Presiden RI



Presiden Indonesia adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan Indonesia. Sebagai kepala pemerintahan, presiden dibantu oleh wakil presiden dan menteri-menteri dalam kabinet , memegang kekuasaan eksekutif untuk melaksanakan tugas - tugas pemerintah sehari-hari. Presiden dan Wakil Presiden menjabat selama 5 tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama untuk satu kali masa jabatan. Calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu sebelumnya. 

Semenjak Indonesia merdeka, Indonesia telah memiliki 5 mantan presiden yaitu, Bapak Soekarno (1945 - 1967), Bapak Soeharto (1967 - 1998), Bapak B. J. Habibie (1998 - 1999), Bapak Abudarrahman Wahid (1999-2001) dan Ibu Megawati Soekarnoputri (2001 - 2004). Berdasarkan lama masa jabatan setelah lengsernya Bapak Soeharto tahun 1998, kepemerintahan Indonesia mengalami masa labil. Mengapa demikian? Semenjak itu presiden Indonesia tidak ada yang menjabat 5 tahun selama masa jabatannya bahkan belum ada yang bisa menyaingi lamanya masa jabatan Presiden Soekarno dan Soeharto. Ada saja hal yang menyebabkan mereka lengser saat itu. Kemudian terpilihlah Bapak Susilo Bambang Yudhoyno  sebagai presiden pada tahun 2004. Presiden kali ini benar - benar menjabat 5 tahun selama masa jabatannya bahkan setelah itu beliau terpilih kembali. Banyak kemajuan yang dialami Indonesia tapi lumayan banyak juga kasus yang menimpa negeri ini pada masa jabatan beliau. Lantas apa yang menyebabkan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono dipercaya lagi saat pemilihan tahun 2009 yang lalu. Apakah memang beliau merupakan presiden impian Indonesia? Atau saat itu rakyat Indonesia tidak ada pilihan lain? Atau kharisma para pesaing beliau memang jauh di bawahnya?

Keenam presiden yang telah dimiliki Indonesia sebenarnya adalah orang - orang hebat yang dianggap bisa mewakili Indonesia. Tidak mungkin mereka semua terpilih hanya karena kebetulan dan asal - asalan, pasti semua itu ada alasannya. Setiap presiden yang menjabat pasti akan memberikan yang terbaik buat bangsanya. Hanya terkadang kita memandang bahwa presiden kita belum bisa becus saat kepemimpinannya. Sebenarnya semua kesalahan tidak bisa langsung tertuduh kepada presiden, mungkin saja para bawahannya yang menjabat saat itu tidak bekerja sesuai dengan apa yang diinginkannya. Selain itu banyak juga kasus yang pemecahannya terkadang tidak sejalan dengan jalan pikir rakyat Indonesia. Alhasil rakyat akan melakukan penolakan dengan keputusan tersebut, di sinilah yang sering terjadi judgement terhadap presiden. Apalagi dalam kondisi kita berada dalam negara yang demokrasi. Maka hampir setiap langkah dan keputusan presiden memang harus dipikirkan matang - matang agar tidak menimbulkan kericuhan. Terbayang, tanggung jawab presiden memang begitu besar dan akan sulit dijalani bagi seorang manusia biasa.

66 tahun Indonesia telah merdeka, sudah ada 6 nama presiden yang telah menjadi bagian sejarah Indonesia. 66 tahun bukanlah waktu yang singkat, tapi apa saja yang telah didapat Indonesia selama itu? Melihat kondisi bangsa ini sekarang terkadang memang sangat miris jika kita selalu membanding - bandingkan dengan negara lain. Tapi itu bukanlah suatu solusi jika kita selalu melakukan pembandingan pada usia yang bisa kita anggap tua ini. Yah, walaupun Indonesia sudah tua tapi sekarang Indonesia masih tetap dalam masa pertumbuhan, masih ingin tumbuh seperti negara maju lainnya. Sebenarnya Indonesia yang tua ini telah diberikan berbagai macam pupuk dan obat - obat agar bisa cepat tumbuh, tapi tetap negara ini masih belum bisa tumbuh optimal. Sejak dulu Indonesia ragu untuk maju dan akhirnya maju dengan malu - malu, maju dengan ketakutan di belakangnya. Belum lagi tumbuh ke atas, Indonesia sudah takut dengan tiupan angin yang ada di atas nanti. Indonesia seharusnya kau maju dengan memusnahkan semua alasan. Butakan mata, tulikan telinga, majulah dengan percaya diri.

Tak hanya kasus pemerintahan saja yang menjadi masalah dalam bangsa ini, perilaku rakyat Indonesia juga sekarang yang sudah teracuni oleh propoganda bangsa asing, telah terkotak - kotak. Berbagai sifat negatif seperti konsumtif, individualisme dan hedonisme yang ditularkan bangsa asing telah membudaya dikehidupan rakyat Indonesia.  Tidak hanya itu, rakyat Indonesia juga telah bebal dengan kelakuan para oknum pejabat yang semakin banyak korupsi. Para oknum individualis yang silau dengan rupiah. Hal inilah yang semakin memperparah keadaaan Indonesia.  Dan sekarang pun sudah semakin sedikit rakyat dan pemimpin yang berpikiran untuk memajukan Indonesia. Rakyat Indonesia mengharapkan presiden masa depan yang bisa bertindak tegas dengan rakyat dan para pemimpin regional di Indonesia pada kondisi Indonesia yang seperti ini.

Indonesia tidak membutuhkan seorang presiden yang kaya harta dan memiliki pangkat tinggi. Indonesia tidak membutuhkan presiden yang bisa mengembalikan semua yang dimiliki Indonesia dulu, tidak perlu perlu mengambil kembali kejayaan masa lampau. Indonesia tidak memerlukan presiden yang fisiknya hebat, memiliki otot besi dan perut kotak - kotak. Indonesia tidak memerlukan seorang pemimpin yang kejam.

Indonesia membutuhkan presiden yang jujur, amanah, ikhlas menjalankan tugas dan bisa memperbaiki keadaan sekarang dan membangkitkan keadaan lebih maju. Indonesia membutuhkan seorang pemimpin sejati bukan pengatur sejati. Indonesia membutuhkan seorang visioner yang telah merencanakan semua hal dengan beberapa rencana cadangan yang telah disiapkan. Sesungguhnya presiden masa depan yang akan terpilih, tidak perlu berlama - lama  menatap masa lalu, dia telah belajar tentang Indonesia karena dia telah lama tinggal di Indonesia. Dia akan terus menatap ke depan dengan langkah pasti menuju kesuksesan. 

Presiden Indonesia masa depan pasti akan menghapus semua aliran politik yang telah menjamur di dalam kesukuan, keagamaan, kebudayaan dan kependidikan di Indonesia. Presiden Indonesia besok sudah siap tempur, telah mengasah keris dan menyiapkan amunisi peluru, maju dengan gagah berani, siap dengan rencana cerdas untuk menerobos semua penghalang serta melewati semua itu dengan kesabaran dan penuh dengan keyakinan berhasil. Presiden masa depan dambaan para pemuda pemudi Indonesia adalah presiden yang bisa merangkul langsung para pemuda pemudi berprestasi dan berkompeten tanpa menyianyiakan mereka. Maju bersama para pemuda pemudi untuk memajukan Indonesia dan siap mengubah dunia. 

Indonesia mengharapkan presiden yang bisa membuat rakyat Indonesia menjadi bersatu teguh, menjunjung tinggi persatuan dan senantiasa memelihara kebudayaan  Indonesia. Yang pastinya presiden Indonesia yang terpilih nanti berasal dari partai polotik yang jujur, amanah, visioner dan bersih dari hama curut.

Popular

LOMBA MENULIS CERITA PENDEK HARI PAHLAWAN PRESENT by BELIGAT UPDATE.COM & JOLORO 72 STORE

Lidah Mertua: Kumpulan Puisi yang Sangat Menggugah Hati

Asiknya Mandi di Air Terjun Sando, Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Kamu Adalah Pemenang Jika Berhasil Menghatamkan Sang Pemenang Berdiri Sendiri (Review Novel Karya Paulo Coelho)

Pengumuman 11 Nominasi Cerpen Terbaik Lomba Menulis Cerpen Tema Pahlawan