Delapan Tips Backpacker-an Denpasar-Yogyakarta.

Hey hey hey wanKawan,

Yo… bagi wanKawan yang sudah merasa cukup liburan di Bali, tapi masih pengen banget liburan lagi, masih ada spare waktu cuti, mungkin? Ke Yogyakarta aja, berhubung waktu cuti wanKawan masih banyak. Aku sarankan untuk backpacker-an aja, sambil menikmati keindahan alam selama perjalanan sekaligus menghabiskan waktu dengan hal yang tak biasa.

Bagi wanKawan yang sudah berniat untuk backpacker-an ke Bali tapi masih bingung mau mulai dari mana? Nih, aku ada delapan tips buat kamu yang merencakan perjalanan ke Yogyakarta ala-ala backpacker-an:



1. Pesanlah Tiket Kereta Api sesuai hari yang pas.
Sebelum kamu meninggalkan Pulau Bali, alangkah baiknya jika kamu memesan tiket kereta api terlebih dahulu. Kamu bisa pesan langsung ke stasiun, via online, melalui jasa tour-travel, ataupun beli di Indomaret, dengan jurusan Banyuwangi Baru-Lempuyangan (Kereta Sri Tanjung), harganya hanya Rp. 94.000,- (update 2016, semester 2). Jangan lupa pilih hari yang sesuai dengan jadwal kamu yang kosong.


2. Berangkatlah satu hari sebelum keberangkatan: sore atau setelah maghrib menuju Stasiun Banyuwangi Baru.
Karena keberangkatan ke Yogyakarta hanya satu kali yaitu pada pagi hari Jam 06.30, dan tiba pada jam 19.30. Perjalan panjang yang cukup menyenangkan, 13 jam di dalam kereta. J Jadi kamu harus menyiapkan fisik juga ya. Pokoknya yang namanya ­backpacker­-an semua harus dibawa nyantai, dibawa asik dan tidak dibuat ribet, dinikmati saja!


3. Carilah bus menuju Pelabuhan Gilimanuk di Pinggir Jalan Gunung Galunggung (Depasar).
Bagi kamu yang tinggal di Denpasar, aku sarankan jangan naik bus dari Terminal Ubung, apalagi buat kamu yang belum biasa backpacker dan masih terlihat cupu, karena para calo di sini bisa dikatakan agak kurang bersahabat (banyak history dari teman-teman bloger yang menceritakan ketidaknyamanan mereka saat naik bus dari terminal ubung). Oleh karena itu, aku sarankan kamu bisa cari bus di pinggir Jalan Gunung Galunggung dengan tujuan Pelabuhan Gilimanuk (± 4 Jam Perjalanan). Kisaran harga sekitar 35K-50K (update 2016, semester 2), tergantung jenis bus yang kamu naiki, pintar-pintar tawar saja. Ingat jurusan Pelabuhan Gilimanuk ya! Jika kamu naik bus dengan jurusan lewat dari Pelabuhan Gilimanuk maka harganya pun akan lebih mahal. Jangan sampai salah bus, malah nanti bisa merogoh uang lebih banyak lagi.


4. Naik Kapal Feri sebagai pejalan kaki.
Naiklah Kapal Feri dengan tujuan Pelabuhan Ketapang, cukup membayar 6K (update 2016, semester 2), dan harga ini berlaku bagi para pejalan kaki saja (± 1 Jam Perjalanan).


5. Istirahat di Masjid Pelabuhan.
Jika kamu berangkat pada malam hari, maka kamu akan tiba di Pelabuhan Ketapang pada tengah malam. Aku sarankan kamu bisa beristirahat di Masjid dekat Pelabuhan Ketapang ini. Masjidnya asik, ada kamar mandinya juga. Ini bisa jadi salah satu pilihan daripada wanKawan harus tidur di stasiun. Syaratnya cuma satu, ga boleh rusuh dan ribut. Kamu bisa tidur di teras masjid dengan nyaman. Bagi kamu yang membawa sleepingbag, mungkin bisa digunakan. Dan jangan lupa saat adzan Shalat Subuh harus bangun ya, karena masjid akan ramai oleh jamaah. Nah, disaat itulah kamu bisa langsung mandi dan siap-siap shalat bagi yang menunaikan.


6. Makan pagi di sekitaran masjid + bungkus untuk makan siang.
Selesai Shalat Subuh, segeralah bergegas keluar masjid untuk cari makan pagi di sekitaran masjid, ada banyak warung makan kok, kamu tidak perlu bingung mencarinya. Dan jangan lupa untuk bungkus bekal makan siang ya (ada baiknya sayur dan lauknya dipisah agar tidak basi saat nanti makan siang).


7. Belilah cemilan.
WanKawan, perjalanan kalian nanti 13 jam loh! Aku sarankan kamu untuk beli cemilan di warung sekitar atau di Indomaret/Alfamart. Bagi kamu yang mau menghemat, saran ini boleh dilaksanakan, karena harga jajanan di dalam kereta sedikit lebih mahal daripada beli di warung. J


8. Selamat Datang di Yogyakarta. Minta jemput atau cari ojek.
Selamat Datang WanKawan, dan pastinya keadaanmu saat tiba di Yogyakarta rasa-rasanya WAW banget ya! Dan pastinya lapar karena belum makan malam. Jika kamu punya teman di Yogyakarta, maka segeralah hubungi dia untuk minta tolong jemput di Stasiun Lempuyangan, atau kamu bisa cari ojek yang lumayan banyak sekitaran stasiun.

Yup, itu delapan tips yang bisa wanKawan terapkan agar backpacker-annya bisa berjalan lancar.

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan