Mengaku Cinta Indonesia? Wajib Baca ini!

Apakah pernah terlintas dalam pikiran kalian…
“Ada apa dengan Indonesia sekarang?”
“Mengapa politik di Indonesia seakan sangat menyeramkan?”
“Mengapa begitu banyak provokasi di Indonesia sekarang?”
“Mengapa Indonesia sekarang seakan tak lagi bersatu dalam ‘Bhineka Tunggal Ika’?”
“Apakah Indonesia kembali dijajah? Dijajah secara halus tak kelihatan?”
“Mengapa rakyat Indonesia sekarang, mudah sekali terprovokasi dengan isu dan pernyataan belaka?” “Mengapa…?”


Mungkin, kamu memiliki jawaban masing-masing terhadap pertanyaan-pertanyaan di atas. Dan memang, akhir-akhir ini masih sangat sering terlihat dibeberpa media mengenai hiruk pikuk permasalahan politik Indonesia. Aku bingung apakah kita masih tinggal di Bumi Pertiwi yang sama seperti dulu? Dimana Indonesia yang sebenarnya?

Melihat berita perpolitikan Indonesia sekarang seakan menonton video G 30 S PKI. Kejam yang halus, membunuh dengan cara yang berbeda, menghabisi dengan cara yang cerdas, bukan cerdas, tapi licik lebih tepatnya. Inilah perang era zaman modern. Perang melalui media, perang melalui kekuasaan, perang dengan cara yang lebih licik, dan perang inilah yang paling berbahaya.

Lantas apa yang harus kita lakukan? Kawan, mari kita sadarkan diri. Kita harus kembali menjadi penduduk Indonesia yang beradab. Oleh karena itu, coba kita renungkan beberapa fakta ini,

“Indonesia adalah negara terunik di muka Bumi. Mengapa demikian? Karena Indonesia mempunyai kekhasan yang sangat beragam dan terbanyak di Bumi. Indonesia memiliki ragam bahasa, ragam budaya, ragam kuliner, ragam pakaian, ragam agama, dan masih banyak lagi ragam yang mencirikan khas suatu daerah di Indonesia. Walaupun beragam, Indonesia tetaplah satu, sesuai dengan semboyannya, ‘bhineka tunggal ika: walaupun berbeda-beda tetap satu jua’. Ya, itulah Indonesiaku yang sebenarnya!”

Lalu bagaimana dengan Indonesia sekarang? Apakah kita masih tetap menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika yang sesungguhnya? Semoga demikian! Untuk mengingatkan kembali dan memperkuat cinta kita kepada Indonesia, ini ada beberapa pendapat mengenai hal yang mencerminkan Indonesia banget,

1.       Batik.
Arnoldi (Yogyakarta), Deni (Puworejo), Faris (Sukabumi), Ghalih (Yogyakarta), Wahyudi (Jakarta).
Batik adalah salah satu jenis kain khas Indonesia. Seluruh orang Indonesia pasti setuju, jika batik adalah Indonesia banget.

2.       Ramah.
Naomi F (Jambi), Andra (Lubuklinggau).
Sumber: www.hipwee.com
Pada dasarnya, Indonesia adalah negara yang berbudaya. Budaya yang selalu mengajarkan sikap baik, salah satunya adalah sikap ramah. Indonesia banget, jika ketemu orang yang tak dikenal pun selalu melemparkan senyuman. Dan salah satu bentuk keramahan penduduk Indonesia adalah tersenyum.

3.       Tenggang rasa.
Babe H (Batam)
Sumber: www.wartaguru.com
Jawaban Bang Babe ini sungguh menginspirasi, dan ini yang harus tetap kita junjung tinggi hingga sekarang. Berikut kutipan jawaban dari Bang Babe, “Kekhasan Indonesia itu tidak bisa di-bundle menjadi 1 produk! Sementara yang aku suka dari Indonesia adalah kebudayaan, tenggang rasa, yang ga akan mungkin bisa di-bundle ke dalam 1 produk. … Cuma masalahnya, terkadang bukan makanan yang bikin aku rindu pulang ke Indonesia, tapi ya, sifat penduduknya itu!”

4.       Heboh.
Asyari P (Musi Rawas)
Sumber: www.dpbbmlucu123.blogspot.co.id
Fenomena kelakuan penduduk Indonesia zaman sekarang adalah heboh. Seperti pernyataan Pak Asyari ‘tidak tahu benar atau salah, yang penting ikut, yang penting heboh’. Ya, ini adalah salah satu kelakuan yang Indonesia banget dizaman sekarang.

5.       Desa Pariangan.
Diah P (Padang)
Sumber: www.liputan6.com
Desa Pariangan adalah salah satu desa yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Desa ini masih sangat asri dan sangat mencerminkan inilah Indonesia yang sebenarnya. Desa ini juga menjadi salah satu desa terindah di dunia.

6.       Alam yang indah.
Dimas (Lubuklinggau)
Sumber: www.jalansanasini.com
Kawan satu ini benar-benar penggila alam yang ada di Indonesia. Dan faktanya, Indonesia memang benar demikian. Menurutnya, ‘Keindahan alam Indonesia membentang bak titisan surga. Bentang alam yang sangat eksotis, karena berada di daerah tropis.’

7.       Makan harus pake nasi.
Rizal (Aceh)
Sumber: www.cdn2.tstatic.net
Inilah yang menjadi kebiasaan orang Indonesia. Jika siang/malam tidak makan nasi, rasanya akan ada yang kurang. Bahkan terkadang makanan jenis apapun pasti akan disandingkan dengan nasi, misalnya makan kerupuk, lauknya nasi. Luar biasa bukan? Hanya ada di Indonesia.

8.       Ubi Kayu
Bora (Palembang)
Sumber: www.belukab.go.id
Kekhasan tanah air Indonesia selanjutnya adalah tanaman ubi kayu ini. Kawan yang satu ini, sepertinya sangat terinspirasi dengan Koes Plus. Jawabannya memang benar-benar Indonesia banget, katanya, “Nang* Ingatkan lagu Koes Plus, ‘tongkat kayu jadi tanaman’ karena Indonesia adalah kolam susu. Nah, tongkat kayu itu maksudnya adalah batang ubi kayu itu, Nang. Jika ditancapkan ke tanah, pasti akan tumbuh.” (*Nang = bro)

9.       Nasi Padang dan Rendang.
Fatma (Klaten), Barat (Medan)
Sumber: www.id.wikipedia.org
Salah satu makanan khas Indonesia adalah Nasi Padang dan Rendang. Siapa sih yang tak tahu dengan makanan khas Sumatera Barat ini? Dan ini sangat Indonesia.

10.    Pempek.
Firlian (Manokwari)
Sumber: www.food.detik.com
Pernah ke Palembang? Atau kamu asli orang Palembang? Ya, makanan khasnya adalah ‘Pempek’. Pempek pun banyak ragam, salah satunya adalah Pempek Kapal Selam. Hanya orang Indonesia yang bisa dan doyan makan Kapal Selam #hehehe.

11.    Cenil, Lupis, Tiwul, Gatot (jajanan khas daerah).
Anto S (Bali)
Sumber: www.keripik.co.id
Beberapa makanan di atas adalah jajanan khas daerah khususnya daerah Pulau Jawa. Coba kamu cari makanan sejenis di atas yang berada di belahan Bumi ini, selain di Indonesia. Kamu sudah tahu jawabannya Kawan! Karena kamu cinta Indonesia dan asli orang Indonesia. J

12.    Makan Indomie pake Telur.
Windiar (Jepara)
Sumber: www.gedoor.com
Waw! Ini adalah salah satu favorit sejuta umat di Indonesia. Ya, Indomie adalah salah satu produk asli Indonesia yang telah mendunia. Makan Indomie akan semakin lengkap jika ditambahkan telur, dan itu Indonesia banget.

13.    Populasi penduduk yang tinggi.
Muhd Hazim (Malaysia)
Sumber: www.cdn.sindonews.net
Salah satu populasi penduduk terpadat di dunia adalah Indonesia. Menurut CIA World Factbook Tahun 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-4 untuk jumlah penduduk terbanyak di dunia, dengan jumlah penduduk sekitar 258-juta jiwa atau sekitar 3,5% dari keseluruhan jumlah penduduk dunia. Kawan dari negara tetangga pun mengakuinya, dan bagi mereka itu Indonesia banget!

14.    Kangen untuk Indonesia.
Gimas S (Biak)
Gimas Satria
Nah ini dia alasan yang tak kalah puitisnya mengenai Indonesia, ‘Indonesia itu buat ane soal rasa, soal kangen. Bukan karena ane bisa lihat aja kayak gimana bentuknya. Bukan juga soal bagaimana ane bisa rasain masakannya. Bukan karena soal keramahan orang orangnya. Bukan karena kita ini pada rame-rame dari berbagai suku dan agama. Bukan karena soal luas dan banyak pulau. Tapi ane selalu merasa kangen, dan kangen itu ya untuk Indonesia! Heheeheheh.’ Bagaimana apakah kalian juga kangen dengan Indonesia? Kalau aku sih YES! Kangen dengan Indonesia yang tentram.

Tapi, secara garis besar yang mendunia, jika ditanyakan apa yang menjadi khas Indonesia banget, maka yang terlintas adalah: Bendera Merah Putih, Bahasa Indonesia, Burung Garuda, Candi Borobudur, Danau Toba, Jakarta, Pulau Bali, Pulau Raja Ampat, dan tentunya Batik.

Lalu, bagaimana menurut kamu? Hal apa yang menjadikan Indonesia banget? Pasti kamu punya pendapat masing-masing dong!


Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan