CELAKA! JANGAN KELUAR DARI ZONA NYAMANMU!

Jika kamu ingin berkembang menjadi lebih baik maka keluarlah dari zona nyamanmu!

Sebenarnya, tidak ada yang salah dari pernyataan di atas. Tapi, sebelum kamu mengambil keputusan, alangkah baiknya kamu benar-benar memikirkannya terlebih dahulu. Apalagi jika sekarang kamu sedang bekerja, baik itu pada perusahaanmu sendiri atau masih di bawah perusahaan orang lain.

Langkah yang perlu kamu lakukan adalah, definisikanlah dirimu, bahwa kamu berada pada zona nyaman yang sesungguhnya. Dan yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah, bukan keluar dari zona nyaman, tapi bergerak maju dari zona nyaman.




Keluar dari zona nyaman, bukan berarti kamu meninggalkan dari pekerjaan lamamu dan kemudian mencari pekerjaan baru yang lebih menantangmu. Aku rasa itu perbuatan konyol, karena keluar dari zona nyaman tidaklah begitu adanya. Ketika kamu keluar dari perusaan tempatmu bekerja sekarang, dengan alasan ingin keluar dari zona nyaman, Kawan itu bukanlah alasan yang tepat. Kamu bukan menginginkan hal tersebut tapi sejatinya, mungkin kamu hanya bosan dan menginginkan suasana baru yang berbeda, lebih menantang, dan pastinya menginginkan sesuatu yang lebih baik, baik itu dari segi materi ataupun jabatan.

Jika kamu benar-benar merasa pada posisi nyaman dalam suatu pekerjaan, harusnya kamu bersyukur dan berbangga hati, karena kamu telah berada dalam posisi yang enak dan mungkin kamu telah ahli di dalamnya. Maka, janganlah kamu keluar dari zona nyaman tersebut! Beregeraklah maju, jika kamu menginginkan suatu yang lebih baik. Tantanglah dirimu untuk belajar suatu hal yang baru, agar kemampuan atau bakatmu semakin berkembang, boleh dalam hal yang sama/satu jalur atau pada jalur yang berbeda.

Lantas bagaimana saya bisa fokus dengan hal yang baru tersebut? Bukankah jika ingin sukses harus fokus satu hal saja…
Jawabannya YA BETUL, kamu harus fokus pada satu bidang saja jika ingin sukses. Oleh karena itu, seperti yang telah aku tuliskan sebelumnya, bahwa jika kamu berada dalam zona nyaman yang sebenarnya, maka itu berarti kamu telah ahli dalam bidang tersebut dan bisa mengatasi setiap masalah tanpa harus banyak menguras waktu dan pikiran. Oleh karena itu, ketika kamu menantang dirimu untuk melakukan yang baru (yang berdalihkan keluar dari zona nyaman), maka prioritaskanlah hal baru tersebut. Fokuslah!

Lantas bagaimana dengan pekerjaan yang lama?
Lakukanlah seperti biasa. Toh, kamu telah mengetahui celah dari pekerjaan tersebut, dan pastinya kamu bisa mengatasinya dengan mudah dan cepat. Dengan melakukan hal yang demikian, berarti kamu telah keluar dari zona nyamanmu dan kamu akan semakin berkembang, semuanya bisa kamu dapatkan. Pekerjaan lama tetap berada ditanganmu, dan kamu akan lebih berkembang.

Ini sama halnya dengan mengelola suatu bisnis atau bisa kita analogikan demikian. Jika dalam suatu usaha atau bisnis yang sudah berada dalam titik yang nyaman dan begitu-begitu saja, bukan berarti bisnis tersebut harus kita tinggalkan. Tapi, yang perlu kita lakukan adalah biarkan bisnis tersebut berada pada zona nyaman dan kita mencoba mencari bisnis yang baru tanpa harus meninggalkan bisnis tersebut; atau kamu bisa meningkatkan bisnis tersebut untuk lebih maju, dengan cara mencari celahnya agar bisa semakin mengembangkan bisnis tersebut (carilah sektor pendukung yang bisa membantu mengembangkan bisnismu). Maka, bisnis tersebut akan berpindah dari posisi zona nyamannya atau bisa kita katakan juga bergerak maju dari zona nyaman, dan tentunya akan semakin berkembang.

Nah wanKawan, sebelum kamu mengambil keputusan, ada baiknya kamu melakukan hal ini:
  1. Instropeksi diri terlebih dahulu. Apakah benar kamu berada dalam zona nyaman yang sebenarnya (nyaman dalam artian enak, sudah berada dalam posisi yang pas/enak) atau hanyalah suatu perasaan bosan.
  2. Jika kamu hanya merasa bosan, cobalah atasi dengan mengajak temanmu liburan atau melakukan suatu yang berbeda keluar dari rutinitas tapi tetap berada pada jalur jobdesc kerjamu.
  3. Jika memang merasa benar-benar berada pada zona nyaman tersebut, maka mantapkanlah hati dan yakinkan dirimu bahwa kamu telah ahli dalam hal tersebut. Jika belum, maka asahlah lagi kemampuanmu, tantang dirimu untuk menjadi ahli dalam hal tersebut.
  4. Hanya ada dua pilihan, kembangkan keahlianmu dalam jalur yang sama atau tantang dirimu untuk belajar hal yang baru, demi memperbanyak keahlianmu.
  5. Ketika kamu telah memilih bergerak maju dari zona nyamanmu, maka fokuslah dan lakukan yang terbaik. Ingat, jangan keluar dari pekerjaan lamamu! Fokus dengan hal baru tersebut tanpa melupakan yang lama.

Last, selamat merenung wanKawan…

Salam SUKSES.


Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan