ya, sumber mata air panas yang alami ini bisa kamu nikmati kapanpun. Available, kapan pun kamu mau. Sekalipun kamu ingin mandi saat tengah malah atau subuh-subuh pun, ya silahkan. Selagi belum ada larangan #hehehe. Nah, sumber mata air panas ini merupakan sumber mata air yang terus mengalir, jadi kamu tak perlu khawatir soal sirkulasi airnya ya.

Tempat santai di sumber mata air panas
4. Santai dengan View Kebun di Pondok
Owh ya, di kawasan inipun menyediakan beberapa pondok buat kamu bersantai. Pondok ini bisa kamu gunakan pada malam dan siang hari; kapan pun kamu mau, selagi belum ada orang lain yang gunain sih J. Kerennya lagi, disetiap pondok ada colokan (terminal) listriknya loh!!! Jadi kamu tak perlu khawatir kehabisan baterai di sini. Dan, perlu kamu ketahui bahwa listrik di sini menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Air yang dibuat sendiri oleh pengelolanya. Cukup mandiri bukan!!!

Nah, pondok inipun merupakan salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola kawasan wisata ini. Satu hal keren tambahan lagi buat kawasan ini, yaitu semua fasilitas kawasan ini dibuat sendiri oleh pengelola kawasan tersebut tanpa campur tangan pemerintah setempat, termasuk juga akses jalan menuju ke sini. Kawasan wisata mandiri namanya Kawan! Mandiri = Mandi Sendiri #hehehe


5. Foto-foto Asik
Hal terakhir yang tak perlu aku jelaskan adalah foto-foto. Dan pastinya, ini merupakan hal yang spontan yang wajib kamu lakukan di sini. Ya, itu merupakan modal dokumentasi hidup bekal cerita kamu nantinya. Ini dia foto-foto kece yang berhasil ditangkap oleh kamera HP yang dak seberapo ini…




Ngobrol santai bareng pegelola wisata saat malam hari @pondok.

Jalan menuju air terjun lubuk tiga

Jalan menuju air terjun lubuk tiga dan sumber mata air panas

Owh ya sebelum aku menutup cerita keseruan di Kawasan Wisata Air Terjun Blitar ini. Untuk retribusi masuk saat itu (update minggu pertama Desember 2016) belum ditentukan. Jadi, ketika kami camping saat itu, cukup membayar 50K IDR, dan itu sudah termasuk semuanya. Retribusi tersebut seikhlasnya saja karena dari pihak pengelola belum mematok harga. Saat itu, kami bertiga menggunakan dua motor dan camping satu malam di sana. Cukup murah bukan!!! Bahkan saking baiknya pengelola wisata di sana, saat malam hari, kami ditawarkan minuman dll. Tapi, kami menolak karena memang sudah membawa bekal.

Bagaimana wanKawan… Asik bukan!!!

Bagi yang sudah pernah ke sana, yok bagikan (sharing) infonya supaya wisatanya tambah ramai dan terkenal. Karena dari pengelola wisata pun mengatakan bahwa masih membutuhkan media promosi untuk wisata keren ini. Dan, ya hitung-hitung ikut membantu menumbuhkan perekonomian di kawasan tersebut.

Nah, bagi yang belum… Ayo ke kawasan ini!!! Terus habis itu, jangan lupa ceritakan dan bagikan pengalamanmu selama di sana ya...

Last, massive thank you untuk Bapak Dimas dan Bapak Novi yang telah mau berlibur ke sana. Bro, itu benar-benar amanzing… Pengalaman dan bekal cerita nantinya.

See you on the next trip wanKawan…


Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan