TRAVELING ANTI MAINSTREAM

 Art Science Museum, Helix Bridge, Marina Bay Sands
Perjalanan itu adalah pelajaran hidup.
Semakin banyak kita berjalan,
semakin jauh kaki melangkah,
akan semakin banyak pula pelajaran yang didapat.

Perjalanan sendirian memang akan membuat kamu merasa sendiri, tidak ada teman atau siapapun yang bisa kamu andalkan. Semua bertumpu padamu. Saat perjalanan sendirian, nikmatilah hidup dalam kesendirian. Bukan berarti kamu kesepian, tapi bisa diartikan kamu bergerak ketepian untuk menjadi lebih dewasa dan mendapatkan apa tujuan hidup sebenarnya. Survive. Bertahan untuk mengetahui apa arti tujuan hidup sebenarnya. Perjalanan sendirian seharusnya tidak akan membuat kamu menjadi sendirian, karena dalam perjalanan inilah kamu akan mengerti makna sesungguhnya dari kata “sendirian”.

Salah satu liburan impian ku adalah travelling sendirian. Singapura telah menjadi salah satu negara yang beruntung, karena aku tetapkan menjadi salah satu negara luar yang aku kunjungi untuk mewujudkan impianku. Liburan impian. Kawan, pertengah tahun lalu, aku mencoba benar-benar melakukan travelling sendirian, dan rasanya, WAW! Luar biasa! Aku telah melakukannya! Aku melakukan perjalanan dari Jambi, kemudian meniginap di Batam, lalu dilanjutkan ke negeri seberang, Singapura. Sebenarnya itu bukan kali pertama aku ke Singapura, tapi itu kali pertama aku melakukannya sendirian. Hasilnya, aku benar-benar sangat puas dengan liburan kali itu, mendapatkan teman baru dari negeri ini dan negeri lainnya, mendapatkan pengalaman baru dan juga mendapatkan nafas kehidupan yang baru. Ingatlah kawan, sendiri itu tidak dimaknai dengan sejatinya arti kata sendiri. Di sana, pasti ada juga orang yang melakukan perjalanan sendirian, merasa senasib, sama-sama menikmati kesendirian, sendiri dalam perjalanan, dia adalah teman baru mu.
Nah, kamu suka travelling? Menjelajah tempat yang epic? Aku sarankan, adakalanya kamu wajib mencoba perjalanan sendirian. Beranilah! Perjalanan tersebut akan menjadi pengalaman yang tidak akan mungkin kamu lupakan dan akan menjadi bekal cerita untuk anak cucu nantinya. Sekarang, kamu tidak perlu takut lagi kawan, karena setelah artikel ini aku akan sharing tujuh hal yang perlu kamu siapkan agar perjalanan atau liburan kamu semakin apik dan menjadi lebih berarti.
Oh ya, aku ada cerita yang menarik mengenai proses liburan ku menuju ke Singapura. Waktu itu aku telah benar-benar merencanakan perjalanan liburan sendirian dengan matang. Ketika tiba di Batam, aku mencoba membuka sosmed dan update status “touchdown Batam, long time no see!”. Tak berapa lama, HP ku berbunyi, ada pesan dari teman SMA ku dulu yang tinggal di Batam. “Ente di Batam bro? Dimana posisi sekarang? Sini mampir. Wajib ke tempat ane ya bro! Seperti biasa, minggu pagi besok, kita lari kecil di Ocarina. Ok bro…”, pesan dari temanku ini membuat aku bingung. Bingung bagaimana menjawab pesannya. Di sisi yang berbeda, aku telah membayar kamar hotel untuk menginap di Batam satu hari dan di Singapura satu hari. Waduh, bisa kacau semua rencana perjalanan. Terasa menyesal update status sebelumnya.
Sesaat kemudian aku baru tersadar, aku menggunakan Tixton[1] untuk memesan semua kamar hotel tersebut, waktu itu hanya di Tixton aku mendapatkan harga hotel termurah. Seketika itu juga, aku girang, girang bukan kepalang. Momen yang sangat tepat, sudah lama tak bertemu dengan teman lama ini. Tak tanggung-tanggung, tak aku balas pesan dari dia. Langsung aku telepon, “Bro, ente dimana? Ane terima tawaran ente dengan senang hati, tapi ada syaratnya, jemput ane di bandara sekarang ya!” ucapku dengan semangat tanpa mengucapkan salam ataupun basa-basi pembuka kabar.
“Wah, itu urusan kecil bro, tunggu 20 menit lagi, ane nyampe di hadapan ente!” balas temanku tak kalah semangat. “Ok siap bos!”, ku akhiri telepon tersebut dengan semangat dan senyum-senyum sendiri, di bawah langit pagi Batam.
Tak mau menunggu lama, aku langsung mengakses situs Tixton dan mencoba menjual kembali kamar hotel di Batam yang sudah aku bayar sebelumnya. Bahagia bukan kepalang, kali itu Tixton menjadi pahlawan ku. Aku berniat mentraktir teman lama ku ini dari hasil jual kamar hotel sebelumnya, dan aku akan tinggal di rumahnya untuk satu malam. Waktu itu, liburan di Batam menjadi sangat berkesan dan begitupun juga ketika di Singapura.
Tujuan perjalanan berikutnya yang menjadi salah satu daftar liburan impian ku saat ini adalah Pulau Sumbawa. Berdasarkan referensi hasil berselancar di internet, Sumbawa memiliki potensi alam yang luar biasa indah, termasuk juga masyarakat di dalamnya. Salah satu yang terpenting adalah Pulau Sumbawa memiliki Gunung Tambora yang luar biasa keren. Konon katanya, dulu Gunung Tambora memiliki ketinggian 4.300 m dpl, namun setelah letusan gunung berapi pada tahun 1815 ketinggiannya berkurang menjadi 2.851 m dpl. Letusan Gunung Tambora pada tahun 1815 merupakan salah satu letusan terbesar di dunia, karena letusan tersebut hingga mengakibatkan perubahan iklim di dunia dan sangat berdampak pada kelangsungan hidup di beberapa negara di Eropa dan tentu nya juga di Indonesia. Sejarah letusan yang mendunia inilah yang membuat aku sangat ingin mengunjungi Sumbawa. Aku ingin bersilaturahmi dan belajar dengan gunung yang memiliki sejarah luar biasa ini, belajar dari sejarah yang telah dia buat.
Selain dari pada itu, Sumabawa juga terkenal dengan pesona pantainya. Salah satu pantai nya yang terkenal di dunia surfing adalah Pantai Lakey. Konon katanya, pantai ini memiliki ombak yang berbeda, ombak di pantai ini mengarah ke kiri, tidak seperti ombak pantai pada umumnya. Pantai ini terletak di Kota Bima, Kecamatan Hu’u, kota kecil yang memiliki sejuta cerita. Salah satu cerita yang juga membuat aku sangat berkeinginan mengunjungi Sumbawa adalah Projek Harapan. Projek Harapan ini dibuat pertama kali oleh WNA dari Spanyol yang bernama Carlos Ferrandiz. Projek kemanusiaan yang sangat mulia ini telah menginspirasi banyak orang, terutama aku. Selain itu, katanya di Pulau Sumbawa juga memiliki air terjun yang luar biasa indah yaitu Air Terjun Mata Jitu. Air Terjun inipun lumayan terkenal di ranah negeri luar, apalagi di Indonesia.
Beberapa alasan di atas lah yang menyebabkan Sumbawa menjadi salah satu target liburan impian yang ingin aku kunjungi. Kawan, jika memang ada kesempatan, mungkin nanti kita akan dipertemukan di sana. Bertemu di tempat liburan impian yang sama atau mungkin kita bisa bersama-sama mengajak keluarga dan teman-teman. Menikmati keindahan alam, bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar dan belajar sejarah dari cerita Pulau Sumbawa. Tapi, kali ini aku sarankan kamu jangan mencoba berlibur sendirian, karena di tempat yang luar biasa indah ini, sepertinya tidak akan habis kamu nikmati dengan sendirian. Wajib hukumnya mengajak teman, minimal satu orang atau mungkin kamu bisa ber-honeymoon ria di pulau ini.
Oh ya, di Sumbawa katanya ada tempat yang honeymoonable banget loh! Cocok banget buat kamu yang ingin memanjakan pasangan. Sayangnya, aku belum mau mencoba mencari tahu detail tentang lokasi tersebut. Kamu penasaran? Yok cari tahu! atau bagi kamu yang sudah tahu, mungkin bisa ikutan sharing di sini. Bagi kamu yang sudah pernah ke Pulau Sumbawa, yok bantu sharing juga dan rekomendasikan wisata favorit kamu di sana, supaya semakin membulatkan tekad untuk liburan ke sana. Jelasnya dengan perencanaan perjalanan yang matang juga.
Beberapa minggu belakangan, aku sudah mulai survei mengenai beberapa hal yang perlu aku siapkan. Salah satunya adalah estimasi budget, dan salah satu aspek yang penting dalam estimasi budget adalah kamar hotel. Yang ada di dalam pikiranku hanyalah Tixton! Ini merupakan cara mudah dapatkan harga TERMURAH di hotel idaman. Ketika membuka website www.tixton.com WAW, tixton lagi ada promo! Pas banget! Siapa tahu liburan kali ini bisa dapat gratisan, atau ya minimal menghemat budget. Mau tahu promonya? Kasih tahu ga ya? Yaudah ini aku kasih sedikit info, siapa tahu kamu yang beruntung! Eh sama-sama beruntung maksudnya. :)
Promonya: Tixton akan memberikan hadiah langsung tiket pesawat PP dan juga uang tunai. Caranya gampang banget! Kamu tinggal memberitahu Tixton melalui fitur Travel Wish dengan mengisi tujuan perjalanan, hotel idaman dan tanggal perjalanan. Travel Wish Tixton juga akan menambahkan diskon sampai dengan 20% dari harga yang sudah kamu temukan dan mengirimkannya ke email kamu. Jangan sampai ketinggalan loh! Catat tanggalnya, karena promo ini hanya berlaku dari tanggal 17 Agustus hingga 16 November 2016 nanti! Tertarik? Ini linknya Travel Wish Tixton!
Melalui fasilitas Travel Wish Tixton yang dijelaskan di atas, ketika kamu membeli kamar hotel yang ditawarkan Tixton dari fitur Travel Wish, kamu akan berkesempatan memenangkan tiket pesawat untuk dua orang ke bandara terdekat dari hotel tujuan. Ditambah lagi, ada uang tunai Rp. 5.000.000,- sebagai uang saku selama perjalanan, dengan periode perjalanan 1 Desember 2016 hingga 28 Februari 2017. Promo yang sangat menarik!
Cukup dulu ceritanya ya, mau langsung book hotel di Tixton nih! Tixton, Save Money Simply! #berharap #beruntung
Selamat menikmati liburan impian, kawan! Semoga beruntung! Sampai ketemu di sana! Jika ada yang beruntung, jangan lupa cipratan hadiannya ya! :) 
Road to Marina Bay Sands


 Garden By The Bay, Marina by Sands

Raffless Landing Site






[1] Tixton.com merupakan teman setia yang akan membantu kamu untuk mendapatkan hotel dengan harga terbaik. Kamu cukup akses www.tixton.com dan kamu akan mendapatkan harga hotel termurah. Uniknya, melalui Tixton kamu bisa menjual kembali kamar hotel yang sudah kamu pesan dengan harga yang pantas. Tixton akan memberikan layanan dengan  proses pemesanan yang cepat, mudah, aman dan harga hotel termurah. Melalui Tixton kamu akan dapatkan harga TERMURAH di hotel idaman.



Popular

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Bujang Gadis Bule Pakle - Perfect Strangers

Baper Tingkat Dewa! Percakapan Kocak Bikin Ngakak Orang Lagi Baperan