10 Fakta yang Wajib Kamu Ketahui Mengenai Batik Indonesia

Semangat Pagi wanKawan…

Benar-benar tak terasa sudah bulan terakhir ditahun 2016 ni! Bagaimana 2016-mu? Luar biasa bukan!!! Dan mari kita ucapkan Selamat datang Desember! Desember Ceria!

Sumber: http://www.anggiagistia.com

WanKawan, Postingan sebelumnya  sempat membahas mengenai ciri khas Indonesia pada artikel ‘Mengaku Cinta Indonesia?’. Artikel tersebut berisi pendapat kawan-kawan kita dari beberapa daerah mengenai hal yang Indonesia banget versi mereka. Sangat banyak hal  yang mencirikan Indonesia, salah satunya adalah Batik. Batik Asli Indonesia.


Jika berbicara mengenai sejarah batik di Indonesia pastinya akan sangat panjang Kawan! Begitu juga, jika kita membicarakan topik mengenai batik. Agar lebih sederhana dalam pengenalan batik, ini dia 10 fakta yang wajib kamu ketahui mengenai Batik Indonesia:

1. Batik telah mulai dikenal sejak jaman Majapahit dan masa penyebaran Islam.
Waw, sudah sangat lama bukan! Salah satu warisan budaya Indonesia. Dan yang pastinya, perjalanan sejarah Batik di Indonesia ini, sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Sebagai contoh, motif batik zaman dahulu terdapat unsur dari negara tetangga seperti India dan Cina, hal tersebut dipengaruhi melalui perdagangan. Begitu juga pada zaman pengaruh masuknya Hindu, Budha  ke Indonesia, ada beberapa motif yang tercipta karena hal tersebut.

2. Sejarah Nama Batik.
Kata “Batik” berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: “amba” yang bermakna “menulis”, dan “titik” yang bermakna “titik”


3.  Berita Batik diklaim Malaysia.
Huru-hara permasalah dengan negara tetangga sebenarnya sudah sangat lama. Nah, pada tahun 2008 adalah puncak dari berita mengenai Batik adalah asli Malaysia. Mungkin, karena saking banyaknya warisan budaya Indonesia, orang Indonesia pun kebingungan untuk mengurusi hal yang demikian. Tapi, kita mendapat hikmah dari hal tersebut, Batik Indonesia semakin mendunia!

4. Batik sebagai Warisan Dunia.
Sejarah kejayaan Batik di dunia puncaknya, pada tanggal 2 Oktober 2009: UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar representatif Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbenda (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity), yang dilaksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Oleh karena itu pada setiap tanggal 2 Oktober kita memperingati Hari Batik Nasional. Hari Batik Nasional ini digagas pada zaman Presiden SBY.

5. Batik diperkenalkan ke dunia oleh Presiden Suharto pada saat konferensi PPB.
Ups… Jangan salah! Ternyata batik telah dikenalkan terlebih dahulu oleh Presiden Suharto. Berarti seharusnya dunia telah mengenal Batik sejak lama ya! Tapi mungkin, tidak terlalu seterkenal sekarang.

6. Motif batik banyak digunakan dimedia apapun.
Mungkin karena kecintaan terhadap Batik Indonesia, atau ingin melestarikan Batik Indonesia, Batik pun kerap kali digunakan diberbagai media. Misalnya, tas motif batik, sepatu, kaos kaki, topi, hijab, celana, buku, pensil, pena, paying, pintu, cat rumah, hampir semua benda bisa masuki unsur motif batik ke dalamnya. Luar biasa bukan! Mungkin nanti, ‘semua di Batik-in aja Bro!’

7. Setiap motif batik yang ada, memiliki nilai sejarah dan pesan dari pembuatnya.
Motif batik yang telah tercipta tidak sembarangan dibuat loh!!! Semua ada alasan dan maksud dari si pembuatnya. Sebenarnya, semua hasil karya yang diciptakan mempunyai maksud, tujuan dan nilai tersendiri dari si pembuat, terlepas itu karya batik atau bukan.

8. Pakaian Batik bisa digunakan dimana saja menyesuaikan dengan motif.
Mengikuti perkembangan zaman modern sekarang, batik telah sangat tersebar dan terkenal. Semua orang bisa menggunakan batik sekarang, tapi bagi yang mendalami dan mengenal mengenai motif batik, tidak sembarangan tempat mereka menggunakan pakaian batik mereka. Mereka akan menyesuaikan kondisi dan situasi dengan motif batik dari pakaian yang mereka gunakan.

9. Batik sebagai souvenir atau oleh-oleh.
Karena batik adalah Indonesia Banget. Batik pun menjadi sebuah souvenir atau bisa juga sebagai oleh-oleh bagi orang yang berkunjung ke Indonesia. Bagi orang Indonesia pun Batik tetap menjadi andalan untuk dijadikan oleh-oleh, karena hampir di setiap daerah Indonesia memilki khas motif batik sendiri-sendiri, contohnya, batik khas Yogya, batik khas Solo, batik khas Pekalongan, batik khas Bengkulu, dll.

Sumber: http://beritahati.com
10. Selembar kain batik Dewa Ruci pernah ditawari dengan harga Rp250juta.
WAW! Amazing! Luar biasa! Semahal itukah harga hanya untuk sebuah kain. Ya, yang dilirik bukan kainnya, tapi motif dan cerita dibalik pembuatan kain tersebut. Kain milik seniman batik asal Kabupaten Pekalongan tersebut ditunjukkan pada pameran di Istana Negara pada Oktober 2016 lalu. Tapi, sayangnya kain batik Dewa Ruci tersebut belum dilepas/dijual oleh pemiliknya. Wah wah wah, sayang sekali ya.. Tapi mungkin, kain batik itu sangat berharga dimata pemiliknya, atau uang Rp250juta pun tak senilai dengan kain tersebut.

Yups, itu dia sepuluh hal dasar yang wajib kamu ketahui mengenai Batik Indonesia. Bagaimana? Sudah berapa koleksi batik yang kamu punya… Ayo ditambah lagi! Kita lestarikan budaya Dunia dan tentunya Budaya Indonesia! Yok kita Batik-in semua aja!

Selamat menikmati Bulan Desember 2016 wanKawan!






Lihat koleksi Batik Indonesia keren dan MURAH disini!



Baca juga:

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan