Teknologi



Teknologi bisa membuat kita lupa dengan diri kita sendiri. Lupa memikirkan apa yang sebenarnya kita butuhkan, lupa dengan hidup kita. Waktu yang kita punya habis hanya di dunia maya, memikirkan orang lain. Misalnya saja internet, saat kita terkoneksi dengan internet, kita sibuk dengan urusan sosial yang tak nyata wujudnya.
Dari teknologi itu juga bisa mempertegas watak kita. Misalkan, kita merupakan orang yang anti sosial, maka dengan teknologi ini kita akan semakin menjadi orang yang lebih anti sosial. Kita merasa mempunyai teman yang setia yaitu kecanggihan teknologi itu sendiri, contohnya gadget. Kita asik sendiri dengan teman canggih ini.
Memang kita harus tetap membuka wawasan dan uptodate, tapi terkadang teknologi yang baru kita kenal itu mempunyai nikotin yang membuat kita candu. Kita selalu memikirkan hal itu. Semenit tak memegang teman canggih ini rasanya ada yang kurang, tak nyaman. Kita lupa waktu, lupa makan, lupa mandi, lupa tidur, lupa beribadah, lupa belajar dan lupa kalau tetangga sebelah sedang kesusahan atau lagi bahagia. Kita hanya berkutat dengan hal itu saja. Lupa dengan keluarga, teman dan kerabat dekat.
Beberapa contoh teknologi yang mempunyai nikotin besar adalah internet, TV, PC atau laptop, Play Station dan HP atau gadget lainnya. Pada zaman sekarang kita pasti memunyai salah satu hal tersebut. Tapi pernahkah kita sadar jika mereka ‘teman canggih’ telah memberikan candu dalam hidup kita. Pernahkah kita sadar benda ini telah menghipnotis kita lebih dalam dan mempengaruhi keseharian kita.
Hal inipun sangat berpengaruh pada generasi muda zaman sekarang. Sebagian besar penggunanya adalah remaja. Pemuda zaman sekarang banyak terhipnotis dengan hal ini. Ada baiknya kita bisa lebih mengatur waktu kita untuk hal tersebut dan menggunakannya hanya saat perlu dan penting saja. Jangan sampai waktu buat keluarga, waktu luang kita yang sangat berharga terbuang tak berbekas. Apalagi semakin canggih teknologi, nikotin atau daya hipnotisnya semakin tinggi dan besar. Perlu kita perhatikan dan renungkan.

Popular

13 Jenis Headline yang Mematikan dalam Copywriting

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

MAU HIDUP ABADI? MENJADI NARABLOG JAWABANNYA!

Bukit Sulap dan Hikayat Putri yang Hilang

Berimajinasi Bersama Novel Anti-Mainstream: Curriculum Vitae