Membaca lalu menulis

34. Membaca bku sampe hatam...trus buat rangkuman taw pa yg di dapat... seperti resensi....

“Membaca Membuka Pintu Dunia.” (Robert E. Slavin)

“Aku Rela Dipenjara Asalkan Dengan Buku, Karena Dengan Buku Aku Bebas.” (Mohammad Hatta)

Banyak pepatah ataupun nasehat yang sangat menganjurkan kita untuk membaca. Guys, kalimat pertama di dari Bapak Robert sudah sangat sering kita dengar bahkan semenjak dibangku sekolah dasarpun kalimat ini sering dikumandangkan. Nah, kalimat kedua dari Bapak Hatta merupakan salah satu kalimat yang lumayan menggugah nan puitis sebagai penambah perbendaharaan kalimat apik. Saat pertama kali saya menemui kalimat dari bapak wakil presiden pertama Indonesia ini, sesaat itu juga saya langsung merasa tergugah untuk menjadikannya pembuka dalam topic tulisan saya kali ini. Guys itu hanya salah dua contoh dari kalimat apik yang menganjurkan kita untuk terus membaca. Bahkan di dalam Alquraan pun terdapat anjuran kita untuk terus membaca terutama membaca alkitab atau buku.

So, guys what are you waiting for?

Membaca buku pasti akan sangat menarik dan sangat menyenangkan jika buku yang kita baca sesuai dengan pashionnya kita atau topic yang dibahasa di dalam buku tersebut sesuai dengan yang kita gemari. Sesaat itu juga terkadang kita lupa dengan dunia luar, lupa dengan dunia sekitar, seakan kita telah terbius dengan buku tersebut. Hingga akhirnya kita telah menyekesaikan satu buku full atau kata lainnya, kita sudah menghatamkan buku tersebut. Pastinya, banyak ilmu, nasehat atau apapun itu yang kita dapatkan dari buku tersebut sesuai dengan pemahaman kita.

Guys, sebenarnya orang yang gemar membaca, atau reading holic ataupun kutu buku, mereaka sangat berpotensial untuk menjadi seorang penulis. Karena dengan membaca buku, pastinya kosakata si pembaca akan semakin bertambah, ilmu dan wawasanpun semakin luas dan juga bertambah banyak. Nah itu bisa menjadi senjata bagi para penulis untuk membuat sebuah tulisan. Sebenarnya, tidak ada ruginya jika setelah kita membaca satu buku full lalu kita membuat sebuah rangkuman ataupun sejenis resensi. Rangkuman atau resensi ini akan sangat berguna bagi kamu si penulis ataupun orang lain. Karena dengan kamu membuat rangkuman ataupun resensi, kedepannya akan mempermudah kamu ketika ingin kembali mereview buku tersebut. Selain itu, rangkuman atau resensi yang kamu buat juga bisa berguna bagi pembaca lain, ketika mereka membutuhkan referensi tapi waktu mereka terbatas sehingga rangkuman tersebut pastinya akan sangat berguna bagi mereka. Tidak hanya itu, tulisan berupa rangkuman atau resensi ini juga bisa kamu buat sebagai mesin pencetak uang, karena kamu dapat mengirikan naskah tersebut ke media cetak, dan ketika tulisan kamu diterbitkan pastinya kamu akan mendapatkan royalty dari tulisan kamu tersebut. Nah, apa ruginya, jika mulai sekarang bagi kamu yang suka membaca, untuk mulai suka menulis, minimal membuat rangkuman. Yakin deh, pasti menguntungkan ! Yok kita kembangkan lagi kreativitas kita melalui Membaca dan Menulis.

Yok Rajin Mambaca dan Menulis!

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan